ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Update dan Download Aplikasi di Galaxy Store Sangat Lambat? Ini Solusinya!

Galaxy Store Update Download Lambat Header

Gadgetren – Selain Google Play Store, Samsung Electronics mendistribusikan berbagai macam aplikasi dari para pengembang melalui layanan buatannya sendiri yang diberi nama dengan Galaxy Store.

Dalam layanan yang semula bernama Samsung App Store tersebut, para pengguna dapat menemukan berbagai macam aplikasi, game, dan tema tampilan yang dirancang secara khusus untuk perangkat dari keluarga Galaxy.

Melalui layanan toko aplikasi tersebut, kamu pun dapat memasang beberapa aplikasi yang tidak ada di Google Play Store seperti Fortnite (game battle royal buatan Epic Games yang ditolak di toko aplikasi seluler lain).

Memasang aplikasi atau tema dari Galaxy Store juga cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja dalam sejumlah kasus yang pernah saya temui, proses download atau unduh dari layanan tersebut kadang-kadang berjalan sangat lambat sehingga membutuhkan waktu yang lama.

Padahal di sisi lain, kebanyakan aplikasi bawaan perangkat buatan Samsung hanya tersedia di dalam layanan tersebut sehingga pengguna terpaksa menggunakannya ketika perlu mengunduh pembaruan.

Usut punya usut, hal ini ternyata biasanya terjadi bukan disebabkan oleh layanan Galaxy Store itu sendiri melainkan berasal dari pengaruh luar yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan cukup mudah.

Apa Penyebab Samsung Galaxy Store Berjalan Lambat?

Sistem membutuhkan sebuah protokol khusus supaya mereka dapat mengakses jaringan internet. Sayang, tidak semuanya berjalan dengan koneksi terbaik karena beberapa hal seperti lalu lintas yang padat hingga limitasi dan pemblokiran dari penyedianya.

Komunikasi dengan server tertentu pun dapat terkena dampak dari hal tersebut. Lalu pada akhirnya, akses data seperti upload maupun download berjalan lambat atau bahkan bisa jadi gagal untuk dilakukan.

Lambatnya proses pemasangan dan pembaruan aplikasi melalui Galaxy Store pun menjadi contoh nyata dalam hal ini. Bagi kamu yang belum tahu, masalah tersebut secara umum hanya terjadi saat pengguna menggunakan layanan internet tertentu.

Oleh karena itu, mengatasi masalah Galaxy Store tersebut bisa dilakukan dengan sangat mudah oleh semua orang. Beberapa di antaranya, kamu dapat mencoba sejumlah solusi berikut.

Solusi Samsung Galaxy Store Berjalan Lambat

Beralih ke Jaringan Internet Lain

Mengubah koneksi internet dari mode WiFi ke jaringan seluler atau sebaliknya dapat menjadi solusi pertama bagi kamu yang merasa komunikasi data ke server Galaxy Store sangat lambat.

Dengan melakukannya, protokol yang digunakan untuk mengakses server Galaxy Store bakal berubah sehingga kualitas komunikasi data pun kemungkinan akan menyesuaikannya.

Namun karena kualitas arus data bisa saja semakin baik atau malah buruk, kamu pun selanjutnya perlu mencoba beberapa penyedia layanan internet seluler secara bergantian agar memperoleh koneksi terbaik.

Jika kesulitan menemukan jaringan internet alternatif, maka kamu dapat mencoba VPN (Virtual Private Network) sebagai solusi berikutnya. Salah satunya, kamu bisa menggunakan Samsung Max.

Gunakan VPN (Virtual Private Network)

Samsung Max

  1. Jalankan aplikasi Samsung Max
  2. Klik Agree untuk menyetujui kebijakan layanan untuk pertama kali penggunaan
    Galaxy Store Update Download Lambat 1
  3. Ikuti laman penjelasan dengan mengetuk tombol Next dan Start jika sudah selesai
  4. Pilih Upgrade apabila ingin berlangganan paket premium
  5. Ketuk Close jika tidak membutuhkan paket premium
    Galaxy Store Update Download Lambat 2
  6. VPN akan otomatis aktif
  7. Ubah lokasi dengan mengetuk bagian Best location (atau bendera negara) jika diperlukan
    Galaxy Store Update Download Lambat 3
  8. Buka Galaxy Store dan lanjutkan proses mengunduh atau memperbaru aplikasi
  9. Jika sudah selesai, buka kembali Samsung Max
  10. Klik Menu (ikon hamburger) atau usap layar ke kanan
    Galaxy Store Update Download Lambat 4
  11. Ketuk tombol Geser yang terletak di pilihan paling bawah hingga keterangannya berubah menjadi Disconnected untuk mematikan VPN
    Galaxy Store Update Download Lambat 5
  12. Perlu diingat, kamu dapat mengetuk tombol Geser tersebut lagi jika ingin menghidupkan VPN di kemudian hari

Samsung Max merupakan pengganti Opera Max yang dikembangkan oleh Samsung sendiri. Karenanya, aplikasi ini tak hanya secara khusus menawarkan layanan VPN melainkan juga menyalin fitur proteksi privasi serta penghemat data dari layanan sebelumnya.

Aplikasi ini biasanya sudah terpasang sebagai bawaan di dalam berbagai macam handphone buatan Samsung terutama pada perangkat baru. Namun jika belum, kamu dapat memasangnya secara manual melalui Google Play Store.

Selain Samsung Max, kamu pun bisa memanfaat layanan VPN gratis dari Cloudflare bernama WARP yang bisa diakses melalui aplikasi 1.1.1.1. Saya sendiri sudah menggunakannya sebagai senjata andalan ketika jaringan internet mulai melambat.

1.1.1.1 with WARP

  1. Unduh aplikasi 1.1.1.1 melalui Google Play Store
  2. Buka aplikasi lalu klik Next untuk mulai menggunakannya
  3. Jangan lupa mengetuk Accept jika aplikasi menyodorkan syarat dan ketentuan layanan
    Galaxy Store Update Download Lambat 6
  4. Ketuk tombol Geser hingga tulisan berubah dari Disconnected menjadi ConnectedGalaxy Store Update Download Lambat 7
  5. Klik Menu (ikon hamburger) di pojok kanan atas
    Galaxy Store Update Download Lambat 8
  6. Pastikan pengaturan koneksi memakai opsi WARP
    Galaxy Store Update Download Lambat 9
  7. Unduh atau perbarui aplikasi yang diinginkan dari Galaxy Store
  8. Setelah selesai, buka kembali aplikasi 1.1.1.1
  9. Ketuk tombol Geser
  10. Pilih Until I turn it back on pada pop-up yang tampil
    Galaxy Store Update Download Lambat 10

Diperkenalkan sejak tahun 2019 kemarin, WARP hadir sebagai solusi internet cepat dan aman yang mudah untuk digunakan oleh siapa saja. Melalui aplikasi 1.1.1.1 yang dibanderol gratis dengan pembelian di dalam aplikasi, layanan VPN ini bahkan tidak memerlukan pengaturan apapun.

Aplikasi 1.1.1.1 mempunyai tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Para pengguna juga tak akan menjumpai iklan meskipun tersedia secara gratis seperti kebanyakan layanan.

Pada dasarnya, mengubah protokol internet adalah kunci utama dalam mengatasi proses update dan download di Galaxy Store yang lambat. Untuk melakukannya, pengguna dapat mengganti jaringan maupun memakai VPN seperti penjelasan di atas.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar