ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Screen Time di HP Xiaomi Untuk Melihat Lama Penggunaan Aplikasi

Cara Cek Screen Time di HP Xiaomi - Header

Gadgetren – Mengecek screen time atau waktu pemakaian bisa dilakukan sangat mudah di berbagai macam ponsel buatan Xiaomi yang mana secara umum berjalan dengan sistem operasi Android.

Perusahaan Google soalnya sudah menyematkan sebuah fitur khusus yang disebut dengan Digital Wellbeing ke dalam sistem buatan mereka. Fitur tersebut memungkinkan kita menggunakan perangkat secara lebih sehat di mana termasuk untuk mengecek screen time.

Di ponsel Xiaomi, kita dapat menemukan fitur bawaan sistem Android tersebut di halaman pengaturan. Kita yang ingin mengecek screen time pun dapat mengaksesnya dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Mengecek Screen Time di HP Xiaomi

  • Masuk ke halaman Settings.
  • Cari dan buka menu Digital Wellbeing & parental controls.
    Cara Cek Screen Time Xiaomi - 1
  • Informasi mengenai screen time pada hari itu akan langsung ditampilkan.
    Cara Cek Screen Time Xiaomi - 2
  • Ketuk Dashboard untuk melihat informasi mengenai screen time secara mendetail.
  • Pastikan setelan dashboard sudah diatur ke Screen time.
    Cara Cek Screen Time Xiaomi - 3
  • Ketuk balok-balok di diagram batang untuk mengecek screen time hari lain.
    Cara Cek Screen Time Xiaomi - 4
  • Gulir ke bawah untuk melihat screen time setiap aplikasi.

Yang sangat menarik, informasi screen time di halaman Digital Wellbeing & parental control nantinya akan ditampilkan secara lengkap. Kita tidak hanya dapat melihat lama waktu penggunaan ponsel saja melainkan juga jumlah notifikasi yang masuk maupun kunci layar dibuka.

Keduanya juga dapat dilihat secara langsung di halaman utama Digital Wellbeing & parental control. Namun jika ingin mengetahui informasi secara lebih mendetail dapat mengubah setelan Screen time di halaman Dashboard menjadi Notifications received atau Times opened.

Selain untuk mengecek screen time, fitur Digital Wellbeing Android di sisi lain juga menyediakan beberapa fungsi tambahan yang tak kalah bermanfaat. Adapun di antaranya termasuk Bedtime mode dan Focus mode.

Bedtime mode berguna untuk mengatur perangkat supaya tidak mengganggu waktu tidur sehingga istirahat bisa lebih berkualitas. Sementara Focus mode dapat dipakai untuk mengurangi gangguan seperti notifikasi aplikasi saat kita ingin fokus beraktivitas.

Tidak hanya itu saja, fitur Digital Wellbeing yang ditawarkan oleh Android lewat ponsel Xiaomi juga mendukung pewaktu di mana bisa dipakai untuk membatasi durasi penggunaan setiap aplikasi. Kita dapat mengaturnya di halaman Dashboard dengan mengetuk Set timer (ikon jam pasir) di samping aplikasi yang ingin dibatasi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar