Tips dan Trik

Apa Itu Android Q? Bagaimana Mendapatkannya?

Apa Itu Android Q Header

Gadgetren – Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Google bakal merilis versi Android baru, yakni Android Q. Entah bakal mengusung nama apa, tapi yang pasti banyak fitur baru di dalamnya.

Bagi yang belum tahu, Android Q adalah versi Android selanjutnya. Meskipun Android 9 Pie yang dikenalkan tahun lalu belum tersebar secara merata, namun Google sudah menyiapkan penerusnya itu.

Pada acara Google I/O 2019  kemarin, Google bahkan sudah mengenalkan sistem penerus ini kepada masyarakat umum. Dalam beberapa keynote-nya, Google sudah mengkonfirmasi beberapa rumor yang telah kami dengar sebelum tanggal rilis sistem operasi ini.

Sistem operasi baru Google ini bakal mengusung banyak peningkatan dan fitur baru di dalamnya. Beberapa di antaranya bahkan sudah dikonfirmasi di halaman blog milik Google, seperti Dark Theme, Live Caption, navigasi baru dan lain sebagainya.

Kabar baiknya, meskipun kemungkinan Google baru akan merilis Android Q secara umum pada bulan Agustus 2019 mendatang, tapi kini para pengguna (khususnya pengembang) sudah bisa mencicipinya.

Saat ini, Google sudah meluncurkan Android Q Beta 4, yang sudah tersedia untuk banyak, baik perangkat Google Pixel maupun beberapa perangkat non-Google seperti Essential Phone, ASUS ZenFone 5z, Huawei Mate 20 Pro, Nokia 8.1, dan lain sebagainya.

Para pengguna perangkat-perangkat tersebut, kini sudah bisa mengunduh dan menginstal sistem operasi baru ini. Khusus untuk perangkat Pixel, cara melakukannya bisa dilihat dari halaman berikut ini.

Namun untuk perangkat-perangkat non-Google, kamu bisa mengecek daftar perangkat yang mendukung Project Treble terlebih dahulu. Dan jika perangkatmu termasuk ke dalam Project Treble, kamu bisa mengunjungi halaman resmi masing-masing merek.

Sementara itu, khusus untuk pengguna perangkat-perangkat yang tidak masuk ke dalam Project Treble harus sedikit bersabar. Biasanya, Google baru akan mulai menyebarkan versi Android terbaru pada setiap bulan Agustus.

Penyebarannya pun biasanya akan dilakukan secara bertahap. Dan untuk Android Q sendiri, kemungkinan besar akan disebar sepanjang tahun 2019 ini hingga tahun 2020 mendatang, sampai Android penerusnya diluncurkan.

Saya sendiri pun sudah tidak sabar untuk mencoba sistem operasi baru ini. Namun, apakah kamu juga demikian?

Tinggalkan Komentar