ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Talkback Xiaomi dan Redmi Agar Tidak Bersuara

Cara Mematikan Talkback Xiaomi dan Redmi - Header

Gadgetren – Jika tidak terbiasa, fitur talkback atau juga sering disebut dengan voice assistant di sejumlah ponsel justru bisa menyulitkan pengoperasian perangkat alih-alih membantu para pengguna.

Fitur yang dirancang secara khusus untuk mempermudah pengguna dengan keterbatasan penglihatan tersebut soalnya dapat membuat pengoperasian sebuah ponsel menjadi sedikit berbeda. Kita tidak dapat lagi menggunakan perangkat seperti kondisi normal.

Ketika fitur tersebut diaktifkan, kita misalnya tidak dapat lagi menggulirkan layar pada sebuah ponsel hanya dengan menggunakan satu buah jari saja. Kita juga tidak bisa memilih menu, tombol, atau item hanya dengan sekadar mengetuknya.

Di samping itu, getaran-getaran yang cukup mengganggu juga akan selalu muncul ketika kita menyentuh menu, tombol, atau item di layar. Penjelasan dalam bentuk suara mengenai apa yang disentuh pun akan terdengar dari ponsel.

Agar dapat kembali mengoperasikan perangkat secara normal, kita pun harus mematikan talkback jika terlanjur mengaktifkannya baik dengan atau tanpa sengaja. Untuk jajaran ponsel buatan Xiaomi di mana termasuk Redmi, POCO, maupun number series, kita menariknya dapatkan menonaktifkan fitur tersebut dengan sangat praktis.

Cara Mematikan Talkback Xiaomi dan Redmi

  • Letakkan jari di tombol Volume Up maupun Down.
  • Tekan secara bersamaan kedua tombol tersebut kurang lebih selama tiga detik.
  • Lepaskan kedua tombol setelah terdengar keterangan “Talkback Off” atau sejenisnya.

Cara paling praktis untuk mematikan fungsi talkback di ponsel Xiaomi adalah menggunakan kombinasi tombol Volume Up dan Down. Hanya saja agar berhasil, kita harus memastikan layar dalam keadaan menyala baik itu dalam masih terkunci maupun sudah terbuka.

Selain menggunakan cara di atas, kita juga dapat mematikan talkback di ponsel Xiaomi melalui pengaturan. Metode ini dapat dipertimbangkan jika tombol Volume rusak atau perangkat belum mendukung opsi menonaktifkan fitur tersebut lewat kombinasi tombol fisik.

Lewat Pengaturan

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu pengaturan Additional settings.
    Cara Mematikan Talkback Xiaomi dan Redmi - 1
  • Buka menu Accessibility.
    Cara Mematikan Talkback Xiaomi dan Redmi - 2
  • Buka tab Vision.
    Cara Mematikan Talkback Xiaomi dan Redmi - 3
  • Pilih setelan TalkBack.
    Cara Mematikan Talkback Xiaomi dan Redmi - 4
  • Matikan opsi Use TalkBack.
    Cara Mematikan Talkback Xiaomi dan Redmi - 5
  • Konfirmasi dengan memilih tombol Stop.
    Cara Mematikan Talkback Xiaomi dan Redmi - 6

Namun perlu diperhatikan, mengoperasikan perangkat Xiaomi dengan fungsi talkback menyala berbeda dari kondisi normal seperti apa yang sudah kami jabarkan sebelumnya. Kita mungkin membutuhkan sedikit penyesuaian supaya berhasil.

Untuk mengoperasikan perangkat dalam kondisi talkback menyala, kita dalam hal ini perlu menggunakan dua jari untuk menggulirkan layar. Kita juga harus mengetuk menu atau tombol yang diinginkan lalu mengeklik dua kali jika mau memilihnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar