Tips dan Trik

Cara Melihat Screen Time di Handphone Xiaomi dan Menggunakan Fitur Pendukungnya

Cara Melihat Screen Time Xiaomi Header

Gadgetren – Kesehatan digital telah menjadi pokok pembahasan bagi berbagai macam perusahaan teknologi selama beberapa tahun belakangan hingga akhirnya melahirkan sejumlah fitur baru sebagai jawaban.

Pemakaian handphone memang tak bisa dilepaskan dari bermacam aktivitas kehidupan sehari-hari. Bahkan sekarang sejumlah kegiatan seperti belajar atau bekerja justru perlu memakai perangkat seluler ini agar bisa terselesaikan.

Menggunakan handphone dalam durasi yang sangat lama sayangnya dapat berdampak negatif terhadap kesehatan, mulai hal-hal ringan seperti mata lelah atau sulit tidur hingga meningkatnya risiko kanker otak.

Sejumlah perusahaan teknologi mulai sadar dengan masalah ini. Salah satu di antaranya adalah Xiaomi yang kini menjadi merek idaman bagi sebagian orang.

Perusahaan yang dulu sangat terkenal sebagai pengembang peranti lunak itu sampai sekarang masih rajin menyempurnakan antarmuka sistem MIUI miliknya dengan sejumlah utilitas tambahan, termasuk fitur kesehatan digital bernama Screen Time.

Tentang Screen Time di Xioami MIUI

Screen Time merupakan fitur unggulan MIUI yang mempunyai kegunaan untuk mengelola lama waktu pemakaian handphone seseorang selayaknya Digital Wellbeing milik Google atau Screen Time iOS.

Dengan menggunakan fitur ini, para pengguna handphone buatan Xiaomi dapat mengecek data pemakaian perangkat dan aplikasi, membatasi durasinya, maupun menghidupkan mode khusus agar tetap bisa fokus.

Dalam versi baru yang terdistribusi melalui MIUI 12, fitur Screen Time Xiaomi mempunyai dua tab bernama Dashboard dan Focus Mode dimana keduanya mempunyai fungsi yang sangat berbeda. Begini cara menggunakannya.

Cara Melihat Screen Time di Handphone Xiaomi

  1. Coba jalankan pembaruan di perangkat yang didukung jika masih menggunakan MIUI lawas
  2. Apabila sudah menjalankan MIUI 12, buka Settings
  3. Gulir ke bawah, cari dan pilih Screen Time
  4. Ketuk Dashboard jika diperlukan
  5. Pilih antara Day atau Week sesuai data yang akan ditampilkan
  6. Ketuk salah satu kategori aplikasi untuk melihat data secara lebih detail

Dashboard berisi bermacam data dan pengaturan utama untuk fitur Screen Time Xiaomi. Para pengguna di dalamnya dapat melihat rincian waktu pemakaian handphone, durasi penggunaan aplikasi, dan seberapa sering mereka membuka layar.

Para pengguna dapat melihat berbagai macam data tersebut dalam bentuk grafik sederhana dengan parameter yang bisa diganti antara harian dan mingguan untuk mempermudah pemetaannya.

Di dalam halaman Dashboard Screen Time, para pengguna juga dapat mengatur batas waktu pemakaian handphone. Pengguna bahkan bisa membedakannya untuk pemakaian di hari aktif atau akhir pekan dan membuat pengecualian untuk aplikasi-aplikasi tertentu.

Cara Membatasi Pemakaian Handphone dengan Screen Time

  1. Kunjungi halaman Settings
  2. Cari di ke bawah dan ketuk menu Screen Time
  3. Di halaman Dashboard, ketuk tombol geser di samping opsi Daily screen time limit
  4. Ubah batas pemakaian hari kerja pada bagian Weekdays
  5. Atur batas untuk akhir pekan di bagian Weekends
  6. Ketuk App exceptions untuk mengatur aplikasi yang tidak ingin dibatasi jika diperlukan

Mengaktifkan fitur pembatasan ini akan memicu sebuah pemberitahuan khusus saat layar sudah menyala melebihi setelan yang diterapkan. Oleh karena itu jika menggunakan handphone untuk bekerja, jangan lupa menambahkan aplikasi terkait ke bagian App exceptions.

Selain pembatasan durasi pemakaian, Screen Time juga mempunyai dukungan bernama Focus Mode. Dengannya, pengguna bisa menjalankan sebuah fitur yang dapat membuatnya tak bisa menggunakan handphone untuk sementara waktu sehingga bisa fokus mengerjakan sesuatu.

