Tips dan Trik

Butuh Pendapatan Tambahan? Ini Cara Mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo DANA

Cara Mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo Header

Gadgetren – Setelah berkiprah selama kurang lebih empat tahun sejak mengudara pertama kali pada tahun 2016, TikTok telah berhasil menjadi salah satu media berjejaring populer di dunia.

Media sosial berbasis video singkat tersebut memang sangat menarik untuk digunakan, apalagi ByteDance selaku pengembangnya senantiasa meningkatkan fitur dan memberikan dukungan baru ke dalam layanan.

Perusahaan asal Tiongkok tersebut salah satunya telah mengimplementasikan fitur penarikan dana yang lebih mudah digunakan ke dalam layanan TikTok belum lama ini, khususnya bagi para pengguna di Indonesia.

Tepatnya pada bulan November 2020 kemarin, TikTok resmi menjalin kolaborasi dengan layanan dompet digital buatan PT. Espay Debit Indonesia Koe yang lebih akrab disapa dengan sebutan DANA.

Kerja sama ini tentunya dapat memberikan harapan lebih baik bagi para kreator konten asal Indonesia karena akan membantu mereka mencairkan koin TikTok ke dalam bentuk uang dengan lebih mudah.

Sebelumnya, pencarian koin TikTok memang sudah bisa dilakukan. Hanya saja untuk melakukannya, pengguna memerlukan akun PayPal yang notabene masih cukup jarang dipakai oleh masyarakat awam.

Berbeda dengan layanan keuangan internasional itu, DANA terdengar lebih akrab bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Selain memiliki proses transaksi yang sederhana, pengguna TikTok pun dapat membuat akun DANA dengan lebih mudah.

Berbagai kemudahan ini pun juga menjadi keuntungan utama kolaborasi antara TikTok dan DANA. Pengguna tak perlu bersusah payah untuk mengubah koin TikTok menjadi saldo uang yang bisa dibelanjakan secara nyata.

Cara Mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo DANA

  1. Login ke dalam aplikasi TikTok menggunakan akun yang dimiliki
  2. Masuk ke bagian Profile dengan mengetuk tombol Me di sebelah kanan bawah
    Cara mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo - 1
  3. Ketuk ikon bertanda Rupiah (Rp) yang terdapat di bagian atas
    Cara mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo - 2
  4. Tekan tombol Ya untuk mengkonfirmasi bahwa usiamu memenuhi batas minimal
    Cara mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo - 3
  5. Klik tombol Tarik Saldo
    Cara mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo - 4
  6. Pilih nominal saldo yang akan diuangkan dalam akun DANA
  7. Ketuk tombol Tarik Saldo
  8. Masukkan Nomor Handphone yang terhubung dengan akun DANA
  9. Ketikan PIN akun keuangan digital tersebut

Secara otomatis, koin TikTok akan meluncur ke akun DANA yang dimiliki. Dengan begitu, kamu dapat membelanjakan jerih payah selama bermain jejaring sosial tersebut tak hanya untuk item-item di dalam aplikasi.

Namun supaya benar-benar berhasil saat menarik koin dari TikTok Wallet (nama fitur penyimpanan berbagai macam alat pembayaran TikTok), kamu perlu membuat akun DANA terlebih dahulu.

Pembuatan Akun DANA

  1. Pasang aplikasi DANA dari Google Play Store maupun Apple Apps Store sesuai perangkat yang digunakan
  2. Buka aplikasi dan ketik nomor telepon yang akan dihubungkan pada kolom di halaman pertama
    Cara mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo - 5
  3. Tekan Continue
  4. Pilih opsi Allow jika aplikasi meminta akses ke lokasi dan penyimpanan
    Cara mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo - 6
  5. Cek kode OTP yang diterima melalui pesan
  6. Masukkan kode tersebut ke dalam kolom yang muncul
    Cara mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo - 7
  7. Ketikan kode referral jika mempunyainya atau tekan Skip di pojok kanan atas bagi kamu yang ingin melewatinya
    Cara mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo - 8
  8. Buat PIN dan konfirmasi dengan menuliskan angka yang sama pada halaman selanjutnya
  9. Jika ingin mengaktifkan fitur Face Verification, tekan tombol Activate lalu ikuti petunjuk yang muncul
  10. Atau kamu bisa memilih Later jika ingin mengaturnya di kemudian hari

Setelah berhasil, layanan DANA siap untuk digunakan. Kamu selanjutnya bisa memanfaatkan akun tersebut untuk melakukan berbagai macam transaksi termasuk menarik dana dari TikTok Wallet.

Selain mempunyai akun DANA yang sudah aktif, penarikan saldo TikTok Wallet sayangnya tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Kamu perlu mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku di dalam layanan tersebut.

Ketentuan Penukaran Koin TikTok Jadi Saldo DANA

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku di platform DANA, TikTok pun memberikan syarat agar penarikan saldo dari layanannya dilakukan oleh pengguna yang berusia lebih dari 18 tahun.

Penarikan saldo tersebut pun hanya berlaku sehari sekali dengan perhitungan penukaran “10 Koin TikTok sama dengan Rp 1” dan bisa dilakukan maksimal hingga tujuh hari setelah program berakhir.

Selain itu, kamu bisa menarik Koin ke DANA jika memenuhi batas minimal saldo TikTok Wallet. Scara lebih rinci, setiap transaksi memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Ketentuan Batas Minimal Saldo TikTok Wallet

  • Penarikan pertama membutuhkan saldo TikTok Wallet minimal Rp 2.500
  • Penarikan kedua membutuhkan saldo TikTok Wallet minimal Rp 5.000
  • Penarikan ketiga membutuhkan saldo TikTok Wallet minimal Rp 8.000
  • Penarikan keempat membutuhkan saldo TikTok Wallet minimal Rp 15.000
  • Penarikan kelima membutuhkan saldo TikTok Wallet minimal Rp 300.000
  • Penarikan keenam dan seterusnya tidak membutuhkan saldo minimal TikTok Wallet

Dengan adanya ketentuan batas saldo minimal TikTok Wallet ini, kamu tentu harus terus berusaha mengumpulkan Koin agar jumlahnya memenuhi persyaratan. TikTok untungnya menyediakan sejumlah cara yang mudah dilakukan.

Langkah Memperoleh Lebih Banyak Koin TikTok

Undang Teman Dengan Kode Referral

  1. Masuk ke Profile pada aplikasi TikTok dengan mengetuk ikon paling kanan pada menu di bagian bawah
  2. Ketuk tombol Rp di bagian atas
  3. Klik tombol Undang
    Cara mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo - 9
  4. Pilih fitur berbagi yang akan digunakan seperti WhatsApp, Pesan, Facebook, Twitter, maupun salinan tautan
    Cara mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo - 10

Berdasarkan kebijakan TikTok, kamu berkesempatan memperoleh saldo hingga Rp 7.000 jika ada pengguna baru (maksimal hingga 10 orang) yang mengunduh aplikasi dan mendaftar ke dalam layanan melalui tautan atau menggunakan kode referral milikmu.

Kamu pun berkesempatan memperoleh tambahan saldo dalam bentuk Koin apabila para pengguna baru tersebut aktif selama lebih dari sepuluh menit setiap hari secara berurutan dalam jangka waktu 14 hari.

Tabel Perolehan Koin Dari Kode Referral

Jangka WaktuMinimal Koin yang  Diperoleh
3 Hari8.000
7 Hari15.000
14 Hari30.000

Dalam keterangan yang berbeda, TikTok pun menyebutkan bahwa mereka juga akan memberikan tambahan saldo hingga Rp 1.000 jika pengguna baru menggunakan aplikasi selama sepuluh menit pada tiga hari pertama, Rp 5.000 untuk hari keempat, dan Rp 10.000 apabila tembus tujuh hari berturut-turut.

Perlu diketahui, jumlah koin dan saldo yang diterima oleh setiap pengguna akan berbeda-beda. TikTok akan melakukan penilaian secara internal untuk menentukan jumlah hadiah dalam program referral.

Selain melalui referral, kamu pun bisa memperoleh tambahan Koin TikTok hanya dengan menonton video-video di halaman beranda sesuai target waktu dalam Misi Tonton Video.

Selesaikan Misi Tonton Video TikTok

Menyelesaikan misi menonton video-video TikTok menariknya tak mempunyai persyaratan apapun, kecuali batas minimal usia yang ditetapkan oleh layanan keuangan DANA untuk penarikan.

Kamu dalam hal ini hanya perlu menonton video dengan durasi hingga 30 menit setiap hari untuk menyelesaikan misi. Dengan begitu, kamu akan memperoleh tambahan hingga 15.000 Koin TikTok per hari.

Cara mengubah Koin TikTok Menjadi Saldo - 11

Namun tentu saja, jumlah Koin yang akan diterima tergantung pada seberapa lama kamu menonton tayangan-tayangan di layanan TikTok dimana meliputi 2.000 Koin untuk durasi lima menit, 7.000 Koin untuk lima belas menit, dan 15.000 untuk tiga puluh menit.

Baik program referral maupun misi menonton video memiliki periode promosi sendiri-sendiri. Kamu bisa mengecek ketentuan masing-masing program melalui aplikasi atau situs resmi TikTok.

Tinggalkan Komentar