Aksesoris Review

Review HONOR CHOICE True Wireless Earbuds – Tanpa Repot, Sanggup Dipakai Seharian Penuh

Review HONOR CHOICE True Wireless Earbuds Header Marked

Gadgetren – Tidak mau ketinggalan gelombang tren perangkat TWS, HONOR akhirnya turut menghadirkan HONOR CHOICE True Wireless Earbuds di Indonesia.

Produk yang merupakan hasil kerjasama antara HONOR dan MOECEN ini menjadi salah satu perwakilan dari strategi 1+8+N dimana huruf N mengartikan produk IoT seperti HONOR CHOICE True Wireless Earbuds.

Dengan banyaknya bermunculan perangkat TWS saat ini, apa yang membuat HONOR CHOICE True Wireless Earbuds berbeda dibandingkan kompetitornya? Ini ulasan saya.

Spesifikasi Produk

Berdasarkan informasi pada situs resminya, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds memiliki berbagai fitur yang terlihat menjanjikan. Perangkat ini digadang memiliki baterai yang dapat bertahan secara total selama 24 jam penggunaan.

HONOR mempercayakan baterai 55mAh untuk setiap earbuds dan 500mAh sebagai pengisian cadangan di dalam casing untuk sumber keidupan perangkat TWS ini.

Review HONOR CHOICE True Wireless Earbuds Case Marked

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds juga didukung teknologi Dual-microphone Noise Cancellation agar suara dapat terdengar jelas ketika bertelepon dan rating IP54 yang mengartikan bahwa telah tahan terhadap cipratan air maupun debu.

Yang tidak kalah penting, HONOR membenamkan speaker diaphragm komposit 7mm untuk memberikan pengalaman mendengarkan musik imersif dengan kualitas suara premium melalui konektivitas Bluetooth 5.0.

Untuk fisiknya sendiri, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds hadir dengan balutan warna putih glossy baik untuk charging case maupun earbuds dengan desain yang masih cukup compact. Bobot yang dimiliki pun terbilang ringan dimana earbuds hanya 4,4 gram dan 38,3 gram untuk charging case.

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds Casing Bawah

Charging case dari HONOR CHOICE True Wireless Earbuds memiliki lampu indikator di bagian depan yang menyala biru dalam keadaan normal dan akan menjadi merah ketika kondisi baterai berada di bawah 20%. Case ini pun sudah menggunakan port USB-C untuk pengisian dayanya.

Sementara untuk kedua earbuds sudah langsung terpasang eartips berukuran M, sedangkan untuk eartips ukuran S dan L terbungkus di dalam paket penjualan bersamaan dengan kabel USB-C.

Pengalaman Penggunaan

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds tergolong sangat praktis untuk digunakan. Ketika pertama kali mendapatkan produk ini, saya hanya perlu memasukkan kedua earbuds ke dalam charging case lalu menutupnya untuk beberapa saat dan membukanya kembali untuk memulai proses pairing.

Nantinya ketika melakukan pemindaian Bluetooth di smartphone akan muncul sebuah perangkat bernama Wireless Earbuds yang bisa langsung dilakukan pairing. Setelah selesai maka earbuds TWS ini sudah bisa langsung digunakan untuk mendengarkan musik atau lainnya.

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds Dua

Proses yang terbilang sangat singkat sekali dan tidak membingungkan. Namun dikarenakan tidak ada tombol pairing pada bagian case, maka perlu mematikan Bluetooth di smartphone awal dan menunggu 10 detik agar bisa memulai pairing kembali ke perangkat lain sehingga hanya bisa terhubung ke satu perangkat saja.

Yang membuat sedikit mengerutkan dahi, entah kenapa HONOR memilih nama yang cukup Wireless Earbuds yang cukup generik sebagai nama yang muncul ketika melakukan pemindaian. Hal ini akan membuat bingung ketika lupa sehingga sebaiknya langsung mengubah namanya agar tidak tercampur dengan produk lain.

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds sendiri terasa cukup pas di telinga dan menempel cukup baik saat digunakan dalam keseharian, termasuk ketika berjalan di luar ruangan. Menggunakan desain in-ear, perangkat ini terasa nyaman dan berhasil memberikan efek kedap udara yang membuat suara sekitar menjadi tidak terlalu terdengar.

Suara yang dihasilkan oleh earbuds TWS ini punya karakteristik yang lebih condong memberikan cita rasa bass bertenaga dan dalam. Suara vokal masih terdengar secara jelas walaupun pada saat bass benar-benar riuh. Bagian High maupun Mid juga konsisten tanpa ada yang tenggelam antara satu dan yang lainnya.

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds Dipasang

Sama seperti kebanyakan perangkat TWS, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds juga sudah mendukung teknologi touch control pada kedua earbuds untuk akses cepat pengendalian dengan hanya menggunakan sentuhan jari.

Mengetuk dua kali salah satu earbud akan Play/Pause musik atau Jawab/Tutup panggilan telepon, menahan salah satu earbuds selama 2 detik akan menolak panggilan telepon, menahan earbud sebelah kiri selama 2 detik akan kembali ke lagu sebelumnya, dan menahan earbud sebelah kanan selama 2 detik akan berpindah ke lagu selanjutnya.

Sementara untuk mengatur volume tidak sepraktis itu karena harus tetap lewat smartphone dan mengaturnya secara manual. HONOR CHOICE True Wireless Earbuds pun tidak memiliki proximity sensor sehingga musik akan terus diputar ketika earbuds dilepas karena tidak ada fitur deteksi penggunaan.

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds pun masih cocok untuk digunakan bermain game rhythm sekalipun karena punya latensi yang terbilang rendah sehingga suara masih terdengar sejalan dengan apa yang tampil di layar.

Namun yang paling luar biasa dari earbuds TWS ini adalah daya tahan baterainya. Sesuai apa yang digadang oleh HONOR, perangkat ini dapat digunakan dalam waktu yang sangat lama sehingga dipastikan dapat menemani keseharian penggunanya.

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds Settings

Pihak HONOR menggadang bahwa earbuds TWS ini dapat digunakan selama 6 jam dengan tambahan 18 jam lagi yang diberikan oleh charging case ketika disimpan.

Saat diuji, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds masih menyisakan baterai sekitar 50% setelah digunakan untuk mendengarkan Spotify selama 5 jam pada tingkat volume 70%. Artinya, baterai hanya berkurang sekitar 10% saja untuk setiap jamnya. Sangat luar biasa.

Dengan penggunaan musik keseharian saya yang biasanya hanya sekitar 3-4 jam saja setiap harinya, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds dapat dengan nyaman digunakan tanpa khawatir selama seminggu dalam satu kali cas saja.

Alhasil saya hanya perlu mengisinya pada akhir minggu saja untuk memastikan HONOR CHOICE True Wireless Earbuds dapat kembali bisa digunakan sepanjang minggu berikutnya. Namun dikarenakan tidak ada aplikasi tambahan, indikator baterai harus dilihat melalui pengaturan Bluetooth di smartphone.

Opini Akhir

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds Hero Samping

Di satu sisi, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds merupakan perangkat audio nirkabel yang sangat praktis untuk digunakan. Cukup dengan membuka penutup casing ketika earbuds ada di dalamnya, maka bisa langsung digunakan tanpa perlu repot.

Namun di sisi lain, kepraktisan yang HONOR pilih membuat fitur-fitur yang ditawarkan menjadi terbatas. Sulit untu mengatahui secara pasti berapa sisa baterai yang dimiliki oleh earbuds maupun case sulit karena hanya aja satu indikator saja ketika melihat dari pengaturan Bluetooth.

Selain itu, tidak adanya kendali volume maupun absennya dukungan asisten suara secara langsung dari earbuds menjadikan HONOR CHOICE True Wireless Earbuds benar-benar sebagai perangkat audio saja.

Walaupun begitu, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds memiliki keunggulan utama di daya tahan baterainya yang sangat lama dalam bodi yang terbilang masih sangat ringkas baik itu charging case maupun earbuds.

Kualitas suaranya juga tergolong oke dan lebih cocok bagi pengguna yang suka mendengarkan musik dengan bass nendang seperti EDM. Desain in-ear yang dihadirkan juga terasa nyaman dan mampu meredam suara sekitar dengan baik.

Tinggalkan Komentar