Aksesoris Review

Review Mi True Wireless Earbuds Basic 2 – Simple dan Minimalis dengan Bass Nendang

Review Mi True Wireless Earbuds Basic 2 Header

Gadgetren –  Mi True Wireless Earbuds Basic 2 telah resmi dihadirkan oleh Xiaomi di Tanah Air bersama dengan beberapa perangkat lainnya pada awal bulan November 2020.

Dibanderol dengan harga Rp 249.000 pada saat peluncurannya, True Wireless Earbuds Basic 2 tampaknya bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menginginkan perangkat TWS (True Wireless Stereo). Apalagi jika kamu memang sudah menggunakan handphone Xiaomi.

Namun sebelum meminangnya, ada baiknya melihat ulasan Mi True Wireless Earbuds Basic 2 berikut ini untuk memastikan apakah sesuai dengan keinginan kamu atau tidak.

Review Mi True Wireless Earbuds Basic 2
  • Audio - 7/10
    7/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Fitur - 6/10
    6/10
  • Desain - 8/10
    8/10
7.3/10

Kesimpulan

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 merupakan perangkat TWS yang cukup menjanjikan berkat harganya yang terjangkau dan kemampuannya dalam menghasilkan bass. Dengan desain minimalis, tentunya tetap ada kompromi yang Xiaomi ambil untuk bisa menghadirkannya pada harga tersebut.

Pros

  • Daya tahan baterai oke
  • Tombol perintah responsif
  • Desain minimalis dan pas di telinga
  • Bass nendang
  • Harga cukup terjangkau

Cons

  • Tidak dibekali kabel micro USB
  • Sedikit delay saat gaming
  • Frekuensi low kurang optimal
  • Fitur perintah terbatas

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 tampil dengan bodi casing yang tidak kalah ringkasnya dibandingkan realme Buds Air berkat dimensinya yang hanya 62 x 40 x 27,2 mm. Begitu juga untuk setiap earbud-nya yang punya ukuran tergolong mungil.

Hal ini tentu membuat perangkat TWS besutan Xiaomi yang satu ini lebih mudah untuk disimpan di saku celana tanpa membuatnya terlalu terlihat menyembul ke luar. Bobot yang dimilikinya pun cukup ringan sehingga tidak terlalu terasa seperti beban tambahan ketika disimpan maupun digunakan.

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 Case Buds Flatlay

Balutan lapisan doff berwarna hitam semakin membuat Mi True Wireless Earbuds Basic 2 tampil minimalis dan akan serasi dengan berbagai perangkat elektronik lainnya. Hanya saja, material plastik yang digunakan terasa cukup ringkih sehingga mengurangi pesonanya ketika diggenggam.

Pada bagian casing terdapat lampu indikator pengecasan untuk mengetahui apakah sudah penuh atau belum. Namun sayangnya lampu tersebut tidak menyala ketika casing dibuka sehingga sedikit menyulitkan untuk mengetahui sisa baterai yang dimiliki.

Sementara pada bagian belakangnya terdapat port micro USB yang digunakan untuk pengisian daya. Xiaomi tidak menyediakan kabel micro USB pada paket penjualannya sehingga kamu harus siap sedia sendiri, termasuk adaptornya.

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 Port

Beralih ke earbud, Xiaomi memilih desain yang cukup berbeda dibandingkan para kompetitor. Setiap earbud punya ukuran yang tidak lebih besar dari ujung ruas telunjung sehingga dapat menempel dengan pas pada telinga.

Earbuds dapat terjaga di posisinya dengan cukup baik ketika saya gunakan mendengarkan musik sambil berjalan, namun masih dapat lepas ketika saya menggoyangkan kepala secara cepat. Xiaomi sendiri menyediakan tiga ukuran tips (S, M, dan L) dalam paket penjualan agar bisa lebih disesuaikan dengan telinga pengguna.

Baik earbud kiri dan kanan masing-masing memiliki tombol pada sisi luarnya yang bisa digunakan untuk memberi perintah meliputi tekan sekali untuk memutar/menjeda musik, tekan sekali untuk menjawab/menutup panggilan, tahan untuk menolak panggilan masuk, dan tekan dua kali untuk mengaktifkan fitur bantuan suara.

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 Earbuds

Untuk bisa menggunakan Mi True Wireless Earbuds Basic 2 pun terbilang sangat mudah, dimana kamu hanya cukup melakukan pairing seperti perangkat lainnya melalui koneksi Bluetooth. Tanpa perlu menekan tombol apapun, earbud akan langsung terdeteksi ketika dikeluarkan dari casing.

Setelah menekan tombol pairing, maka Mi True Wireless Earbuds Basic 2 dapat langsung digunakan untuk mendengarkan musik, menonton film, atau bermain game. Jika mengalami kendala, maka bisa menahan tombol samping selama 15 detik untuk melakukan proses reset.

