Mading Tekno

Dari Rp 100 Ribuan!! Ini Daftar Paket Internet Rumah Termurah Tahun 2021

Paket Internet Rumah Termurah - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Internet sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat dalam mengerjakan berbagai aktivitas di kehidupan sehari-hari, mulai dari yang penting hingga sekedar mencari hiburan.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, semua hal mulai banyak dialihkan menjadi kegiatan daring untuk meminimalisir penyebaran virus yang menjadi musuh orang di seluruh dunia.

Layanan internet rumah pun menjadi solusi pas untuk itu karena biasanya terdistribusi melalui jaringan fiber optik (FO) yang mempunyai kemampuan transfer data lebih tinggi dan stabil dibandingkan melalui operator seluler.

Selain itu, layanan internet rumah biasanya memiliki kuota lebih besar. Beberapa di antaranya bahkan mengusung model internet tanpa batas (unlimited) sehingga tak perlu khawatir saat mengakses berbagai macam layanan.

Untungnya, banyak perusahaan internet rumah yang mempunyai paket berlangganan dengan harga relatif murah bagi para pelanggannya sehingga bisa tetap mendapatkan jaringan yang stabil dan baik.

Jika kamu ini mengetahui salah satu saja, maka kamu bisa langsung loncat menggunakan tautan di bawah ini.

Kumpulan Paket Internet Rumah Termurah di Tahun 2021

IndiHome

Paket Internet Rumah Termurah - IndiHome

IndiHome merupakan salah satu layanan yang cukup menarik untuk digunakan. Dengan jaringan sangat luas, produk buatan Telkom Indonesia ini tentu lebih mudah dijangkau oleh siapa saja.

Hal ini tentu bakal sangat membantu, apalagi kamu juga dapat mempunyai solusi digital sangat lengkap jika membutuhkan internet rumah, telepon, sekaligus televisi kabel dalam satu layanan.

Melalui tiga jenis paket miliknya yang mana meliputi single, dual, dan triple play, Telkom pun menawarkan sejumlah layanan dengan harga yang relatif terjangkau bagi masyarakat.

Paket Internet Rumah Termurah dari IndiHome
Jenis PaketBenefitTarif per Bulan
Single Play 20 MbpsInternet hingga 20 MbpsRp 330.000
Dual Play 10 Mbps (Telepon)Internet hingga 10 Mbps
Panggilan suara 300 menit
Bonus tambahan
Rp 300.000
Dual Play 10 Mbps (TV Interaktif)Internet hingga 10 Mbps
TV Interaktif 109 Saluran
Bonus tambahan
Rp 330.000
Triple Play 20 MbpsInternet hingga 10 Mbps
Panggilan suara 300 menit
TV Interaktif 109 Saluran
Bonus tambahan
Rp 375.000
IndiHome Gamer 10 MbpsInternet hingga 10 Mbps
Panggilan suara 300 menit
TV Interaktif 109 Saluran
Bonus item di dalam permainan
Rp 370.000

Masyarakat secara umum dapat berlangganan beberapa paket dari IndiHome di atas dengan mendaftarkan diri melalui aplikasi My IndiHome, kecuali untuk paket berjenis single play yang perlu datang ke Plaza Telkom.

Cara Berlangganan Paket IndiHome
  1. Pasang aplikasi dari Google Play Store atau Apple Apps Store
  2. Jalankan aplikasi lalu izinkan sejumlah permintaan akses
  3. Klik Login saat sudah mempunyai akun atau Register jika belum
  4. Ikuti petunjuk di layar sesuai opsi yang dipilih sebelumnya
  5. Aktifkan metode keamanan biometrik jika menginginkannya
  6. Setelah masuk ke halaman utama, klik Shop lalu Langganan Baru
  7. Arahkan pin lokasi ke tempat yang seusai lalu tambahkan detail alamat
  8. Klik Cek Ketersediaan
  9. Klik Lanjutkan kemudian pilih jenis paket langganan yang diinginkan
  10. Ketuk tombol Detail Paket lalu klik Beli
  11. Lengkapi formulir dengan data yang kamu miliki
  12. Jika sudah, klik tombol Selanjutnya
  13. Verifikasi menggunakan metode yang diminta

IndiHome tentu bukan satu-satunya solusi internet rumah murah karena sejumlah penyedia layanan serupa pun mempunyai hal yang sama. First Media salah satu di antaranya.

First Media

Paket Internet Rumah Termurah - First Media

Sebagai salah satu perusahaan raksasa yang beroperasi di Indonesia, Lippo Group pun merambah ke bisnis telekomunikasi dan layanan digital melalui anak perusahaan yang bernama First Media.

Berbeda dengan IndiHome, First Media menariknya hanya menawarkan paket komplit yang mewadahi layanan internet rumah, televisi kabel, dan komunikasi data secara keseluruhan.

Dari sejumlah paket yang dimilikinya, First Media pun mempunyai layanan internet dengan banderol harga yang relatif terjangkau sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pelanggan.

Paket Internet Rumah Termurah Dari First Media
Jenis PaketBenefitTarif per Bulan
Family HD PlusInternet hingga 15 Mbps TV Kabel 145 Saluran Streamtainment FirstMedia XRp 361.000

Karena menawarkan paket komplit, First Media mempunyai pilihan paket yang terlihat lebih ramping. Kamu pun bisa lebih mudah menyesuaikannya dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki.

Jika melihat First Media sebagai solusi yang pas, kamu selanjutnya bisa mendaftarkan diri dengan menghubungi pusat panggilan (021)25596688 atau melalui situs resmi perusahaan.

Cara Berlangganan Paket First Media
  1. Buka halaman cek area ketersediaan https://www.firstmedia.com/get/subscribe/cek-area-layanan
  2. Gunakan fitur pin lokasi jika diperlukan
  3. Isi data diri seperti nama lengkap, email, dan nomor telepon
  4. Pilih paket yang diinginkan
  5. Tambahkan informasi penting, misalnya ancar-ancar rumah
  6. Jangan lupa centang captcha “i’m not robot
  7. Klik Submit

Setelah mendaftarkan diri melalui situs resminya, kamu mungkin perlu menunggu beberapa saat sampai petugas dari First Media datang ke lokasi. Namun jika terlalu lama, kamu bisa gunakan sambungan melalui pusat panggilan.

MyRepublic juga tak boleh dilewatkan saat masyarakat sedang mencari solusi internet rumah untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Apalagi, MyRpublic mempunyai sederet paket yang dibanderol murah.

MyRepublic

Paket Internet Rumah Termurah - MyRep

Berasal dari Singapura, MyRepublic merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menawarkan layanan internet rumah berkualitas sangat baik tetapi dengan banderol harga terjangkau.

Seperti layanan pada umumnya, MyRepublic pun tak hanya menyediakan layanan internet rumah melainkan juga layanan TV kabel yang mempunyai lebih dari 80 saluran favorit untuk ditonton.

Di tahun 2021, penyedia layanan telekomunikasi yang sudah beroperasi sejak tahun 2011 ini pun mempunyai beberapa paket menarik untuk dipertimbangkan oleh mereka yang membutuhkan internet cepat dengan harga murah.

Daftar Paket Internet Rumah Termurah Dari MyRepublic
Jenis PaketBenefitTarif per Bulan
Paket Internet Unlimited ValueInternet hingga 40 MbpsRp 366.000 atau  Rp 286.400 (Kartu Kredit)
Paket Combo Internet + TV Kabel ValueInternet hingga 40 Mbps
TV kabel 75 Saluran
Rp 399.000
Paket GamerInternet hingga 200 Mbps
Reuter Eksklusif
IP Khusus
Rp 746.000 atau 575.400 (Kartu Kredit)

Jika membandingkan nilai harganya, beberapa paket dari MyRepublic di atas mungkin terasa sedikit lebih tinggi. Akan tetapi, benefit yang ditawarkan mempunyai nilai lebih menarik dari layanan pada umumnya.

Mendaftarkan diri di layanan MyRepublic pun tergolong sangat mudah. Selain bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang, kamu bisa melakukannya secara daring melalui situs resminya.

Cara Berlangganan Paket MyRepublic
  1. Buka halaman https://order.myrepublic.net.id/
  2. Isi data diri dengan lengkap
  3. Lengkapi alamat kemudian klik Cek Area
  4. Klik Selanjutnya
  5. Pilih paket yang diinginkan
  6. Unggah berkas data yang diperlukan
  7. Cek kembali ringkasan pembelian lalu konfirmasi dengan tombol yang sesuai

Sejalan dengan industri digital yang semakin menjanjikan dan menjadi media utama untuk melakukan banyak hal, berbagai macam penyedia layanan internet baru pun mulai bermunculan dan menawarkan harga yang lebih bersaing seperti Stroomnet dari Icon+.

Stroomnet (Icon+)

Paket Internet Rumah Termurah - Stroomnet

Dengan memanfaatkan jaringan listrik yang sudah tersebar sangat luas, PLN melalui Icon+ menggelar kabel fiber optik keseluruhan penjuru Indonesia untuk menyediakan layanan internet rumah berkualitas.

Karena terbilang masih sangat baru, layanan bernama Stroomnet tersebut menariknya menawarkan paket internet dan TV kabel dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp 100 Ribuan.

Oleh karenanya Stroomnet bakal menjadi layanan yang sangat bersahabat. Yang mana secara khusus, kamu yang membutuhkan internet dengan harga murah dapat memilih beberapa paket berikut.

Paket Internet Rumah Termurah Dari Stroomnet
Jenis PaketBenefitTarif per Bulan
Stroomnet 10 MbpsInternet hingga 10 MbpsMulai Rp 185.000
Stroomnettv 10 Mbps
  • Internet hingga 10 Mbps
  • TV Kabel 75 Saluran
Mulai Rp 352.273

Perlu diketahui, tarif berlangganan layanan internet dan TV kabel di atas merupakan harga minimal. Sedikit berbeda dari layanan lain, Stroomnet menerapkan pembagian wilayah dalam hal ini.

Agar bisa berlangganan Stroomnet, kamu pun bisa melakukannya dengan sangat mudah. Sama seperti beberapa layanan sebelumnya, kamu pun dapat melakukannya melalui halaman pendaftaran di situsnya.

Cara Berlangganan Paket Stroomnet
  1. Buka halaman https://stroomreg.iconpln.co.id/
  2. Isi formulir dengan data yang diperlukan
  3. Jangan lupa untuk mengisi paket yang diinginkan
  4. Klik tombol Submit
  5. Tunggu konfirmasi dari petugas melalui metode yang dipilih sebelumnya

Stroomnet mungkin bisa menjadi pilihan menarik. Hanya saja, usianya yang masih seumur jagung mungkin jadi bahan pertimbangan penting bagi sebagian orang untuk memilih layanan terpercaya.

Biznet Home mungkin bisa menjadi salah satu di antaranya. Layanan yang mempunyai jangkauan sangat luas ini tercatat mempunyai dukungan internet dan TV kabel berkualitas sangat baik.

Biznet Home

Paket Internet Rumah Termurah - Biznet Home

Berdasarkan informasi yang ditampilkan di dalam situs resmi perusahaan, Biznet Home telah menjangkau lebih dari 100 kota di Indonesia. Hal ini membuatnya menjadi salah satu layanan internet rumah yang bisa dimanfaatkan oleh banyak orang.

Biznet Home di sisi lain juga memiliki dukungan internet yang cukup cepat dan stabil. Ditambah lagi, mereka pun mempunyai dukungan TV kabel dengan jumlah hingga 67 saluran.

Masyarakat pun dapat menikmati layanan milik Biznet Home dengan harga yang sangat terjangkau. Beberapa di antaranya tersedia mulai dari Rp 300 ribuan sebagaimana daftar berikut.

Paket Internet Rumah Termurah Dari Biznet Home
Jenis PaketBenefitTarif per Bulan
Internet 1B StandarInternet hingga 75 Mbps
Biznet Wifi
Biznet Video
Biznet NEO Web Space
Tersedia di Jawa, Batam, dan Bali
Rp 325.000
Internet 1AS StandarInternet hingga 50 Mbps
Biznet Wifi
Biznet Video
Biznet NEO Web Space
Tersedia di Sumatera dan Kalimantan
Rp 350.000
Internet 1AW StandarInternet hingga 30 Mbps
Biznet Wifi
Biznet Video
Biznet NEO Web Space
Tersedia di Sulawesi
Rp 330.000
Combo 1B IPTV BasicInternet hingga 75 Mbps
Biznet Wifi
Biznet Video
Biznet NEO Web Space
Tersedia di Jawa, Batam, dan Bali
Rp 450.000

Meskipun paket yang ditawarkan tergolong murah sebagaimana daftar di atas, Biznet Home sayangnya menerapkan biaya instalasi sebesar Rp 750.000 dan perangkat senilai Rp 900.000 untuk Internet atau Rp Rp 2.150.000 untuk Combo IPTV.

