Smartphone Sponsored Content

Membedah Tuntas Fitur Baru ColorOS 7.2 di OPPO Reno4

OPPOReno4-Front

Gadgetren – Smartphone Reno4 yang hadir di Indonesia membawa spesifikasi hardware, desain, kamera, dan beragam fitur canggih untuk memikat para antusias pengguna smartphone.

Bahkan pihak OPPO sendiri mengatakan bahwa Reno4 menjadi smartphone pertama OPPO yang menggunakan ColorOS 7.2 berbasiskan Android 10.

Dibandingkan generasi sebelumnya, ColorOS 7.2 membawa fitur-fitur baru yang dapat membantu aktivitas sehari mulai dari AI-Enhanced Smart Sensor, Super Power Saving Mode, OPPO Lab, AI App Preloading, Anti-Fragmentation Engine, Quick Return Bubble, Icon Pulldown Gesture, dan masih banyak lagi.

AON Smart Sensor

OPPO Watch with Reno4

AON Smart Sensor atau AI-enhanced Smart Sensor merupakan fitur dari kombinasi algoritma kecerdasan buatan khusus di ColorOS 7.2 dan sensor berdaya rendah di bagian punch hole sehingga mampu membuat Reno4 mengenali pose, wajah, dan gerakan untuk perlindungan privasi dari pengguna.

AI-enhanced Smart Sensor mempunyai beberapa fitur andalan seperti Smart Spying Prevention, Smart Air Control, Smart Always on Display, dan Smart Rotation.

Pada saat Reno4 menerima pesan, maka sensor pintar yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan akan mengaktifkan Smart Spying Prevention untuk mengidentifikasi bahwa hanya pemilik smartphone yang boleh membuka layar.

Selama fitur Smart Spying Prevention aktif, konten notifikasi yang muncul di layar akan disembunyikan. Misalnya saja kamu sedang melihat notifikasi di layar smartphone dan ada orang di belakang yang mencoba mengintip, maka pesan tersebut tidak akan dapat terlihat sama sekali.

Reno4 - AON Smart Sensor

Apabila hanya satu wajah saja yang terdeteksi, maka kamera utama Reno4 akan dihidupkan untuk mengidentifikasi apakah wajah merupakan pemilik atau bukan. Sementara apabila yang teridentifikasi memang pemilik smartphone, maka seluruh pesan akan ditampilkan.

Namun jika sensor mendeteksi ada lebih dari satu orang atau tidak ada orang yang menghadap ke layar, maka notifikasi pesan akan tetap ditampilan. Hanya saja kontennya tidak akan ditampilkan sama sekali.

Kemudian, Reno4 merupakan smartphone pertama Reno Series yang menghadirkan fitur Smart Air Control. Fitur ini mengizinkan pengguna untuk berinteraksi dengan Reno4 tanpa menyentuh layar. Contohnya saja kamu dapat menggulirkan halaman layar baik ke arah atas dan bawah pada beberapa aplikasi populer seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan TikTok.

OPPO-Reno4-10

Bahkan Smart Air Control juga dapat digunakan kamu untuk menjawab panggilan telepon tanpa perlu menyentuh layar. Hal ini sangat berguna pada kondisi pandemi seperti sekarang ini untuk mengurangi intensitas bersentuhan dengan layar.

OPPO juga menghadirkan Smart Always On Display pada Reno4 yang dapat mengidentifikasi wajah pengguna yang terus menerus melihat layar smartphone sehingga membuat layar tidak akan mati. Fitur ini mampu memberikan pengalaman penggunaan yang baik ketika sedang menonton video atau melihat foto pada smartphone.

Sementara Smart Rotation memungkinkan kamera depan Reno4 untuk mengenali orientasi wajah pengguna dan secara otomatis merotasi layar smartphone ke arah yang sesuai untuk membuat pengguna nyaman.

AI App Preloading

Reno4-AI App Preloading

OPPO membenamkan fitur AI App Preloading pada ColorOS 7.2 dengan algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang secara pintar mampu memprediksi aplikasi apa saja yang akan digunakan oleh pengguna Reno4 dan kemudian memuatnya sehingga dapat terbuka lebih cepat.

Semakin lama kamu menggunakan Reno4, maka semakin cepat kecerdasan buatan dalam mempelajari kebiasaanmu. Dengan kata lain, fitur ini mampu membuat aplikasi terbuka lebih cepat dari sebelumnya sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan.

Super Power Saving Mode

Reno4 - Super Power Saving Mode

Untuk membuat OPPO Reno4 mampu bertahan lama, OPPO telah menghadirkan Super Power Saving Mode yang memanfaatkan pendekatan seluruh sistem (penyesuaian frekuensi CPU dan penyesuaian cahaya latar) dan menyesuaikan penghematan daya untuk masing-masing aplikasi.

