Review Smartwatch

Review Honor Watch GS Pro – Smartwatch Outdoor dengan Baterai Tahan Lama

Honor Watch GS Pro

HONOR Watch GS Pro tampil berbeda dibandingkan dengan perangkat wearable HONOR lainnya. Ketika dilihat sekilas saja sudah dapat diketahui bahwa smartwatch yang satu ini adalah jam yang ditujukan untuk aktivitas luar ruangan.

HONOR Watch GS Pro menghadirkan beberapa keunggulan seperti baterai yang tahan sangat lama, fisik yang tangguh di berbagai situasi, dan fitur-fitur penunjang aktivitas luar ruangan.

Dijual dengan harga Rp2.999.000 otomatis menempatkan HONOR Watch GS Pro di pasar jam pintar kelas menengah dan sedikit lebih mahal dibandingkan saudaranya HONOR Magic Watch 2.

HONOR Watch GS Pro
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 7/10
    7/10
  • Baterai - 10/10
    10/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.2/10

Ringkasan

Honor Watch GS Pro adalah jam yang bagus untuk aktivitas luar ruangan. Baterai tahan lama, GPS bawaan, desain yang tangguh, dan berbagai fitur aktivitas luar ruangan. Namun fitur dasar jam pintarnya kurang memadai.

Pros

  • Baterai tahan lama dan diisi cepat
  • GPS bawaan yang cepat pengunciannya
  • Desain yang tangguh
  • Fitur aktivitas luar ruangan yang melimpah

Cons

  • Fitur notifikasi kurang bermanfaat
  • Minim dukungan aplikasi pihak ketiga
  • Always on Display kurang terang

Desain

Honor Watch GS Pro

Desain fisik HONOR Watch GS Pro mengingatkan saya pada jam G-SHOCK yang dulu pernah saya miliki. Ukurannya besar, menggunakan material plastik yang kokoh, dan kental dengan kesan berpetualang.

Walaupun jam ini ditujukan untuk penggunaan luar ruangan, menurut saya desainnya tidak terlalu terkesan “outdoor” sehingga masih cocok digunakan untuk situasi kasual atau formal.

Pada bezel jamnya terdapat ukiran kompas yang hanya untuk dekorasi saja karena bezelnya sendiri tidak dapat diputar dan fungsi kompas dapat diakses melalui aplikasi digital yang ada di dalam jamnya.

Terdapat dua tombol di sisi kanan jam yang terbuat dari besi tahan karat. Tombol bagian atas berfungsi sebagai tombol menu atau home dan tombol bagian bawah berfungsi untuk menampilkan menu olahrga atau dapat dapat diganti dengan fungsi lain.

Honor Watch GS Pro

Di bagian belakang jamnya terdapat sensor detak jantung, lubang speaker, dan pin untuk pengecasan jamnya menggunakan charger magnetik.

Seperti fisik jamnya, tali jam bawaan HONOR Watch GS Pro terlihat dan terasa kokoh. Tali jamnya dapat diganti dengan mudah karena menggunakan model quick release standar ukuran 22m.

HONOR Watch GS Pro terasa nyaman dan tidak berat di pergelangan tangan saya. Jam ini tahan air hingga 5 ATM dan sudah tersertifikasi MIL-STD-810G yang berarti tahan di berbagai situasi seperti suhu rendah, benturan, hingga lokasi di ketinggian.

Layar dan Performa

Honor Watch GS Pro

HONOR Watch GS Pro menggunakan layar AMOLED berukuran 1,39″ dengan resolusi 454×454 piksel. Kualitas tampilan layarnya sudah terang dan tajam untuk sebuah jam pintar. Saya tidak kesulitan melihat tampilan layar jam ini di bawah terik matahari.

Secara bawaan, tampilan jam hanya aktif untuk beberapa saat. Untungnya HONOR Watch GS Pro dapat mendeteksi pergerakan tangan layaknya gerakan melihat jam untuk kemudian diaktifkan layar secara otomatis.

Jika diinginkan tersedia fitur Always on Display agar jam tetap aktif namun dengan tampilan jam yang berbeda. Fitur ini pastinya akan menguras baterai jam lebih cepat dan sayangnya tingkat kecerahan layar di mode Always on Display agak redup serta tidak dapat disetel manual.

Tidak terangnya mode Always on Display membuat fitur ini mubazir ketika jamnya digunakan di bawah terik matahari. Apalagi ini adalah jam yang ditujukan untuk penggunaan luar ruangan.

