Tips dan Trik

14 Fitur dan Kelebihan Android Q yang Wajib Kamu Tahu

Fitur dan Kelebihan Android Q Header

Gadgetren – Tahun 2019 bakal menjadi panggung bagi Android Q untuk memamerkan fitur baru dan kelebihannya. Untuk saat ini saja, sistem baru ini bahkan sudah muncul untuk umum melalui saluran betanya.

Setiap tahun, Google memang selalu mengembangkan versi baru untuk sistem Android. Tidak hanya memperbaiki permasalahan-permasalahan dari sistem sebelumnya, Google biasanya juga memberikan fitur-fitur baru di dalamnya.

Untuk Android Q sendiri, fitur-fitur baru yang bakal menjadi kelebihannya sudah mulai diperlihatkan ke publik oleh Google. Sepengetahuan kami, berikut ini beberapa fitur dan kelebihan dari sistem Android terbaru tersebut yang berhasil kami rangkum dari berbagai macam sumber.

14 Fitur dan Kelebihan Android Q

1. Kontrol Privasi yang Lebih Baik

Privasi menjadi salah satu fokus utama Google dalam mengembangkan Android Q. Untuk itu, Android Q akan mengizinkan pengguna mengelola privasi dengan lebih mudah dan leluasa.

Melalui sistem Android terbaru ini, pengguna bisa melihat dan mengatur bagaimana aplikasi maupun perangkat smartphone seharusnya mengumpulkan informasi, seperti lokasi atau data-data sensitif yang dimiliki pengguna.

Sistem baru ini juga bakal mencegah aplikasi berjalan di latar belakang, serta membatasi perangkat ke data-data permanen, seperti IMEI, nomor seri, dan pengidentifikasi sehingga keamanan lebih terjamin.

Untuk memperkuat keamanan perangkat, Google memindahkan framework otentikasi yang mendukung sensor biometrik ke level sistem pada Android Q. Selain itu, mereka pun telah menerapkan TLS 3 yang memiliki kinerja lebih baik dan lebih aman.

2. Mode Gelap yang Baru

Mode gelap merupakan salah satu permintaan populer dari para pengguna. Untuk itu, Google menghadirkannya di Android Q. Bagi yang sudah memasang sistem baru ini, dapat mengaktifkannya melalui Settings dan masuk ke bagian Display.

3. Notifikasi yang Lebih Membantu

Google melengkapi Android Q dengan panel notifikasi yang lebih pintar. Melalui panel yang baru, pengguna dapat terlibat dengan aplikasi secara lebih cepat tanpa membuka aplikasi tersebut.

Selain itu, panel notifikasi di Android Q juga akan lebih mempermudah pengguna untuk menemukan pemberitahuan yang paling baru sekaligus untuk mengelola pemberitahuan-pemberitahuan tersebut.

4. Navigasi Gesture yang Lebih Mirip iOS

Meskipun navigasi gesture sudah hadir sejak Android Pie, tetapi Android Q membawa navigasi yang benar-benar gesture seluruhnya. Bahkan pada sistem terbaru ini, Google menghilangkan panel navigasi yang ada di bagian bawah layar.

Sekarang untuk back, home, maupun recent, pengguna bisa menggunakan usapan layar dari sisi-sisi layar. Dari atas untuk home, dari sisi yang lain untuk back, serta usapan dari bawah dan tahan untuk recent.

5. Digital Wellbeing

Melanjutkan Android Pie, Digital Wellbeing juga menjadi tema utama Android Q. Dengan berbagai macam fitur di dalamnya, pengguna dapat menemukan keseimbangan dalam menggunakan smartphone.

Di Android Q sendiri, Google menambahkan fitur Focus Mode dan Family Link. Focus Mode dirancang agar pengguna lebih fokus saat melakukan sesuatu, seperti belajar atau bekerja. Family Link merupakan set perlengkapan kontrol parenting yang baru.

6. Live Caption

Berbekal sistem kecerdasan buatan yang semakin canggih untuk saat ini, Google menghadirkan fitur Live Caption di Android Q. Dengan fitur ini, pengguna dapat lebih mudah menikmati berbagai macam video dengan caption.

7. Akses Internet yang Lebih Baik

Selain meningkatkan kinerja Wi-Fi, Android Q juga dilengkapi dengan mode high performance dan low latency. Dengan mode ini, kinerja Wi-Fi akan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari aplikasi yang digunakan.

8. Dukungan Dynamic Depth untuk Aplikasi Foto

Melalui Android Q, Google menambahkan format gambar baru yang disebut dengan Dynamic Depth. Dengan format baru ini, aplikasi kamera pihak ketiga dapat mengambil gambar dengan latar samar (blur) dengan lebih baik.

9. Dukungan untuk Ponsel Lipat

Sejalan dengan tren smartphone lipat, Google mengoptimalkan Android Q supaya bisa bekerja dengan baik di ponsel jenis ini. Android Q bakal memiliki transisi yang lebih mulus dan membuat aplikasi atau game ditampilkan dengan lebih sesuai.

10. Berbagi Wi-Fi Lebih Mudah

Sejalan dengan kontrol privasi yang lebih mudah, Android Q dibekali dengan fitur berbagi Wi-Fi melalui kode QR. Fitur yang cukup mirip dengan yang dimiliki Xiaomi ini akan mempermudah pengguna berbagi Wi-Fi tanpa perlu menyebutkan SSID dan password ke orang lain.

11. Native Screen Recording

Native Screen Recording merupakan salah satu fitur yang telah diminta oleh pengguna sejak lama. Melalui Android Q, Google pun mewujudkan permintaan tersebut. Namun untuk bisa menggunakannya, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui Mode Pengembang.

12. Mode Desktop

Seperti halnya Samsung yang memiliki Samsung Dex, Android Q juga akan berubah menjadi tampilan desktop saat dihubungkan dengan monitor atau layar eksternal. Dengan tampilan ini, tentu saja pengguna lebih mudah untuk menikmati berbagai macam hal.

13. Halaman Info Aplikasi yang Lebih Informatif

Tampilan di halaman informasi dari masing-masing aplikasi juga mendapatkan perombakan oleh Google dalam Android Q. Sekarang, tampilannya menjadi lebih informatif, seperti jumlah pemberitahuannya, serta konsumsi data yang dipisah (Wi-Fi dan Seluler).

14. Sharing Shortcut

Jika sebelumnya Android memiliki menu berbagi yang lambat, Android Q cukup berbeda. Kini di dalamnya, Google menambahkan opsi Sharing Shortcut yang bisa digunakan untuk berpindah dari aplikasi satu ke yang lain untuk membagikan konten.

Agar bisa menikmati fitur dan kelebihan baru dari Android Q ini, Google telah membuka akses awalnya melalui program Beta. Untuk itu, pengguna yang ingin mencoba menginstal sistem ini ke perangkat yang mendukungnya.

Tinggalkan Komentar