Yang perlu menjadi catatan, Xiami tidak menyediakan aplikasi khusus sehingga informasi yang diberikan sangat terbatas mulai dari kapasitas baterai hingga fungsi fitur.

Oleh karena itu, saya sedikit kesulitan untuk mengetahui secara cepat berapa banyak baterai yang tersisa. Setidaknya, lampu indikator yang ada di kedua earbuds bisa sedikit membantu karena akan akan berwarna putih jika terisi penuh dan merah ketika dicas.

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 Earbuds Dalam Case

Kemampuan untuk langsung terhubung atau Auto Connect yang hadir pada Mi True Wireless Earbuds Basic 2 membuat pengalaman pemakaian secara keseluruhan terasa sangat praktis.

Saya tidak perlu perlu memikirkan hal lain karena dapat membuka dan langsung menggunakannya tanpa kendala. Apalagi dukungan Bluetooth 5.0 yang dihadirkan memberi jangkauan sinyal yang sudah tergolong mencukupi.

Soal kualitas audionya sendiri, Mi True Wireless Earbuds Basic 2 di kelas harganya mampu menghasilkan suara yang mencukupi dan jelas. Menjagokan sound unit 7,2mm dan teknologi DSP Noise Cancellation, apa yang ditawarkan sesuai dengan harga yang diminta.

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 mempunyai ciri khas audio yang sangat nge-bass terutama ketika mendengarkan musik genre EDM. Walaupun begitu, suara vokal masih tetap terdengar jernih ketika mendengarkan musik Pop.

Hanya saja yang perlu menjadi perhatian, frekuensi low sayangnya cukup tenggelam sehingga beberapa instrumen terkadang tidak terdengan jelas karena tertutup oleh bass yang terlalu kuat. Namun untuk di kelas harga ini rasanya tidak terlalu menjadi masalah karena memang banyak yang lebih mementingkan bass.

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 Earbuds Dipakai

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 juga mampu menyegel lubang telinga dengan baik sehingga suara sekitar tidak terlalu mengganggu pengalaman mendengarkan musik, walau tidak sebaik teknologi Active Noise Cancellation. Segel kedap udara tersebut pun menjadi salah satu alasan mengapa efek bass yang diberikan sangat terasa

Pastinya bagi kamu yang senang dengan bass bertenaga pastinya bakal puas dengan perangkat TWS yang satu ini. Bahkan saya bisa mengatakan bahwa tingkat bass yang diberikan sedikit memberikan efek sinematis layaknya berada di bioskop pada tingkat volume tinggi.

Menariknya, Mi True Wireless Earbuds Basic 2 dibekali kemampuan yang memungkinkannya berganti mode antara Mono dan Stereo secara otomatis tergantung pemakaian pengguna. Namun saya merasa tidak ada perbedaan audio sama sekali ketika menggunakan satu earbud atau keduanya.

Apalagi perangkat TWS besutan Xiaomi ini juga tidak dibekali dengan sensor proximity sehingga tidak dapat mendeteksi apakah perangkat tengah digunakan atau tidak dan selalu memutar musik jika belum dimatikan.

Sementara bagi kamu yang berencana untuk menggunakannya sambil bermain game, Mi True Wireless Earbuds Basic 2 rasanya punya latensi di atas rata-rata karena suara efek sedikit terlambat sepersekian detik. Namun, saya mengganggap hal tersebut masih dapat ditolerir dan tidak akan terlalu mengganggu pengalaman bermain.

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 Pengaturans

Lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya? Dibekali kapasitas 43mAh untuk setiap earbud dan 300mAh untuk casing, Xiaomi mengklaim bahwa perangkat ini dapat digunakan hingga 4 jam atau secara total 12 jam.

Dalam pengujian nyatanya, Mi True Wireless Earbuds Basic 2 mampu untuk saya gunakan mendengarkan Spotify pada volume 100% hingga sekitar 4 jam 5 menit secara terus menerus. Cukup lumayan untuk ukurannya yang terbilang mungil.

Alhasil apa yang diklaim oleh Xiaomi memang terbukti benar dalam sisi daya tahan baterai. Sementara untuk pengisiannya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam baik itu earbud maupun casing agar kembali penuh.

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 Digenggam

Secara keseluruhan Mi True Wireless Earbuds Basic 2 terlihat menjanjikan bagi pengguna yang ingin merasakan pengalaman TWS yang praktis dan mudah. Terdapat beberapa hal yang cukup saya sukai, namun di sisi lain ada hal yang masih perlu ditingkatkan.

Melihat harga yang dibanderolnya, saya rasa hal-hal yang menjadi kompromi masih dapat dimaklumi jika memang merasa tidak terlalu penting. Yang pasti, Mi True Wireless Earbuds Basic 2 dapat memberikan pengalaman audio yang lebih nyaman.

Tinggalkan Komentar