Aksesoris Review

Review OPPO Enco W51 – Kualitas Audio Bagus, Andalkan Active Noise Cancellation

Review OPPO Enco W51 Header

Gadgetren – Kini OPPO Enco W51 menjadi salah satu earphone TWS (True Wireless Stereo) andalan OPPO di Indonesia karena menghadirkan fitur dan kualitas audio yang menarik.

Sementara itu, OPPO Enco W51 juga menambah portofolio produk OPPO pada segmen Internet of Things yang ditawarkannya di Indonesia. Produk ini hadir dengan desain kekinian yang secara kasat mata dapat memikat banyak orang.

Dengan banyaknya kehadiran earphone TWS di Indonesia, apakah OPPO Enco W51 mampu bertahan dengan perangkat saingan di kisaran harga yang sama? Untuk itu, kamu dapat melihat ulasan saya sebagai berikut ini.

OPPO Enco W51
  • Desain - 9/10
    9/10
  • Audio - 9/10
    9/10
  • Baterai - 10/10
    10/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
9/10

Kesimpulan

OPPO Enco W51 merupakan earphone TWS yang hadir dengan fitur Active Noise Cancellation dan mampu bertahan hingga lama. Desain yang dihadirkan pada produk ini pun disesuaikan dengan anatomi telinga pengguna.

Pros

  • Teknologi ANC dapat meredam suara lingkungan sekitar dengan baik
  • Kualitas Audio bagus di kelasnya
  • Latensi terasa rendah
  • Bobot terasa ringan dan desain nyaman di telinga
  • Beragam fungsi Kontrol Sentuh
  • Baterai tahan lama
  • Terdapat Eartip tambahan pada paket penjualan

Cons

  • Saat ini kustomisasi Kontrol Sentuh khusus di handphone OPPO
  • Kontrol Sentuh belum mendukung pengaturan volume suara

OPPO Enco W51 Package Diagonal

Secara kasat mata, saya melihat OPPO Enco W51 memiliki desain masa kini yang menyesuaikan dengan bentuk telinga penggunanya sehingga dapat terasa nyaman ketika sedang digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, baik pekerjaan maupun hiburan semata.

Menariknya lagi, OPPO juga sudah membekali perangkat ini dengan eartip tambahan dalam paket penjualannya dengan beragam ukuran mulai dari XS, S, hingga L untuk disesuaikan dengan ukuran telinga pengguna. Menurut saya kehadiran pilihan eartips tanbahan ini sangat membantu karena tidak semua orang langsung cocok dengan eartips bawaan dari OPPO Enco W51.

Untuk OPPO Enco W51 dan charging case yang saya terima dibalut warna Floral White yang memberikan kesan ketenangan. Selain itu, dalam paket penjualan terdapat juga kabel data USB Type-C to USB, buku panduan, dan kartu garansi.

OPPO Enco W51 Open Case

Charging case yang dihadirkan oleh OPPO pada paket penjualannya ini mempunyai ukuran yang kecil dan bobot yang ringan sehingga dapat dengan mudah untuk dimasukkan ke saku celana. Sementara bodi case ini memiliki bahan glossy yang dibalut warna putih, namun tidak mudah kotor ketika disentuh atau digenggam oleh tangan.

Selain untuk menjadi tempat menyimpan earbud OPPO Enco W51, charging case ini juga digunakan untuk mengisi daya baterai earbud. Pada bagian pinggir bodinya terdapat port USB Type-C yang berfungsi untuk mengisi daya baterai charging case.

OPPO Enco W51 dapat terhubung ke handphone dengan menggunakan koneksi Bluetooth. Proses penyambungannya pun cukup mudah, saya hanya perlu mengaktifkan Bluetooth pada handphone, lalu membuka charging case dan mengeluarkan earbud.

OPPO Enco W51 Diagonal

Pada saat earbud sudah keluar dari charging case, maka handphone akan mendeteksi dan meminta kita untuk melakukan pairing atau penyambungan. Setelah berhasil tersambung, maka kita dapat langsung menikmati suara video, game, atau musik dari handphone langsung dari OPPO Enco W51.

Saya sendiri merasa OPPO Enco W51 cukup nyaman dan pas ketika disematkan pada telinga. Pada saat saya mendengarkan musik, menonton video, atau memainkan game, OPPO Enco W51 mampu menghadirkan suara yang jernih dan bagus.

Apalagi suara bass mampu terdengar dengan jelas ketika saya mendengarkan musik dan video. Menurut saya, latensi yang dihadirkan oleh OPPO Enco W51 cukup rendah karena mampu menyeimbangkan audio dan video yang muncul di handphone dengan baik dan tidak terasa delay.

OPPO Enco W51 Bottom

Berkat dukungan chip reduksi digital dual-core, tiga mikrofon peredam bising hybrid, saluran udara pengurang kebisingan, dan teknologi ganda Active Noise cancellation membuat saya dapat menikmati suara video, musik, game, atau percakapan telepon dengan jernih karena gangguan suara lingkungan sekitar diredam dengan baik.

Pada saat menggunakannya pertama kali, OPPO Enco W51 akan langsung mengaktifkan fitur ANC yang mampu meredam suara dari lingkungan sekitar seperti AC, angin, percakapan orang-orang, kipas angin, dan lainnya dengan mulus.

Bahkan saya juga merasa terbantu dengan fitur ANC ini ketika sedang melakukan percakapan telepon atau video call di luar ruangan karena mampu meredam suara dari lingkungan sekitar agar tidak bising dan mengganggu.

OPPO Enco W51 Two Earbud

Praktisnya, OPPO Enco W51 dilengkapi juga dengan fitur Tap Controls atau Kontrol Sentuh yang menggunakan gesture jari, dimana apabila kita mengetuk dua kali bagian pinggir earbud kiri, maka akan mengaktifkan atau menonaktifkan ANC.

Apabila kita mengetuk dua kali bagian pinggir earbud kanan, maka dapat memutar lagu selanjutnya. Sedangkan jika kita mengetuk tiga kali bagian pinggir earbud kanan atau kiri, maka dapat mengaktifkan asisten suara di handphone.

Khusus handphone OPPO, kita dapat melakukan kustomisasi Kontrol Sentuh pada OPPO Enco W51 melalui bagian pengaturan earphone. Sementara pada bagian dalam earbud terdapat sensor yang akan mendeteksi dan langsung menghentikan musik yang sedang berjalan secara otomatis ketika saya melepasnya dari telinga.

OPPO Enco W51 Wear

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan OPPO Enco W51 selama dua minggu, setiap earbud dari perangkat ini mempunyai baterai berkapasitas 25mAh sehingga mampu bertahan selama 3,5 jam dalam sekali cas dengan tingkat volume 50% dan fitur Active Noise Cancellation (ANC).

Berkat hadirnya charging case bawaan, OPPO Enco W51 mampu memiliki daya tahan baterai total mencapai 20 jam. Sementara pada saat fitur ANC nonaktif dengan tingkat volume 50%, setiap earbud perangkat ini dapat bertahan selama 4 jam dalam sekali cas. Selain itu, daya tahan totalnya tanpa ANC menjadi 24 jam apabila kita membawa charging case juga.

Untuk charging case bawaannya sendiri mempunyai baterai berkapasitas 480mAh. Dengan kata lain, kamu dapat memasukkan earbud ke charging case setiap daya baterainya sudah habis untuk diisi ulang kembali.

Saya sendiri rata-rata menggunakan OPPO Enco W51 sekitar 7 jam hingga 9 jam untuk menonton Drama Korea di Netflix, menonton video di Youtube, mendengarkan musik di YouTube Music, sesekali memainkan game, atau terkadang menerima panggilan telepon.

OPPO Enco W51 Earbuds with Case

Apabila earbud dan charging case benar-benar habis daya baterainya, maka kamu dapat mengisinya dari kondisi 0% ke 100% hanya dalam waktu 80 menit saja pada saat mengecas menggunakan kabel charger. Sebenarnya, OPPO Enco W51 juga dibekali dengan Wireless Charging, namun saya tidak memiliki Wireless Pad yang mendukung fitur ini karena dijual terpisah.

OPPO Enco W51 sudah dibekali dengan sertifikat IP54 yang membuktikan bahwa telah tahan terhadap percikan air dan debu sehingga dapat kita gunakan untuk aktivitas di luar ruangan maupun olahraga. Namun tidak disarankan menggunakan earphone ini selama olahraga ekstrim untuk mencegah kerusakan akibat resapan keringat yang berlebih.

Setelah pemakaian selama dua minggu, saya merasa bahwa OPPO Enco W51 menghadirkan performa yang bagus untuk earphone TWS di harga Rp 1.299.000. Apalagi produk ini hadir dengan kualitas suara yang menarik dan dukungan Active Noise Cancellation.

Tinggalkan Komentar