Baik tampilan jam standar maupun tampilan Always on Display dapat diganti dengan tampilan bawaan. Khusus untuk tampilan jam standar, dapat diinstal tampilan jam tambahan melalui aplikasi pendamping.

Selama saya menggunakan HONOR Watch GS Pro, saya tidak menemukan kendala berarti pada performa jamnya. Animasi pada tampilan jam terlihat kurang halus dan kadang ada lag tapi tidak sampai tahap mengganggu. Layar sentuhnya juga terasa sedikit lambat merespons sentuhan jari saya.

Fitur

Honor Watch GS Pro

Sebagai sebuah jam pintar, HONOR Watch GS Pro dilengkapi dengan banyak fitur. Namun untuk dapat menggunakan jam ini perlu diinstal terlebih dahulu aplikasi Huawei Health di handphone Android atau iOS.

Aplikasi HUAWEI Health sebetulnya tersedia di Google Play namun sayangnya versi aplikasinya tidak sebaru dengan yang ada di toko aplikasi HUAWEI AppGallery. Ini mungkin akan membingungkan penggunanya terutama bagi yang awam.

Untungnya setelah aplikasi HUAWEI Health terinstal, proses pengkoneksian antara handphone dengan jamnya berjalan dengan mudah tanpa kendala.

Honor Watch GS Pro - Health

Aplikasi HUAWEI Health berfungsi sebagai dashboard untuk aktivitas yang sudah dilakukan dan data kesehatan pribadi. Selain itu juga berfungsi untuk mengatur setelan sistem jam HONOR Watch GS Pro, pembaruan firmware, dan penambahan aplikasi pihak ketiga di dalam jamnya. Sayangnya aplikasi tambahan yang tersedia saat ini sangat minim dan belum ada aplikasi populer.

Satu fungsi lain dari HUAWEI Health adalah untuk memasukkan musik ke dalam HONOR Watch GS Pro. Musik dapat langsung dimainkan dalam jamnya dan didengungkan melalui speaker bawaan. Volume speaker-nya sangat kencang untuk sebuah jam namun kualitas suaranya tidak jernih, lebih baik menggunakan headphone nirkabel melalui koneksi bluetooth.

Berbicara soal speaker, HONOR Watch GS Pro bisa digunakan untuk menerima panggilan telepon seluler. Suara lawan bicara terdengar cukup jelas dan menariknya suara saya terekam dengan baik. Fitur telepon ini mungkin bermanfaat di situasi tertentu seperti ketika melakukan panjat tebing yang mana kedua tangan sulit untuk bermanuver memegang handphone.

Honor Watch GS Pro

Sebagai sebuah jam pintar, HONOR Watch GS Pro tentu memiliki fitur penampilan notifikasi yang ada di handphone. Penyetelan notifikasi dilakukan melalui aplikasi HUAWEI Health dan secara bawaan semua aplikasi di handphone tidak ditampilkan notifikasinya. Perlu diaktifkan satu-satu aplikasi mana saja yang ingin terlihat notifikasinya.

Fitur notifikasi ini sayangnya terlalu dasar dan terkadang tidak dapat diandalkan. Notifikasinya di satu waktu otomatis muncul di tampilan jamnya dan di waktu lain hanya getar saja, entah apa faktor penyebabnya.

Kebanyakan notifikasi yang muncul pun tidak dapat ditindaklanjuti seperti membalas pesan WhatsApp. Untuk menghapus notifikasi dari jamnya juga tidak dapat dilakukan satu per satu melainkan harus semuanya sekaligus dengan sebuah tombol.

Honor Watch GS Pro

Ada 3 monitor kesehatan di HONOR Watch GS Pro yaitu monitor detak jantung, SpO2 (kadar oksigen dalam darah), dan tidur atau stres. Untuk deteksi detak jantung, hasilnya cukup akurat ketika saya sandingkan dengan pendeteksi detak jantung medis. Deteksi detak jantung dapat disetel otomatis dilakukan tiap beberapa waktu atau bahkan tiap saat.

Untuk monitor SpO2 saya sendiri tidak dapat memastikan apakah hasilnya mendekati akurat atau tidak namun hasilnya tidak berbeda jauh dibandingkan dengan jam pintar lain yang saya gunakan. Hanya saja proses pendeteksian Sp02 sering gagal ketika saya coba.

Fitur monitor tidur yang disediakan cukup pintar dalam mendeteksi kapan saya hanya sedang tertidur bentar dan kapan saya sedang tidur panjang di malam hari. Hasil pendeteksian tidur saya disajikan dengan visual yang menarik untuk memperlihatkan seberapa bagus kualitas tidur saya.

Perlu dicatat, keseluruhan fitur monitor kesehatan di jam ini bermanfaat untuk referensi pribadi namun tidak dapat digunakan untuk kepentingan medis.

Honor Watch GS Pro

Sebagai sebuah jam yang ditujukan untuk aktivitas luar ruangan, HONOR Watch GS Pro dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung yang menarik dan juga memiliki GPS yang cukup cepat penguncian lokasinya.

Fitur yang paling saya senangi adalah fitur Route Back di mana jamnya dapat menunjukkan cara kembali ke titik awal perjalanan ketika sedang menggunakan salah satu pilihan workout pada jamnya. Saya sendiri senang berjalan menyusuri hutan dan terkadang tersasar, fitur ini akan sangat membantu di situasi tersebut yang mana biasanya minim koneksi jaringan seluler.

Untuk memonitor aktivitas olahraga, tersedia banyak jenis aktivitas yang bisa dipilih mulai dari berjalan kaki, berlari, hingga mendaki gunung. HONOR Watch GS Pro juga otomatis menyarankan pengaktifan mode monitor aktivitas olahraga ketika saya sedang olahraga dadakan.

Jika saya duduk dalam waktu yang lama, HONOR Watch GS Pro juga otomatis menyarankan saya untuk menggerakkan tubuh. Fitur yang bermanfaat bagi yang sering bekerja di belakang meja agar badan tidak kaku.

Fitur-fitur bermanfaat lainnya dari jam ini adalah barometer, cuaca, kompas digital, siklus matahari dan bulan, hingga gelombang ombak. Semua fitur ini dapat membantu aktivitas luar ruangan menjadi lebih mudah.

Baterai

Honor Watch GS Pro

Satu hal yang sangat bagus dari HONOR Watch GS Pro adalah daya tahan baterainya. Di mode standar dan saya gunakan hanya sebagai smarwatch, kapasitas baterai jamnya hanya berkurang 13% dalam waktu 6 hari.

Jika mode Always on Display diaktifkan, baterainya tahan selama 18 hari dari level baterai 100% ke 10%. Ketahanan daya baterai ini patut diacungi jempol untuk sebuah jam pintar.

Pengecasan baterai HONOR Watch GS Pro dilakukan dengan charger magnetik bawaan jamnya. Posisi pengecasan jamnya agak canggung karena tali jam bawaannya yang kaku sehingga jam perlu ditegakkan dan lalu charger ditempel di bagian belakangnya.

Proses pengecasan baterai berlangsung dengan cukup cepat. Hanya membutuhkan waktu 1 jam 34 menit untuk mengisi daya baterai jamnya dari level 10% ke 100%.

Kesimpulan

Honor Watch GS Pro

Honor Watch GS Pro adalah jam yang bagus untuk aktivitas luar ruangan. Baterainya tahan lama, GPS bawaan yang mumpuni, desain yang tangguh, dan tersedia berbagai fitur aktivitas luar ruangan yang bermanfaat.

Namun sebagai sebuah jam pintar, ada banyak kekurangan pada jam ini terutama fungsi dasar jam pintar seperti notifikasi yang kurang bermanfaat dan dukungan aplikasi pihak ketiga yang sangat minim.

Dengan melihat kekurangan dan kelebihannya, saya pribadi menyukai jam ini dan merekomendasikannya untuk kamu yang suka berpetualang.

Harga dan Spesifikasi HONOR Watch GS Pro

Dimensi & Berat48 x 48 mm, 45,5g (tanpa tali jam)
WarnaCharcoal Black, Marl White, Camo Blue
LayarAMOLED 1,39”
454 x 454 piksel
GPSGPS + GLONASS
Ketahanan Air5 ATM
SertifikasiMIL-STD-810G: tekanan udara, suhu tinggi, suhu rendah, kejutan termal, radiasi solar, hujan, rendaman air, semprotan garam, pasir, kelembapan, getaran, benturan, lokasi altitud tinggi, kontaminasi cairan
MonitorDetak jantung, SpO2, tidur / stres
SpeakerSpeaker mono
HargaRp2.999.000

Tinggalkan Komentar