ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Handphone Sering Lemot? Ini Berbagai Penyebabnya

penyebab HP lemot header[ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Keberadaan handphone dalam kehidupan sehari-sehari sudah tak lagi dapat dipisahkan. Berbagai kebutuhan harian mulai dari komunikasi, pekerjaan, hingga hiburan pun sudah terkoneksi dengan perangkat satu ini.

Di sisi lain, eratnya keperluan ini terkadang membat kesal ketika handphone menjadi lemot. Hal ini lazim terjadi seiring dengan lamanya usia penggunaan karena banyak sekali faktor yang bisa menyebabkannya.

Namun sebelum terburu menggantinya dengan yang baru atau meluapkan emosi berlebihan, kenali dulu beberapa penyebab HP lemot berikut dan cara mengatasinya.

Memori Internal Penuh

Banyak yang masih mengabaikan fakta bahwa sistem operasi juga membutuhkan ruang pada memori internal agar dapat berjalan dengan optimal. Oleh karena itu, cek kapasitas penyimpanan internalmu. Beberapa data seperti foto, video, dokumen, rekaman suara, hingga aplikasi bisa jadi terlalu memenuhi memori dan membuat performa handphone menurun.

Handphone keluaran anyar telah dilengkapi dengan pengaturan dan notifikasi sehingga kamu lebih mudah untuk mencari dan menghapus data apa saja yang berkapasitas besar maupun tidak diperlukan. Jika handphone kamu tidak memberi opsi ini, masih ada aplikasi pihak ketiga yang bisa dimanfaatkan.

Kualitas Memori Eksternal Buruk

Memori eksternal akan memang membantu dalam menyimpan lebih banyak data, tetapi perhatikan pula spesifikasinya. Kualitas memori eksternal yang buruk bisa jadi penyebab HP lemot lantaran kecepatan baca dan tulis yang tidak seimbang dengan komponen lainnya.

Solusi atas hal ini tentu saja dapat diatasi dengan mengganti dan memilih memori eksternal dengan kualitas yang lebih baik. Sebagai gambaran, setidaknya pilih memori eksternal Class 10.

RAM Penuh

RAM merupakan komponen dari yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan (memori) sementara sekaligus berbagai perintah program yang sedang bekerja. Sama seperti poin pertama, jika kapasitas RAM penuh, maka performa handphone pun akan menurun karena kemampuan memproses instruksi terhambat.

Salah satu hal paling umum yang menyebabkan RAM penuh adalah banyaknya aplikasi yang terbuka dalam satu waktu bersamaan dan penggunaan widget. Adapun untuk mengatasinya bisa dengan cara menghapus cache, menghapus file unduhan, maupun menghentikan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Kondisi Baterai Terdegradasi

Penyebab HP lemot yang satu ini biasanya juga ditandai dengan beberapa faktor lain seperti baterai yang cepat habis dan efek panas yang ditimbulkan. Semakin lama, baterai akan semakin kehilangan kemampuan dalam menyimpan daya dan memengaruhi pemrosesan pada handphone itu sendiri.

Hentikan kebiasaan buruk melakukan charging baterai semalaman dan baru melakukan charging setelah membiarkannya benar-benar mati kehabisan daya. Jika sudah terlalu parah atau bocor, maka solusinya adalah dengan mengganti baterai handphone jika masih memungkinkan.

Selain empat hal di atas, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya seperti software yang tidak diperbarui, menggunakan banyak aplikasi antivirus, terlalu banyak auto sync, cache menumpuk, dan file sistem log menumpuk.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar