Review Smartphone

Review OPPO Reno5 F – Handphone Bertenaga dan Asik Dipakai Untuk Aktivitas Harian

Review OPPO Reno5 F Header

Gadgetren – Setelah berlabuh di Indonesia, OPPO Reno5 F secara resmi menjadi suksesor Reno4 F untuk menjangkau segmen kelas menengah.

Reno5 F sendiri hadir dengan dukungan baterai berkapasitas besar dan pengisian daya baterai cepat. Hadirnya multi kamera pada handphone ini membuat saya nyaman dalam membuat foto yang kreatif.

Penyimpanan internal berkapasitas besar yang hadir pada handphone ini mengizinkan saya dalam menyimpan banyak file maupun aplikasi sekaligus. Dengan spesifikasi yang dibawanya ini, apakah Reno5 F mampu bersaing dengan handphone kelas menengah lain di Indonesia? Untuk itu, kamu dapat melihat ulasannya pada artikel berikut ini.

OPPO Reno5 F
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.7/10

Kesimpulan

Reno5 F menjadi handphone kelas menengah OPPO yang mempunyai daya tahan baterai lama dan performa yang bertenaga. Perangkat ini hadir dengan RAM 8 GB, ROM 128 GB, Quad Camera 48 MP, dan 30W VOOC Flash Charge 4.0.

Pros

  • Performa Lancar
  • Kapasitas RAM dan penyimpanan internal besar
  • Hasil foto kamera depan dan belakang bagus
  • Daya tahan baterai lama
  • Pengisian daya cepat
  • Layar AMOLED yang luas

Cons

  • Tidak memiliki NFC
  • Noda debu dan sidik jari mudah menempel

Secara kasat mata, OPPO Reno5 F hadir menggunakan layar penuh yang mempunyai punch hole dengan satu kamera depan. Layar handphone ini pun mempunyai lebar 6,43 inci, teknologi AMOLED, dan resolusi Full HD+ yang dapat dengan leluasa menampilkan video maupun game secara jernih serta tajam.

OPPO Reno5 F with Box

Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar, OPPO juga turut menghadirkan Corning Gorilla Glass 3+ pada Reno5 F. Beralih ke bagian belakangnya, terdapat bodi yang mengusung Flowing Light Design dengan pilihan warna menarik, yakni Fantastic Purple atau Fluid Black.

Dalam kesempatan ini, saya mendapatkan Reno5 F dengan warna Fantastic Purple yang mampu menampilkan warna gradasi ungu ke hijau dengan menawan. Apalagi pada saat kita melihatnya dari sudut yang berbeda, maka akan terlihat warna yang menarik.

OPPO Reno5 F Full Display

Masih pada bagian belakangnya terdapat empat kamera yang disusun matriks 2 x 2 dalam sebuah kotak ditambah tulisan AI dan 48 MP Camera. Tepat di sebelah kotak tersebut terdapat LED Flash yang memanjang.

Hampir mirip dengan Reno4 F, handphone ini mempunyai tombol power di bagian kanan. Sementara tombol volume serta slot kartu SIM dan microSD disematkan pada bagian kiri. Untuk port jack audio 3,5mm, USB Type-C, dan lubang speaker terdapat pada bagian bawahnya.

OPPO Reno5 F hadir dengan dukungan empat kamera belakang yang mempunyai komposisi kamera utama 48 MP, ultrawide 8 MP, makro 2 MP, dan mono 2 MP. Berkat hadirnya fitur 4-in-1 pixel binning membuat kamera utama secara bawaan akan menghasilkan foto beresolusi 12 MP dengan tingkat penyerapan cahaya yang tinggi.

OPPO Reno5 F Quad Cam

Hal ini pun berpengaruh pada kualitas foto 12 MP yang dihasilkan mempunyai warna yang dinamis dengan hasil bagus. Namun apabila ingin menghasilkan foto dengan resolusi yang lebih besar, maka saya dapat mengaktifkan 48 MP Mode pada aplikasi kamera bawaannya.

Apabila dilihat pada media dengan ukuran layar yang kecil, maka hasil foto 12 MP dan 48 MP tidak akan terlalu terlihat perbedaannya. Namun jika dilakukan pembesaran dan pemotongan (crop), maka akan terlihat bahwa foto 48 MP mempunyai detail yang lebih tinggi dibandingkan foto 12 MP.

Sementara kamera ultrawide dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto dengan area yang lebih luas dibandingkan kamera utama. Adapun kamera makronya mampu membidik obyek dari jarak dekat, namun detailnya masih terlihat.