Untungnya, mendaftarkan diri di layanan tersebut sangat mudah dilakukan. Kamu dapat memilih untuk melakukannya melalui layanan Biznet Home Care di nomor 1500933 atau situs secara daring.

Cara Berlangganan Paket Biznet Home
  1. Buka halaman https://www.biznethome.net/
  2. Klik tombol Daftar di pojok kanan atas
  3. Pilih layanan  yang ingin dibeli
  4. Masukkan data diri dan alamat dengan benar
  5. Pilih paket yang akan digunakan jika alamat sudah didukung
  6. Selesaikan proses pendaftaran dengan mengikuti petunjuk di layar
  7. Buka email pemberitahuan yang berisi nomor registrasi dan pembayaran
  8. Lakukan pembayaran sesuai apa yang didukung
  9. Tunggu proses verifikasi selesai

Petugas akan mengkonfirmasi dan menjadwalkan pemasangan. Baru setelah prosesnya selesai, layanan internet rumah maupun TV kabel dari Biznet Home bisa segera digunakan.

Alternatif lain internet rumah murah pun dapat kamu nikmati dari MNC Vision Network melalui layanan MNC Play yang pertama kali memperkenalkan diri dengan nama IM2 PayTV dan MNC Play Media.

MNC Play

Paket Internet Rumah Termurah - MNC Play

Digelar di dalam jaringan fiber optik, MNC Play tentu mempunyai layanan internet yang mampu berjalan dengan cepat dan stabil sehingga bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi masyarakat.

Sayangnya, layanan ini belum tersebar secara luas di Indonesia. Kamu yang ingin berlangganan MNC Play hanya bisa menemukannya di enam kota besar meliputi Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Malang.

Meskipun demikian, MNC Play tetap menarik karena juga menawarkan TV kabel dengan  lebih dari 170 saluran. Adapun beberapa di antaranya tersedia dengan harga murah sebagaimana daftar berikut.

Paket Internet Rumah Termurah Dari MNC Play
Jenis PaketBenefitTarif per Bulan
Residential Internet & Family Pack 30 MbpsInternet hingga 30 Mbps
Family Pack berisi 90 Saluran TV Kabel
Rp 369.000
Soho Internet & Family Pack 20 MbpsInternet hingga 20 Mbps
Family Pack berisi 90 Saluran TV Kabel
Rp 470.500

Perlu sedikit diketahui, paket Soho milik MNC Play biasanya akan terlihat lebih mahal ketimbang Residential seperti apa yang tertuang pada tabel di atas. Hal ini dikarenakan dukungan di dalamnya dirancang untuk penggunaan bisnis sehingga terdapat jaminan kecepatan unggah dan unduh simetris (1:1).

Meskipun demikian, keduanya sangat mudah untuk dibeli oleh para pelanggan. Kamu pun dapat mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan MNC Play melalui situs resmi miliknya.

Cara Berlangganan Paket MNC Play
  1. Buka halaman https://www.mncplay.id/subscribe/
  2. Pilih layanan yang ingin digunakan
  3. Pilih paket yang diinginkan
  4. Atur siaran apa saja yang ingin ikut dibeli
  5. Cek ketersediaan dan isi data diri
  6. Selesaikan proses pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ditampilkan

Jika MNC Play belum menjangkau wilayahmu, kamu tentu perlu beralih ke layanan internet rumah lain seperti beberapa penyedia di atas atau XL Home yang kini mulai melebarkan sayapnya.

XL Home

Paket Internet Rumah Termurah - XL Home

Setelah memanjakan pelanggan Indonesia dengan layanan telekomunikasi seluler yang sangat komplit, XL Axiata pun merambah ke industri internet rumah melalui sebuah platform bernama XL Home.

Layanan yang sebelumnya hanya digelar secara nirkabel menggunakan perangkat modem + router ini menariknya sudah tersedia dengan lebih baik berkat pemakaian teknologi fiber optik.

