Aplikasi

Hindari Lag, Berikut Aplikasi Launcher Paling Ringan yang Patut Dicoba

 Aplikasi Launcher Paling Ringan Header

Gadgetren – Launcher atau peluncur merupakan fitur pada handphone Android yang mengatur bagaimana cara pengguna berinteraksi dengan sistem maupun kumpulan aplikasi yang ada.

Setiap handphone dilengkapi dengan launcher bawaan yang mungkin cocok atau tidak dengan selera penggunanya. Namun untuk tampilan yang lebih menarik, ada banyak launcher pihak ketiga yang bisa digunakan.

Namun, ada beberapa kasus penggunaan launcher yang justru menjadi penyebab HP lemot. Karena itu, kamu bisa mengguakan launcher paling ringan untuk dipasang di handphone agar navigasi jadi lebih mulus. Berikut rekomendasi terbaiknya untuk kamu!

Aplikasi Launcher Paling Ringan

1. Nova Launcher

Nova Launcher

Nova Launcher merupakan salah satu aplikasi launcher paling ringan. Menemani para pengguna Android selama bertahun-tahun, Nova Launcher masih terus mempertahankan predikatnya sebagai launcher terbaik menurut beberapa sumber.

Berbagai pembaruan yang terus dilakukan tak lantas membuatnya jadi berat digunakan, tapi justru semakin nyaman. Maka dari itu Nova Launcher patut sekali untuk kamu coba.

2. Hyperion Launcher

Hyperion Launcher

Launcher satu ini menawarkan estetika asli Pixel Launcher dengan kemampuan penyesuaian yang luar biasa dan ringan. Pengaturan default yang disediakan pun sudah cukup mumpuni. Namun dengan beberapa pengaturan, kamu dapat menciptakan pengalaman yang lebih menyenang dan dilengkapi dengan banyak ikon.

3. Microsoft Launcher

Microsoft Launcher

Microsoft Launcher terus memantapkan diri sebagai salah satu launcher terbaik yang tersedia di Play Store. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan, berbagai fitur di dalamnya juga sangat banyak. Tak hanya ringan, kamu bisa menyesuaikan tata letak layar beranda dan menyesuaikan tema sendiri.

Namun nilai jual terbesar dari launcher ini ada pada integrasi Cortana dan fitur kontinuitas di dalamnya. Kamu juga bisa memanfaatkan AI Microsoft dan menjadikannya sebagai pengganti Google Assistant. Jika Anda login menggunakan akun Microsoft yang sama dengan PC, sinkronisasi aktivitas dari kedua perangkat dapat dilakukan dengan mudah.

4. Action Launcher

Action Launcher

Dengan Action Launcher, kamu bisa menghadirkan nilai estetika terbaik Android melalui Widget At A Glance, pintasan aplikasi, dan support paket ikon adaptif. Sayangnya beberapa di antaranya akan dikenakan biaya sebelum dapat digunakan. Namun tentunya keunggulan utama dari launcher ini adalah betap ringan sumber daya yang dibutuhkan.

5. Lawnchair

Lawnchair 2 Launcher

Dari segi tampilan dan fungsi keseluruhan, launcher yang satu ini memiliki kesamaan dengan launcher yang digunakan Google pada koleksi seri Pixel. Berbeda dengan yang dipasang pada handphone Pixel, Lawnchair lebih mudah diatur dan juga sangat ringan.

Kamu dapat mengubah ikon, mengelola tampilan layar di beranda dengan memilih ukuran ikon dan jumlah kolom, serta berbagai fungsi lainnya. Adapula widget Pixel yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Dari segi kinerja, Lawnchair mirip dengan Nova dan launcher Pixel asli.

Dengan beberapa rekomendasi di atas, kamu bisa menentukan pilihan launcher paling ringan untuk pengalaman terbaik menggunakan Android.

Tinggalkan Komentar