Cara Mengaktifkan Focus Mode di Handphone Xiaomi

  1. Akses halaman Settings perangkat Xiaomi yang digunakan
  2. Arahkan halaman pengaturan ke bagian Screen Time
  3. Ketuk menu Focus Mode
  4. Pilih durasi yang diinginkan
  5. Klik Turn on Focus Mode
  6. Konfirmasi dengan tombol Turn on jika muncul pop-up peringatan

Berbeda dengan fitur Do Not Disturb (DND) yang hanya membisukan notifikasi, Focus Mode benar-benar membuat semua fitur handphone tidak berfungsi kecuali kamera dan panggilan darurat.

Setelah mengaktifkan mode ini, pengguna juga tidak bisa membatalkannya jadi perlu menunggu sampai selesai dengan durasi mulai dari 30, 60, 90 menit, atau sesuai yang diterapkan sebelumnya.

Screen Time sejatinya sudah tersedia di dalam beberapa versi lawas MIUI. Para pengguna pun dapat menggunakannya seperti beberapa langkah di atas dengan menyesuaikan penamaan dan letaknya.

Namun jika belum mendukung hal tersebut, kamu dapat mencoba alternatif lain seperti tips yang pernah saya bagikan sebelumnya karena pada dasarnya MIUI memakai sistem Android sebagai dasarnya.

Alternatif Screen Time Xiaomi

Google Digital Wellbeing

  1. Jalankan aplikasi Settings
  2. Gulir ke bawah lalu cari Digital Wellbeing & parental controls
  3. Di halaman selanjutnya, pilih Show your data
  4. Nanti selanjutnya, akan muncul berbagai macam data yang kamu butuhkan

Digital Wellbeing merupakan salah satu pelopor fitur kesehatan digital. Di dalamnya, pengguna pun dapat menemukan berbagai macam peralatan menarik yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola pemakaian handphone.

Layanan kesehatan digital milik Google ini pun memuat sejumlah menu seperti Dashboard yang bisa dipakai untuk mengatur pewaktu untuk setiap aplikasi, Bedtime mode, serta Focus mode.

Handphone dengan sistem operasi sebelum Android 9 Pie sayang tidak akan bisa mencicipi fitur bawaan dari Google ini. Untung saja, berbagai macam perangkat lawas sudah dilengkapi dengan fitur pemakaian baterai yang juga bisa dimanfaatkan untuk melihat lama waktu seseorang menggunakan handphone.

Fitur Pemakaian Baterai Android

  1. Buka Settings di perangkat yang ingin dicek
  2. Cari dan pilih menu Battery & performance
  3. Selanjutnya masuk ke bagian Battery usage stats

Dari halaman tersebut, pengguna dapat mengetahui lama pemakaian handphone dengan melihat bagian Screen yang secara umum menginformasikan seberapa lama layar menyala.

Setiap versi sistem MIUI tentu mempunyai peletakan dan penamaan yang berbeda-beda. Pengguna dapat menyesuaikan langkah-langkah di atas dengan versi yang digunakan.

Jika fitur pengecekan pemakaian baterai masih dirasa kurang dan belum lengkap, maka solusi lain yang bisa ditempuh untuk melihat screen time di handphone Xiaomi adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Pasang aplikasi StayFree melalui Google Play Store
  2. Jalankan aplikasi, lalu atur tahun lahir untuk menyesuaikan pengaturan dengan rentang umur saat pertama kali memakainya
  3. Tekan Continue lalu setujui syarat dan kebijakan layanan dengan mengetuk tombol I Agree
  4. Ikuti petunjuk yang tampil di layar sampai berhasil masuk ke halaman utama

StayFree adalah salah satu contoh aplikasi yang mendukung pengelolaan waktu pemakaian handphone. Selain aplikasi ini, kamu pun dapat mencari produk serupa di Google Play Store jika masih kurang puas.

Namun bagi saya pribadi, aplikasi ini sudah lebih dari cukup. Di dalamnya sudah terdapat fitur seperti alarm yang bisa diaktifkan untuk membatasi pemakaian handphone, alih-alih hanya menampilkan data-data durasinya.

Mengecek Screen Time dan menggunakan beberapa fitur untuk membatasi aktivitas dengan handphone memang sangat diperlukan. Oleh karena itu jika mengalami masalah saat menggunakan fitur atau metode di atas, kamu bisa bertanya di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar