Tips dan Trik

Shadow Ban TikTok – Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengeceknya?

Shadow Ban TikTok Cek Header

Gadgetren – Shadow ban memang sangat merugikan bagi para pembuat konten di layanan TikTok karena bisa menurunkan jumlah jangkauan video-video buatannya ke lebih banyak pengguna.

TikTok sayangnya tidak akan memberitahu saat mereka melakukan shadow ban kepada tagar maupun nama pengguna tertentu. Layanan tersebut juga belum memiliki fitur khusus yang bisa dipakai untuk mengeceknya.

Lalu bagaimana cara mudah mengecek apakah akun TikTok sedang terkena shadow ban atau tidak? Meskipun belum ada fitur atau layanan khusus untuk melakukannya, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan.

Namun sebelum membahasnya secara lebih rinci, mari berkenalan terlebih dahulu mengenai apa itu shadow ban yang ada di layanan TikTok lengkap dengan sejumlah penyebabnya.

Apa Itu Shadow Ban TikTok?

Shadow ban sebenarnya merupakan istilah umum yang cukup sering muncul di layanan dengan komunitas pengguna berjumlah sangat banyak seperti Twitter, Instagram, maupun blog.

Istilah ini merujuk kepada proses pemblokiran diam-diam terhadap pengguna maupun sebagian konten dari komunitas daring sehingga mereka tidak menyadarinya meski sedang terblokir.

Tujuannya adalah untuk menciptakan ekosistem komunitas yang lebih kondusif. Misalnya untuk menyembunyikan konten-konten terlarang atau pemicu keributan agar tidak mudah terlihat pengguna lain.

Dengan shadow ban yang diterapkan di dalam komunitas, orang-orang yang suka berbuat onar juga tidak akan menyadari bahwa mereka sedang terblokir sehingga tidak terpicu untuk membuat akun baru.

Layanan TikTok dengan jumlah pengguna yang terus berkembang tentu juga perlu melakukan hal tersebut, terutama untuk pembuat konten, video, dan tagar menyimpang.

Meskipun secara lebih rinci, hanya beberapa alasan tertentu yang dapat membuat TikTok melakukan shadow ban kepada para penggunanya. Adapun beberapa di antaranya termasuk sebagai berikut.

Penyebab Shadow Ban di TikTok

  • Mengunggah video dengan unsur terlarang seperti kekerasan, senjata, narkotika, hingga SARA
  • Menyalahi kebijakan layanan TikTok
  • Dilaporkan oleh banyak pengguna
  • Melanggar ketentuan Hak Cipta
  • Menggunakan tagar dan membuat konten yang dapat memperkeruh suasana di dunia nyata

Beberapa hal di atas hanya sebagian alasan yang bisa membuatmu terkena shadow ban dari TikTok. Di luar itu, masih ada banyak penyebab lain yang harus dihindari jika tak ingin kehilangan penggemar.

Supaya lebih yakin dalam menggunakannya, kamu pun bisa mengikuti beberapa langkah berikut untuk mengecek apakah akun kamu benar-benar terhindar dari shadow ban TikTok atau tidak.

Cara Mengecek Apakah Akun dan Tagar Terkena Shadow Ban

  1. Buka aplikasi TikTok menggunakan akun lain
  2. Masuk ke menu Discover
    Shadow Ban TikTok Cek Discover
  3. Ketikan nama pengguna yang kamu miliki atau tagar yang kamu gunakan pada kolom pencarian
  4. Tekan tombol Search
    Shadow Ban TikTok Cek Pencarian

Jika masih muncul di dalam halaman pencarian maka artinya akun atau tagarmu masih aman. Namun jika sama sekali tidak terlihat, maka kamu perlu melakukan beberapa upaya agar segera terpulihkan.

Tips Saat Terkena Shadow Ban di TikTok

  • Hapus video yang memuat konten atau tagar terlarang
  • Minimalisir aktivitas akun TikTok seperti mengunggah video selama shadow ban
  • Rajin-rajin mengecek akun dari shadow ban karena durasinya bisa berbeda-beda
  • Tunggu sampai kondisi di dunia nyata lebih kondusif

Upaya-upaya di atas memang tidak serta merta dapat menyembuhkan akun kamu apalagi jika sebenarnya ban yang dilakukan bersifat permanen. Namun setidaknya bisa membersihkan akun dari penyebab pemblokiran.

Tinggalkan Komentar