Tips dan Trik

Cara Mengatur Pesan Sementara WhatsApp di Percakapan Pribadi Maupun Grup

Cara Mengatur Pesan Sementara WhatsApp di Percakapan Pribadi Maupun Grup Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Para pengguna kini dapat mengirim pesan yang bisa hilang secara otomatis setelah beberapa waktu dengan menggunakan fitur Disappearing Message atau Pesan Sementara di layanan WhatsApp.

Fitur tersebut akan membuat privasi lebih aman saat handphone jatuh ke tangan yang salah di kemudian hari atau setidaknya percakapan dapat menjadi semakin bersih dari pesan-pesan tak terpakai lagi seperti daftar belanja dan alamat toko.

Kamu pun dapat menggunakan fitur tersebut secara leluasa dan bisa mengaktifkan maupun mematikannya sesuai kebutuhan, satu per satu untuk setiap percakapan perorangan maupun kelompok.

Bagi kamu yang belum tahu cara menggunakannya, berikut informasi mengenai apa itu Pesan Sementara di layanan WhatsApp dan bagaimana cara mengaktifkan sekaligus menonaktifkannya.

Pengertian Pesan Sementara di WhatsApp

Pesan Sementara adalah sebuah fitur yang memungkinkan setiap pesan baru dalam percakapan grup maupun pribadi di layanan WhatsApp terhapus secara otomatis setelah tujuh hari.

Hal ini berlaku untuk pesan-pesan yang dikirim setelah pengguna mengaktifkan pengaturannya meskipun belum sempat dibuka oleh penerima. Dengan sedikit catatan, teks pada notifikasi kemungkinan masih dapat terlihat.

Pesan Sementara juga berlaku untuk pesan berbentuk media, meliputi gambar maupun video. Meskipun demikian, file aslinya masih akan tetap tersimpan di dalam perangkat ketika pengguna mengaktifkan opsi download otomatis.

Pengguna sayangnya masih bisa meneruskan Pesan Sementara ke orang lain meskipun belum mengaktifkannya. Dengan begitu, pesan terusan tersebut pun kemungkinan tidak akan turut terhapus.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Pesan Sementara WhatsApp

Di Percakapan Pribadi

Siapapun bisa mengaktifkan maupun mematikan fitur Pesan Sementara di percakapan pribadi secara mudah. Syaratnya, kamu hanya perlu memasang versi terbaru dari aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store maupun Apple Apps Store sesuai perangkat yang digunakan.

Setelah memasang aplikasi terbaru, kamu bisa masuk ke percakapan pribadi yang akan diatur. Kamu selanjutnya dapat mengetuk Nama Kontak bagian atas lalu memilih opsi Disappearing Messages.

Cara Pesan Sementara WhatsApp - Pibadi 1

Jika diperlukan, kamu pun harus mengetuk tombol Continue. Lalu pada halaman yang muncul selanjutnya, kamu dapat memilih On untuk menghidupkan fitur Pesan Sementara atau Off untuk mematikannya.

Cara Pesan Sementara WhatsApp - Pribadi 2

Di Percakapan Grup

Tak jauh berbeda dengan percakapan pribadi, kamu pun dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Pesan Sementara satu per satu untuk percakapan grup yang diinginkan.

Namun agar dapat melakukannya, kamu perlu menjadi salah satu Group Admin. Baru setelah itu, kamu baru bisa membuka percakapan grup yang dimaksud dengan mengetuk Nama Grup.

Kemudian, kamu dapat mengetuk opsi Disappearing Messages, menekan tombol Continue jika diperlukan, lalu memilih opsi On atau Off sesuai dengan apa yang akan diterapkan.

Cara Pesan Sementara WhatsApp - Group

Sedikit saran dari saya, kamu dapat mengaktifkan fitur ini untuk grup atau orang-orang yang bisa dipercaya. Karena jika tidak, Pesan Sementara pun masih bisa diabadikan dengan screenshot maupun dibagikan ke grup atau orang yang tidak menggaturnya.

Tinggalkan Komentar