Tips dan Trik

Yakin Aman? Begini Lho Cara Cek Shadow Ban di Twitter

Cek Shadowban Twitter Header

Gadgetren – Supaya ekosistem yang dikembangkannya aman dan sehat, sebagian perusahaan teknologi umumnya akan langsung menindak akun maupun unggahan yang melanggar ketentuan layanan.

Terdapat banyak tindakan yang mereka gunakan mulai dari memperingatkan pengguna, menghapus unggahan dengan konten tidak sesuai, hingga memblokir akun-akun yang melakukan pelanggaran berat.

Sejak tahun 2014, Twitter sebagai salah satu layanan media sosial populer bahkan tercatat melakukan tindakan yang disebut dengan Shadow Ban untuk membuat para pengguna tak bertanggung jawab jera.

Shadow Ban sendiri termasuk hukuman yang sangat menjengkelkan. Pasalnya, pengguna tidak akan mengetahui apakah akun Twitter mereka sedang terkena tindakan tersebut atau tidak.

Apa itu Shadow Ban? Bagaimana cara mengeceknya di layanan Twitter? Jika penasaran dengan hal tersebut, kamu berada di artikel yang tepat karena kali ini saya akan mencoba mengulasnya secara lebih mendalam.

Mengenal Shadow Ban di Twitter

Shadow Ban merupakan tindakan pemblokiran yang diterapkan secara diam-diam untuk membatasi distribusi dan visibilitas akun maupun konten tanpa disadari oleh para pengguna terkait.

Di layanan Twitter, seseorang yang terkena Shadow Ban umumnya masih bisa masuk ke dalam akun, membuat cuitan, merangkai sebuah utas, atau membalas komentar seperti waktu normal.

Hanya saja tanpa disadari, akun hingga cuitan dari pengguna tersebut tidak akan tampak oleh orang lain. Visibilitas dan distribusinya akan dibatasi, bahkan pada fitur pencarian sehingga susah untuk ditemukan.

Tindakan mengenai praktik Shadow Ban di Twitter merujuk pada Persyaratan Layanan pada bagian “Menggunakan Layanan” yang mengungkapkan bahwa mereka dapat membatasi distribusi dan visibilitas konten apa pun.

Karena dirancang agar pengguna tidak menyadarinya, kamu tentu harus mengecek secara mandiri jika merasa ada yang aneh pada akunmu seperti sudah mulai jarang mendapatkan balasan cuitan atau tanda suka.

Cara Mengecek Shadow Ban di Twitter

Menggunakan Kolom Pencarian Twitter

  1. Buka peramban dan aktifkan mode incognito
  2. Kunjungi halaman https://twitter.com/explore
  3. Ketikan from:username di kolom pencarian (jangan lupa mengubah username dengan nama penggunamu)
  4. Ketuk tombol Enter atau Search

Coba untuk beralih dari tab Top, Latest, People, Photos, hingga Videos untuk memastikan bahwa akunmu muncul di halaman tersebut. Karena jika tidak, kemungkinan besar kamu terkena Shadow Ban dari Twitter.

Akun yang bebas dari Shadow Ban umumnya akan muncul minimal pada salah satu tab di halaman tersebut. Ini bahkan berlaku untuk pengguna yang mengaktifkan fitur proteksi cuitan atau menguncinya.

Mengecek Shadow Ban di Twitter juga bisa dilakukan menggunakan layanan pihak ketiga seperti Shadowban.eu. Kamu bisa menggunakannya dengan sangat mudah asalkan akunmu tidak digembok.

Menggunakan Layanan Pihak Ketiga

  1. Buka gembok untuk sementara waktu
  2. Kunjungi halaman https://shadowban.eu/ dengan peramban
  3. Ketik nama pengguna di kolom username
    Cek Shadowban Twitter 1
  4. Tekan tombol Check
  5. Tunggu hasilnya

Layanan Shadowban.eu akan menampilkan informasi secara lebih lengkap mengenai jenis pemblokiran apa saja yang terjadi pada akun milik para pengguna karena Shadow Ban memang bisa dilakukan secara parsial (sebagian).

Yang paling disayangkan, belum ada langkah khusus yang bisa ditempuh untuk mengembalikan akun ke kondisi normal secara langsung ketika pengguna terkena Shadow Ban apalagi jika pemblokiran bersifat permanen.

Para pengguna hanya bisa mencoba beberapa tips berikut untuk meminimalisir kesalahan yang dapat mengakibatkan pemblokiran menjadi semakin lama dari waktu yang ditetapkan sebelumnya.

Tips Untuk Akun yang Terkena Shadow Ban di Twitter

  • Hapus semua konten yang dirasa melanggar
  • Batasi pemakaian akun selama beberapa waktu, kalau perlu jangan digunakan
  • Cek Shadow Ban berulang-ulang karena biasanya mempunyai durasi berbeda untuk setiap pengguna

Shadow Ban di Twitter berlaku untuk pengguna yang melanggar ketentuan layanan di dalamnya. Asalkan bertindak sesuai dengan itu, akunmu tentunya akan terhindar dari pemblokiran diam-diam tersebut.

Twitter tentu bukan satu-satunya perusahaan yang menerapkan Shadow Ban kepada pengguna yang membuat onar. Layanan jejaring sosial seperti TikTok pun menerapkan hal yang sama sehingga kamu pun tak boleh berbuat seenaknya.

Tinggalkan Komentar