ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tekno

Ini Bedanya Aplikasi TikTok Lite dan TikTok

Bedanya Aplikasi TikTok Lite dan TikTok Header

Gadgetren –  ByteDance menyediakan dua versi aplikasi untuk penggunanya, yaitu TikTok dan TikTok Lite yang sama-sama dirancang untuk berbagi dan menonton video pendek.

Meski memiliki tujuan yang sama, keduanya menawarkan pengalaman yang sedikit berbeda berdasarkan kebutuhan dan preferensi pengguna. Maka dari itu pemilihan antara TikTok dan TikTok Lite tergantung pada kebutuhan dan spesifikasi perangkat yang digunakan.

TikTok Lite bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menghemat ruang penyimpanan, data, dan daya baterai. Sementara aplikasi TikTok biasa memberikan pengalaman pengguna yang lebih kaya dengan fitur yang lebih lengkap. Lalu apa saja yang membedakan?

Ukuran Aplikasi

Aplikasi TikTok memiliki ukuran yang lebih besar karena mencakup lebih banyak fitur dan data tambahan. Sedangkan TikTok Lite dirancang untuk menghemat ruang penyimpanan sehingga memiliki ukuran aplikasi yang lebih kecil.

Saat aplikasi TikTok biasanya lebih dari 300 MB, TikTok Lite memiliki ukuran yang lebih kecil sekitar 30 MB yang membuatnya lebih mudah diunduh dan dipasang di perangkat dengan kapasitas penyimpanan terbatas.

Kinerja dan Konsumsi Sumber Daya

Kinerja aplikasi TikTok memerlukan lebih banyak sumber daya perangkat baik itu RAM atau prosesor untuk dijalankan dengan lancar sehingga perlu membutuhkan spesifikasi ponsel yang memadai.

Sementara itu TikTok Lite dioptimalkan untuk ponsel dengan spesifikasi rendah sehingga lebih hemat dalam penggunaan baterai dan data. Jadi tetap lancar dijalankan walaupun ponsel memiliki kinerja yang terbatas.

Fitur-Fitur TikTok

Aplikasi TikTok biasa menyediakan semua fitur secara lengkap termasuk berbagai filter, efek, alat pengeditan video yang lebih canggih, live streaming, dan dukungan untuk menonton video dalam resolusi tinggi. Kemudian juga dapat melihat ID atau akun yang diawali @ dari pengguna lainnya di halaman profil.

Sedangkan TikTok Lite memiliki fitur dasar untuk menonton dan membuat video. Namun beberapa fitur canggih mungkin tidak tersedia atau terbatas misalnya opsi pengeditan mungkin lebih sedikit dan tidak semua filter atau efek yang ada tersedia juga di TikTok Lite.

Kecepatan dan Penggunaan Data

Aplikasi TikTok memiliki lebih banyak fitur dan elemen grafis oleh karenanya penggunaan data mungkin lebih tinggi dan kecepatan pemuatan bisa lebih lambat jika jaringan lemah. Sedangkan TikTok Lite dirancang untuk menghemat data dan bekerja lebih cepat di jaringan yang lambat sehingga lebih efisien dalam penggunaan data dan lebih cepat dalam memuat konten.

TikTok Lite Tidak Punya TikTok Shop

TikTok Shop menjadi salah satu fitur utama yang sering tidak tersedia di TikTok Lite. TikTok Shop memungkinkan kamu dapat berbelanja langsung sehingga membutuhkan integrasi lebih kompleks dan sumber daya lebih besar.

Hal ini mungkin kurang cocok dengan tujuan TikTok Lite yang dirancang untuk menghemat ruang penyimpanan dan data. Jika kamu tertarik menggunakan TikTok Shop, maka kamu disarankan untuk menggunakan aplikasi TikTok versi standar.

Aplikasi TikTok dan TikTok Lite tersedia secara luas di berbagai negara. Hanya saja TikTok Lite sering kali digunakan di wilayah-wilayah dengan infrastruktur internet yang kurang stabil.

Untuk tampilan antarmuka dari keduanya untung saja masih tergolong mirip sehingga kamu dapat dengan mudah menavigasi dan menemukan konten apapun aplikasi yang digunakan.

Baik TikTok maupun TikTok Lite juga menggunakan algoritma rekomendasi yang kuat untuk menampilkan video yang relevan dan menarik berdasarkan interaksi pengguna. Kedua aplikasi ini juga memungkinkan pengguna dapat terhubung dengan komunitas global.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar