Tips dan Trik

Cara Mematikan Opsi Pengembang Saat Sudah Tidak Digunakan Lagi

Cara Mematikan Opsi Pengembang Header

Gadgetren – Opsi pengembang atau disebut juga Developer Option merupakan salah satu pengaturan yang disematkan oleh Google ke dalam Android guna memberikan pilihan lebih mutakhir untuk banyak hal.

Meskipun boleh membuat antarmuka sesuai dengan kebutuhan, kebanyakan perusahaan yang memanfaatkan sistem operasi milik Google itu untungnya tetap menyematkan opsi tersebut. Hanya saja, mereka tidak mengaktifkannya secara default.

Para pengguna Android secara umum dapat mengaktifkan opsi tersebut melalui bagian Settings tepatnya pada subbagian About Phone dengan mengetuk beberapa kali informasi mengenai Build Number.

Secara khusus untuk sistem Android 8 dan 8.1 Oreo, pengguna bisa menemukan Build Number melalui halaman Settings lalu masuk ke System dan memilih subbagian About Phone.

Dengan mengaktifkannya, pengguna akan menjumpai pengaturan untuk mengelola perangkat secara lebih jauh seperti menghidupkan opsi USB Debugging, membuka proteksi bootloader (Unlock OEM), hingga mengubah mode warna, koneksi data, maupun GPU.

Berbagai macam opsi tersebut biasanya akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang suka mengoprek handphone Android kesayangannya seperti untuk menghapus aplikasi bawaan hingga membuka akses root.

Yang cukup menarik, pengguna masih bisa menonaktifkan kembali opsi pengembangan tersebut setelah mereka selesai memanfaatkan sejumlah pengaturan mutakhir di dalamnya. Bagaimana mana cara melakukannya?

Cara Mematikan Opsi Pengembang di Perangkat Bersistem Android

Sama seperti saat memanfaatkan sejumlah pengaturan di dalamnya, pengguna pun dapat mematikan opsi pengembang secara langsung pada halaman Settings kemudian masuk ke bagian Developer Options yang biasanya terletak paling bawah.

Cara Mematikan Opsi Pengembang - 1

Dari halaman itu, penggemar selanjutnya dapat mengetuk tombol on-off yang berada paling atas. Dimana dalam kondisi mati, indikator di sebelahnya akan menunjukkan keterangan “OFF”.

Cara Mematikan Opsi Pengembang - 2

Setelah berhasil mematikan opsi pengembang, bagian pengaturan tersebut akan kembali disembunyikan dari halaman Settings. Pengguna yang ingin menggunakan kembali perlu mengaktifkannya dengan cara seperti sebelumnya.

Selain dapat menyembunyikan fakta bahwa pengguna telah mengoprek perangkat, mematikan opsi pengembang pun akan membuat handphone lebih aman karena memblokir sejumlah akses yang bisa dimanfaatkan oleh malware ataupun virus untuk menyerang.

Tinggalkan Komentar