Aplikasi Tips dan Trik

5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Google Drive Saat Bermasalah

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Google Drive Header

Gadgetren – Google Drive merupakan layanan penyimpanan cloud yang diciptakan oleh Google dan sudah terintegrasi dengan akun Google atau Gmail.

Pada saat kamu membuat akun Google atau Gmail, maka secara otomatis sudah diberikan akses untuk menyimpan data secara gratis di Google Drive.

Tidak hanya itu saja, terkadang penyimpanan awan ini sering dijadikan sarana untuk menyimpan dan membagikan file untuk pekerjaan, pembelajaran, hiburan, atau lainnya.

Namun terkadang kita tidak bisa mengunduh atau download file dari Google Drive yang diberikan teman maupun rekan kerja karena ada suatu masalah. Tentunya hal tersebut menyebalkan karena file tersebut sangat dibutuhkan.

Apa yang bisa dilakukan jika tengah mengalami hal tersebut?

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Google Drive

Login akun Google

Terkadang pada saat mendapatkan link dari Google Drive, kamu secara langsung diarahkan langsung ke halaman pengunduhan. Namun pada saat menu pop-up Download muncul, terdapat peringatan bahwa file tidak dapat diunduh.

Kamu pun diperintahkan untuk login terlebih dulu menggunakan akun Google atau Gmail. Setelah login, biasanya kamu baru bisa mulai mengunduh terutama untuk file yang berukuran besar.

Minta Akses ke Pemilik File

Terkadang orang yang memberikan link file di Google Drive memberikan akses secara khusus sehingga tidak bisa diakses sembaran orang. Nantinya kamu malah akan mendapatkan peringatan bahwa file tidak bisa diakses.

Kamu bisa segera meminta akses kepada pengirim link atau pemilik file tersebut melalui tombol yang disediakan. Nantinya pemilik file akan mendapatkan notifikasi melalui email. Jika pemilik merupakan kenalan, maka kamu juga bisa langsung mengontaknya

Pastikan Koneksi Cepat dan Stabil

Pada saat mengunduh, terkadang menu pop-up hanya menampilkan proses pemuatan yang tidak selesai. Salah satu penyebab yang menjadi kemungkinan dikarenakan koneksi internet kamu kurang optimal.

Kamu dapat berpindah ke koneksi WiFi yang lebih stabil dan cepat agar file dari Google Drive tersebut dapat diunduh hingga selesai. Kamu juga bisa membatasi perangkat lain terlebih dahulu juga memang memiliki bandwidth yang tidak besar agar proses unduhan dapat berjalan lancar.

Luangkan Kapasitas Penyimpanan

Pada saat kapasitas penyimpanan perangkat kamu hampir habis, maka file dari Google Drive tidak akan mau diunduh karena mengetahui bahwa ukuran file diperkirkan melebihi dari sisa ruang penyimpanan yang tersedia.

Apalagi file yang diunduh mempunyai ukuran yang lebih besar, tentunya Google Drive tidak mengizinkan proses download. Untuk itulah sebaiknya kamu mengosongkan kapasitas penyimpanan lebih dari besar file yang akan diunduh. Misalnya kamu akan mengunduh file sebesar 5GB, maka sebaiknya memiliki ruang kosong sebesar 8GB atau lebih

Menggunakan Browser Berbeda

Terkadang sistem tidak akan merespon ketika kamu sudah menekan tombol Download karena suatu alasan. Salah satu solusi yang bisa kamu gunakan merupakan dengan mencoba berganti browser. Namun seharusnya Google Chrome sudah memadai karena dibuat oleh perusahaan yang sama.

Secara bawaan, Google Drive lebih optimal apabila digunakan di Google Chrome karena sama-sama merupakan produk Google sehingga dapat bekerja secara berkesinambungan. Namun tidak menutup kemungkinana Chrome bisa bermasalah jadi kamu dapat mencoba Mozila Firefox, Opera, dan lainnya.

Tinggalkan Komentar