Tips dan Trik

Cara Membuat Ringtone Sendiri di OPPO Reno4 F

Cara Membuat Ringtone Sendiri di OPPO Reno4 F Header

Gadgetren – Sebagai salah satu handphone pintar kelas menengah andalan OPPO di Indonesia, Reno4 F telah membawa salah satu fitur memikat, OPPO LAB, yang dapat memanjakan penggunanya.

OPPO LAB sendiri merupakan sebuah platform yang hadir di ColorOS 7.2, dimana para engineer software OPPO dan pengguna dapat bekerja sama untuk menciptakan fitur-fitur yang inovatif secara bersamaan. Pengguna Reno4 F pun dapat mencoba fitur-fitur terbaru sebelum dirilis secara resmi.

Untuk saat ini, OPPO LAB sudah kehadiran 10 fitur inovatif yang dapat digunakan langsung di Reno4 F seperti Lab Ringtone, Decision Spinner, Gravity Wallpaper, Focus Mode, Icon pull-down gesture, Quick Return Bubble, dan lainnya.

Di antara semuanya, Lab Ringtone terlihat sangat menarik karena mengingatkan kita pada handphone populer beberapa tahun lalu yang sudah memiliki fitur bawaan untuk membuat ringtone atau nada dering sendiri.

Reno4-OPPOLAB

Apabila handphone populer terdahulu harus memasukkan angka dan huruf khusus untuk membuat nada dering sendiri, maka berbeda dengan Lab Ringtone yang memiliki tampilan antarmuka grafis untuk menyesuaikan gaya, nada, dan ritme pada panel slide yang hanya tinggal digeser-geser saja oleh kamu.

Membuat Ringtone di Lab Ringtone

  1. Cari dan buka aplikasi OPPO LAB
  2. Kamu akan langsung dihadapkan pada fitur Lab Ringtone
  3. Selanjutnya, pilih fitur Lab Ringtone
  4. Lalu kamu akan dihadapkan pada menu pemilihan gaya musik, panel nada, serta ritme
    OPPO Lab Ringtone Phase 1
  5. Untuk saat ini, kamu hanya baru bisa memilih dua gaya musik yang tersimpan di Library, yakni Summer dan Visions
  6. Kamu dapat memilih gaya musik ini dengan menekan tombol Select Sound di kiri atas layar
  7. Setelah muncul kotak dialog Library, maka pilih gaya musik dan tekan Customize
  8. Kamu akan kembali ke halaman panel di Lab Ringtone
    OPPO Lab Ringtone Phase 2
  9. Pada halaman panel, kamu dihadapkan pada empat kuadran nada yang terdiri dari Thrilling, Vibrant, Simple, dan Relaxing.
  10. Sementara ritmenya terdapat pada bagian bawah yang terdiri dari Slow dan Fast
  11. Pilih kombinasi nada dan ritme yang diinginkan dengan menggeser bola virtual putih ke koordinat nada yang diinginkan
  12. Apabila ringtone yang dibuat sudah sesuai dengan keinginan, maka tekan tombol Generate
  13. Nantinya akan muncul kotak dialog My ringtones yang memperlihatkan ringtone buatanmu
    OPPO Lab Ringtone Phase 3

Menyetel ringtone pada Reno4 F

  1. Masih pada kotak dialog My ringtones, pilih ringtone yang telah dibuat
  2. Selanjutnya, tekan tombol Set as ringtone
  3. Kemudian, pilih profil penggunaan ringtone
  4. Setelah dipilih, maka akan muncul notifikasi pop-up yang menandakan bahwa ringtone telah diset

OPPO Lab Ringtone Phase 4

Sebagai catatan, pilihan profil penggunaan ringtone ini terdiri dari set untuk panggilan telepon SIM 1, telepon SIM 2, SMS SIM 2, SMS SIM 2, alarm, dan daftar kontak. Apabila kamu ingin menyematkan ringtone pada beberapa orang yang hadir di daftar konta, maka kamu dapat memilih set as contact ringtone.

Bisa dibilang pembuatan ringtone di OPPO Reno4 F ini sangat mudah, dimana kamu hanya perlu menggeser-gesernya sesuai dengan koordinat nada yang diinginkan. Bahkan kamu tidak perlu repot-repot mengetikkan huruf atau angka untuk membuat nada deringnya.

Lab Ringtone ini merupakan salah satu fitur inovatif yang telah dihadirkan pada sistem ColorOS 7.2 yang menjalankan Reno4 F. Bahkan kamu juga dapat melakukan eksperimen terhadap fitur lain yang telah hadir di OPPO Lab.

Untuk berkreasi dalam pembuatan ringtone ini, kamu dapat langsung menggunakan OPPO Reno4 F yang kini sudah bisa resmi dibeli di Indonesia dengan harga Rp 4.299.000.

Tinggalkan Komentar