Selain itu, XL Home pun kini sudah dilengkapi dengan opsi pemasangan Entertainment Box yang memungkinkan pelanggan menikmati berbagai macam hiburan dari platform digital seperti Netflix, iflix, hingga YouTube.

Harga yang ditawarkannya pun sangat bersahabat. Kamu dapat mulai berlangganan pada layanan ini dengan memilih paket-paket terjangkau yang dibanderol mulai dari Rp 300 Ribuan.

Daftar Paket Internet Rumah Termurah dari XL Home
Jenis PaketBenefitTarif per Bulan
FamilyInternet hingga 100 Mbps
TV Entertainment Box
Rp 349.000

Selain opsi internet rumah berbasis fiber optik di atas, XL Home juga menawarkan secara nirkabel melalui modem + router bernama IZI seharga Rp 949.000 dengan opsi pembelian bersistem kuota.

Untuk berlangganan XL Home masyarakat untungnya dapat melakukannya secara langsung melalui situs https://www.xlhome.co.id/. Berikut langkah-langkah yang perlu ditempuh.

Cara Berlangganan Paket XL Home
  1. Buka situs resmi XL Home
  2. Gulir ke bawah dan cari bagian pengecekan alamat
  3. Isi formulir yang tersedia
  4. Lengkapi dengan data diri yang benar
  5. Klik Kirim
  6. Tunggu tim XL Home menghubungimu

Sembari menunggu tim XL Home menghubungimu, kamu dapat menyiapkan beberapa dokumen pendukung untuk melengkapi formulir yang akan diberikan seperti KTP, SIM, Paspor, dan KITAS.

Tak kalah dari XL, Indosat juga menawarkan solusi internet rumah berbasis fiber optik bagi masyarakat. Dengan nama GIG Indosat, layanan tersebut pun menyediakan paket dengan harga terjangkau.

GIG Indosat

Paket Internet Rumah Termurah - GIG Indosat

GIG Indosat merupakan solusi bagi mereka yang membutuhkan layanan internet broadband berkecepatan tinggi, sambungan telepon tetap, serta TV Interaktif dengan lebih dari 40 saluran.

Yang cukup menarik, GIG Indosat mempunyai fitur yang sangat menarik. Layanan ini misalnya menyediakan dukungan GIG Cast yang memungkinkan pelanggan menampilkan gambar dari layar handphone ke televisi.

Selain rajin menggelar promo yang bisa dilihat secara langsung melalui laman resminya, GIG Indosat pun mempunyai sederet paket berlangganan dengan harga relatif murah.

Paket Internet Rumah Termurah Dari GIG Indosat
Jenis PaketBenefitTarif per Bulan
GIG 20Internet hingga 20 MbpsRp 280.000
GIG 20 + GIGaBOX
  • Internet 20 Mbps
  • Lebih dari 40 Saluran TV Kabel
  • Akses langsung ke YouTube, Netflix, dan Iflix
  • GIG Cast
Rp 366.000

Dalam program tertentu, GIG Indosat menariknya menawarkan berbagai macam paketnya (termasuk dua di atas) dengan harga promo sehingga lebih murah. Kamu pun dapat mengeceknya di halaman https://my.gig.id/plan.

Yang cukup disayangkan, kamu yang tertarik untuk berlangganan salah satu paket dari GIG Indosat tak bisa melakukan pendaftaran melalui situs miliknya karena fiturnya belum ada.

Cara Berlangganan Paket GIG Indosat

Untuk mendaftarkan diri di layanan GIG Indosat, kamu sementara ini hanya bisa melakukannya melalui sambungan telepon 021 3000-8888, mengirim email ke GIG[at]indosatm2.com, atau mengunjungi Fiber Space Gallery.

Baru setelahnya, tim pemasaran GIG Indosat akan menghubungimu untuk membahas proses pemasangan. Dalam hal ini, jangan lupa untuk menyiapkan kartu pengenal (KTP/Passport/KITAS) dan salinan Kartu Kredit apabila pembayaran menggunakan Kartu Kredit.

Berlangganan internet rumah murah kini dapat dilakukan oleh masyarakat dengan sangat mudah. Namun jika memiliki sejumlah pertanyaan sekitar masalah ini, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar