Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di Handphone Samsung Biar Lebih Mutakhir

Cara Aktifkan Opsi Pengembang Samsung - Header

Gadgetren – Untuk mendapatkan kemampuan yang lebih mutakhir dari sebuah handphone berbasis Android, kita memang kadang kala perlu mengaktifkan terlebih dahulu opsi pengembang atau developer option.

Bagi kamu yang belum tahu, opsi pengembangan merupakan satu set peralatan khusus yang dirancang oleh Google supaya para developer dapat mengonfigurasi perilaku sistem atau membuat profil khusus guna menguji kinerja aplikasi.

Di dalamnya terdapat serangkaian pengaturan mulai dari mode debugging yang bisa dipakai untuk menguji dan mengatasi masalah dari baris-baris kode aplikasi, setelan koneksi data, fitur mengubah gamut warna, hingga menu pengelolaan kemampuan render gambar.

Meskipun dirancang khusus untuk para pengembang, set pengaturan khusus ini juga bisa dipakai oleh orang biasa yang gemar mengoprek handphone. Misalnya untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan, memasang custom ROM, hingga rooting.

Kabar baiknya, opsi pengembangan ini juga hadir di berbagai macam handphone besutan Samsung mulai dari kelas pemula hingga atas sekalipun. Cara mengaktifkannya pun sangat mudah karena kita hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di Handphone Samsung

  • Buka halaman Settings
  • Cari menu About phone (biasanya di bagian paling bawah)
  • Ketuk menu tersebut
  • Ketuk Software information
  • Cari keterangan Build number
  • Ketuk sampai tujuh kali keterangan tersebut

Setelah mengetuk opsi Build number berulang kali, nanti sebenarnya akan muncul penghitung di mana akan menandai jumlah ketukan yang diperlukan untuk menjadi developer. Jadi sebenarnya kita tak perlu menghitung sendiri.

Jika sudah berhasil pun, nanti akan muncul notifikasi dalam bentuk toast yang menunjukkan bahwa mode pengembang sudah diaktifkan (developer mode has been enabled). Kita hanya perlu mengetuk Build number sampai umpan balik ini terlihat.

Setelah muncul notifikasi tersebut, kita pun bisa membuka berbagai macam setelan opsi pengembang melalui menu Developer options yang muncul di halaman utama pengaturan. Biasanya terletak di bagian paling bawah.

Perlu diingat bahwa mengotak-atik opsi pengembang memang dapat meningkatkan kemampuan handphone tetapi kadang kala justru bisa berlaku sebaliknya jika salah. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu berhati-hati dan memahami fungsi masing-masing fiturnya.

Jika tidak tahu, alangkah baiknya untuk menyerahkan berbagai macam pengaturan di opsi pengembang kepada mereka yang lebih ahli. Kita yang masih awam mending melihat dan mempelajarinya dulu dengan saksama.

Tinggalkan Komentar