Terdapat enam aplikasi yang dapat ditampilkan pada Homescreen ketika Super Power Saving Mode aktif. Sementara aplikasi Telepon, SMS, dan Jam akan disertakan secara bawaan, namun pengguna dapat menggantinya dengan aplikasi lain.

Pada saat baterai smartphone turun menjadi 10% dan 5%, maka sebuah pesan pop-up akan muncul yang meminta pengguna untuk mengaktifkan Super Power Saving Mode. Dengan fitur ini, pengguna Reno4 masih dapat berkirim pesan WhatsApp selama 1,5 jam atau menelepon lebih dari 1 jam dengan baterai hanya 5%.

Super Night Time Standby

Fitur ini dapat mempelajari kebiasaan tidur pengguna sehingga mampu mengoptimalkan masa pakai baterai menjadi hanya 2% sepanjang malam sehingga pengguna tidak perlu takut apabila lupa mengecas smartphone.

OPPO LAB

Reno4-OPPOLAB

OPPO LAB merupakan sebuah platform yang hadir di ColorOS 7.2, dimana para engineer software OPPO dan pengguna dapat bekerja sama untuk menciptakan fitur-fitur yang inovatif secara bersama. Menariknya, pengguna Reno4 dapat mencoba fitur-fitur terbaru sebelum dirilis secara resmi.

Pengguna juga dapat memberikan feedback pada fitur tertentu untuk perbaikan atau peningkatan fungsi ketika diluncurkan secara resmi nanti. Untuk saat ini, kamu akan menemukan dua buah fitur yang sedang dikembangkan OPPO di OPPO LAB, yakni Decision Spinner dan Lab Ringtone.

Decision Spinner merupakan aplikasi yang dapat membantu pengguna Reno4 untuk membuat keputusan dengan roda. Spinner ini mempunyai beragam pertanya menarik seperti “Apa yang kita makan hari ini?”. Selain itu, penggunanya juga dapat membuat sendiri pertanyaan disertai dengan opsi jawaban.

Sementara Lab Ringtone memungkinkan pengguna Reno4 dapat membuat nada dering sendiri dengan menyesuaikan gaya, nada, dan ritme pada panel slide yang mudah digunakan. Nada dering yang telah dibuat dapat digunakan untuk panggilan, disimpan di telepon, atau dibagikan ke orang lain melalui jejaring sosial.

Quick Return Bubble

Reno4-Quick-Return-Bubble

Fitur ini berbentuk gelembung ikon mengambang yang menampilkan informasi dari game yang berjalan pada latar belakang. Misalnya, pada saat pengguna Reno4 menunggu untuk respawn (pemain yang hidup kembali setelah terbunuh) dalam game, mereka dapat beralih ke layar lain sambil masih dapat melihat waktu respawn dalam gelembung.

Pada saat pengguna ingin melakukan respawn, maka cukup mengetuk gelembung ikon untuk kembali ke permainan. Untuk saat ini, Quick Return Bubble baru medukung game Mobile Legends, PUBG Mobile, dan PUBG Mobile Lite.

Anti-Fragmentation Engine

Anti-Fragmentation Engine merupakan fitur yang dikembangkan secara independen oleh OPPO dengan menggunakan kombinasi langkah-langkah untuk mengoptimalkan fragmentasi memori fisik dan fitur. Hal ini dapat membuat sistem operasi berjalan mulus tanpa jeda walaupun digunakan dalam waktu yang lama.

Icon Pulldown Gesture

Fitur yang satu ini digunakan untuk membuka aplikasi yang sulit dijangkau di Homescreen ketika menggunakan smartphone dengan satu tangan. Pada saat kamu menggeser layar ke atas di tepi kiri atau kanan pada halaman Home, ikon aplikasi akan berpindah ke sudut bawah.

Selanjutnya dengan posisi ibu jari tetap berada di layar, pengguna dapat memindahkan ikon aplikasi dan melepaskannya untuk membuka aplikasi. Bisa dibilang fitur ini dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna ketika hanya menggunakan satu tangan.

Artist Wallpaper Project

Reno4-Artist Wallpaper

Untuk memberikan pengalaman visual yang kaya, ColorOS 7.2 juga mempunyai 30 set wallpaper artistik baru di kategori Artist Wallpaper Project yang berkolaborasi dengan 15 seniman kelas dunia seperti Ian Fisher, Tom Hegen, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ColorOS 7.2 juga membawa Wallpaper Gravity pada OPPO Reno4. Wallpaper terbaru untuk Homescreen ini dapat berubah secara dinamis tergantung pada cara pengguna menggenggam smartphone. Wallpaper akan bergerak seolah-olah ditarik oleh gravitasi.

Tinggalkan Komentar