Smartphone Tips dan Trik

Cara Mematikan Fitur Talkback di Handphone Xiaomi Jika Terganggu

Cara Mematikan Talkback di Xiaomi Header

Gadgetren – Talkback memang menjadi salah satu fitur dasar yang mempersenjatai hampir seluruh handphone masa kini.

Xiaomi pun juga tercatat membawa dukungan Talkback pada perangkat buatannya yang memungkinkan pengguna dengan keterbatasan penglihatan tetap bisa menavigasikan perangkat dengan baik.

Fitur ini akan memberikan informasi mengenai apa yang kita sentuh sebelum memilihnya. Saat fitur ini aktif, kita secara umum dapat memperoleh informasi dari seluruh menu yang tampil di layar melalui sebuah penjelasan berupa suara.

Selanjutnya kita hanya perlu menyentuh bagian yang ingin diketahui untuk mendapatkan keterangan dalam bentuk suara untuk didengarkan.

Fitur Talkback sayangnya akan terasa menyulitkan bagi pengguna biasa karena kita jadi perlu mengetuk layar beberapa kali saat ingin memilih opsi atau tombol. Pada beberapa perangkat bahkan akan disertai dengan getaran yang cukup mengganggu.

Kabar baiknya fitur ini pun mudah untuk dimatikan. Setelan pengaturannya bahkan dapat ditemukan secara langsung pada halaman Settings handphone Xiaomi.

Cara Mematikan Fitur Talkback di Handphone Xiaomi

  1. Gunakan dua jari untuk menyeret atau menggeser layar
  2. Cari dan sentuk ikon Settings
  3. Ketuk dua kali ikon tersebut untuk membukanya
  4. Gulir layar ke bawah dengan dua jari
  5. Sentuh menu Additional settings lalu ketuk dua kali untuk masuk ke dalamnya
  6. Cari dan pilih Accessibility dengan memakai cara yang sama
  7. Pilih menu Vision dengan metode serupa jika diperlukan
  8. Ketuk Talkback lalu klik dua kali
  9. Pilih dan ketuk dua kali pada Use Talkback atau Accessibility sesuai menu yang muncul
  10. Gunakan cara serupa untuk memilih opsi Stop

Mematikan talkback di handphone Xiaomi akan mengembalikan pengalaman pemakaian ke kondisi seperti semula. Jadi, kita tidak perlu lagi mengetuk dua kali untuk membuka menu, memilih opsi, atau menekan tombol di handphone yang digunakan.

Dengan cara yang hampir sama, kita pun dapat mengaktifkan fitur ini kembali. Pemilihan menu maupun opsi hanya saja tidak perlu dilakukan dua kali karena pemakaian handphone biasanya masih normal sebelum Talkback hidup.

Talkback sendiri bisa menjadi fitur yang bermanfaat bagi sebagian orang. Fitur ini pun tak hanya tersedia di handphone buatan Xiaomi, melainkan juga mempersenjatai perangkat milik Samsung, OPPO, vivo, maupun realme. Hanya saja memang penamaannya mungkin sedikit berbeda.

Tinggalkan Komentar