OPPOReno5F-Totoro-12MPTargetAuto

OPPOReno5F-Totoro-48MPTarget48MP Mode

OPPOReno5F-Totoro-12MPCropAuto-Crop

OPPOReno5F-Totoro-48MPCrop48MP Mode – Crop

OPPOReno5F-GerbangMasjidRaya-UltrawideUltrawide

OPPOReno5F-KalengKerupuk-Ultrawide-2Ultrawide

OPPOReno5F-LampuTangga-UltrawideUltrawide

OPPOReno5F-BungaUngu-MakroMakro

OPPOReno5F-AyamTeriyaki-MakroMakro

OPPOReno5F-KucingStatue-MakroMakro

Handphone ini juga hadir dengan dukungan fitur Dynamic Bokeh, Neon Portrait, dan AI Color Portrait yang mengizinkan saya menghasilkan foto yang unik.

OPPOReno5F-Agan-DynamicBokehDynamic Bokeh

OPPOReno5F-Selvi-NeonPortraitNeon Portrait

OPPOReno5F-Agan-AI-ColorPortrait-1AI Color Portrait

Pada kondisi malam hari, OPPO Reno5 F juga telah dibekali dengan fitur Ultra Night dan Ultra Dark Mode yang memungkinkan saya dapat menghasilkan foto yang terang dan minim noise dibandingkan menggunakan Auto Mode pada kondisi malam hari.

OPPOReno5F-RumahMalam-NormalAuto

OPPOReno5F-RumahMalam-UltraNightUltra Night

OPPOReno5F-Malam-NormalAuto

OPPOReno5F-Malam-UltraDarkUltra Dark

Sementara itu, kamera depan dari handphone ini mempunyai resolusi 32 MP yang mampu menghasilkan foto selfie dengan wajah yang mulus, baik kondisi siang hari maupun malam hari. Kamera depannya juga dapat dimanfaatkan untuk fitur Face Unlock maupun Video Call.

Siang Hari

OPPOReno5F-Selfie-Bokeh AI BeautyAI Beauty + Bokeh

OPPOReno5F-Selfie-AIColorPortraitAI Color Portrait

Malam Hari

OPPOReno5F-SelfieMalam-NormalAuto

OPPOReno5F-SelfieMalam-UltraNightUltra Night Selfie

Dapur pacu OPPO Reno5 F dipercayakan pada Helio P95 (12nm) Octa-Core 2,2 GHz. RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB didaulat untuk mendampingi performa yang ditawarkan oleh chipset besutan MediaTek tersebut.

Kombinasi hardware tersebut memang mampu menjalankan aplikasi maupun game dengan lancar pada handphone kelas menengah. Untuk membuktikannya, saya pun langsung menjalankan beragam aplikasi untuk aktivitas harian di OPPO Reno5 F mulai dari media sosial, telepon, SMS, sesekali pemutar video, chatting, email, dan sesekali pemutar musik.

OPPO Reno5 F Game

Hasilnya, OPPO Reno5 F mampu menjalankan berbagai aplikasi tersebut dengan lancar terutama pada saat pergantian aplikasi yang terasa mulus. Selain memang chipset bertenaga, RAM berkapasitas besar pun dapat diandalkan untuk menjalankan aplikasi secara multitasking,

Untuk lebih lanjutnya, saya melakukan pengujian pada dua game populer yang terdiri dari Arena of Valor dan Call of Duty Mobile. Hasilnya kedua game ini mampu dijalankan dengan lancar dan minim lag ketika menggunakan setelan grafis dan frame rate tinggi.

Call of Duty Mobile Graphic

Selain kombinasi chipset bertenaga dan RAM berkapasitas besar, fitur Hyper Boost 3.0 juga memberikan andil yang cukup besar pada peningkatan performa ketika game sedang dijalankan di OPPO Reno5 F.

Bahkan handphone ini pun telah dibekali Multi Cooling-System yang mampu menjaga suhu agar tidak cepat panas ketika saya memainkan game atau menjalankan aplikasi dalam waktu yang lama.

Pada pengujian AnTuTu Benchmark V9.0.3-OB, OPPO Reno5 F berhasil mendapatkan skor 191.812 poin. Sementara pada aplikasi Geekbench 5.3.2, handphone ini berhasil mendapatkan skor 398 poin untuk Single-Core dan 1.498 poin untuk Multi-Core. Bisa dibilang skor ini masih termasuk tinggi untuk ukuran handphone kelas menengah.

OPPO Reno5 F PerformanceBenchmark

 

Berbekal baterai berkapasitas 4.310mAh, Reno5 F diklaim OPPO mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Untuk itulah saya langsung melakukan benchmark melalui aplikasi PCMark for Android dengan menggunakan mode Work 2.0 Battery Life, kondisi baterai dari 100%, dan tingkat kecerahan 50%.

Hasilnya, OPPO Reno5 F berhasil mendapatkan skor 11 jam 31 menit. Apabila dilihat dari baterainya yang berkapasitas 4.310mAh, bisa dibilang skor tersebut menunjukkan bahwa perangkat ini mampu bertahan lama.

Apalagi mode Work 2.0 Battery Life melakukan simulasi aktivitas sehari-hari dengan membuka jejaring sosial, menjalankan beberapa aplikasi, melakukan scroll pada situs maupun aplikasi, dan masih banyak lagi.

Reno5 F Battery Benchmark

Sementara berdasarkan pemakaian untuk aktivitas rutin yang tercatat di aplikasi AccuBattery, OPPO Reno5 F mampu bertahan selama 12 jam 42 menit dengan Screen on Time mencapai 6 jam 8 menit. Namun perlu dicatat bahwa daya tahan handphone ini akan berbeda untuk masing-masing pengguna tergantung dari kebiasaan pemakaiannya.

OPPO Reno5 F juga turut dibekali dengan fitur 30W Flash Charge 4.0 yang diklaim OPPO mampu mengisi daya baterai dengan sangat cepat. Untuk membuktikannya, saya pun langsung mengisi daya baterai dengan menggunakan adaptor charger dan kabel data bawaan yang mendukung fitur tersebut.

Hasilnya, daya baterai OPPO Reno5 F mampu terisi dengan sangat cepat dari kondisi 18% ke 100% hanya dalam waktu 53 menit saja. Daya tahan baterai yang lama dan kemampuan pengecasan yang cepat ini bisa menjadi nilai tambah untuk bersaing dengan handphone lain di kelas menengah.

Perangkat kelas menengah ini sudah dibekali dengan ColorOS 11.1 berbasiskan Android 11 yang mempunyai tampilan sederhana sehingga mudah untuk digunakan walaupun baru menggunakannya untuk pertama kali pun.

OPPo Reno5 F ColorOS

ColorOS 11.1 mempunyai beberapa fitur menarik yang sering saya gunakan mulai dari Dark Mode, App Cloner, Split Screen, dan lainnya. Dengan mengaktifkan Dark Mode, saya lebih nyaman ketika melihat konten di layar Reno5 F pada kondisi cahaya redup atau malam hari karena tampilan latar diubah menjadi gelap atau berwarna hitam sehingga tidak tajam di mata.

Sementara fitur App Cloner memungkinkan saya untuk menjalankan dua akun media sosial dalam satu handphone lewat penggandaan aplikasi. Sementara Split Screen mengizinkan saya untuk menjalankan dua aplikasi dalam satu layar, misalnya chat sekaligus menonton video.

Setelah pemakaian beberapa minggu, saya merasa bahwa OPPO Reno5 F mampu diandalkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Apalagi handphone ini mempunyai performa yang bertenaga diimbangi dengan daya tahan baterai yang lama.

Sementara itu, dukungan multi kamera pada handphone ini memungkinkan saya dapat berkreasi untuk menghasilkan foto yang menarik. Tak hanya itu, Reno5 F juga membawa layar penuh dengan teknologi AMOLED yang mampu menampilkan konten dengan cerah dan jernih.

OPPO Reno5 F Display Top

Sensor fingerprint dan fitur Face Unlock yang hadir pada handphone ini pun mampu dengan responsif membuka kunci layar secara cepat. Meskipun desain dan warna bodi handphone ini menarik, namun noda debu dan sidik jari mudah menempel.

Untuk itulah disarankan langsung menggunakan softcase bawaan yang hadir pada paket penjualannya untuk melindungi bodi belakang dari goresan maupun noda. Tidak hadirnya NFC menjadi salah satu yang cukup disayangkan pada handphone ini.

Meskipun begitu, fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh OPPO Reno5 F sudah lebih banyak dibandingkan kekurangannya sehingga bisa menjadi salah satu handphone pilihan di kisaran harga Rp 4.299.000.

Tinggalkan Komentar