Smartphone

Keren! Ini Fitur Baru Yang Jadi Kelebihan Android 11

Android 11 Hero

Gadgetren – Android merupakan salah satu sistem operasi terbesar di dunia yang digunakan oleh berbagai perangkat mulai dari handphone, tablet, Smart TV, smartwatch, perangkat IoT (Internet of Things), hingga lainnya.

Dengan banyaknya produk menggunakan sistem operasi ini, Google selalu memperbaiki dan menambahkan fitur menarik pada Android generasi selanjutnya. Pada tahun 2020, Android sudah memasuki versi 11 atau lebih dikenal sebagai Android 11.

Beberapa handphone yang pertama mendapatkan Android 11 meliputi untuk Google Pixel 2, Google Pixel 3, Google Pixel 3A, Google Pixel 4, Google Pixel 4A, OnePlus 8, OnePlus 8 Pro, OPPO OPPO Reno3, OPPO Reno3 Pro, OPPO Find X2, OPPO Find X2 Pro, realme X50 Pro, Xiaomi Mi 10, dan Mi 10 Pro.

Tentunya ada fitur-fitur baru yang menjadi keunggulan dari sistem operasi generasi terbaru ini. Bagi kamu yang penasaran, maka dapat melihat fitur yang menjadi kelebihan Android 11 berikut ini.

Fitur Baru Yang Jadi Kelebihan Android 11

1. Scroll Screenshot

Android 11 Scroll Screenshot[Ilustrasi: Android Central]

Pada Android 11 ini Google secara resmi menambahkan fitur untuk Scroll Screenshot atau menangkap tampilan layar secara panjang. Dengan kata lain, pengguna handphone dengan sistem operasi ini dapat melakukan screenshot pada situs, aplikasi, atau pengaturan dalam satu gambar yang panjang.

Scroll Screenshot sendiri belum hadir pada Android 10 versi murni dari Google. Rata-rata setiap vendor handphone melakukan kustomisasi pada sistem operasi modifikasinya sejak Android 7 Nougat untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan tangkapan layar ini.

2. Pin Aplikasi di Menu Share

Android 11 Pin Share Menu[Ilustrasi: Android Central]

Biasanya tombol atau menu Share digunakan ketika kamu ingin membagikan gambar, dokumen, video, atau musik kepada orang lain. Namun biasanya kamu secara otomatis hanya melihat beberapa platform atau aplikasi yang dapat digunakan untuk membagikan file melalui menu Share.

Padahal kamu sendiri ingin membagikan dokumen melalui platform atau aplikasi yang biasanya kita gunakan, namun tidak muncul di menu Share. Untuk itu, Google menghadirkan fitur pin atau menyematkan aplikasi maupun item tertentu di menu Share pada Android 11.

3. Dark Theme Terjadwal

Android 11 Dark Theme[Ilustrasi: Android Central]

Sebenarnya Dark Mode atau Dark Theme sudah dihadirkan secara resmi pada Android 10. Namun Google kembali mengembangkan fitur ini pada Android 11 dengan mengizinkan pengguna untuk menjadwalkan Dark Mode agar dapat aktif secara otomatis.

Kamu dapat mengatur waktu aktif Dark Mode mulai dari petang hingga pagi atau melakukan kustomisasi waktu sendiri. Fitur Dark Theme merupakan sesuatu yang penting untuk saat ini karena memungkinkan kita nyaman ketika membaca atau melihat konten di handphone pada kondisi redup maupun gelap.

4. Riwayat Notifikasi

Android 11 Notification History[Ilustrasi: Android Central]

Google telah menghadirkan Notification History yang memungkinkan kamu dapat mengecek riwayat notifikasi yang sebelumnya telah ditutup atau diabaikan. Fitur ini dapat diaktifkan secara mudah melalui menu atau aplikasi Settings di handphone Android 11.

5. Notifikasi pesan yang terpusat

Android 11 Centre notification[Ilustrasi: Android Central]

Android 11 memiliki kemampuan untuk mengumpulkan beragam notifikasi yang telah masuk ke handphone menjadi satu berdasarkan aplikasi. Nantinya kamu akan melihat semua notifikasi pesan yang terpusat pada aplikasi masing-masing sehingga terlihat lebih rapi dibandingkan Android 10.

6. Do No Disturb Untuk Aplikasi

Android 11 Do Not Disturb[Ilustrasi: Android Central]

Kali ini Android 11 hadir dengan fitur yang memungkinkan kamu dapat menonaktifkan notifikasi dari aplikasi yang dianggap kurang penting melalui mode Do No Disturb dari Settings. Kamu dapat memilih aplikasi apa saja yang dibungkam saat dirasa sedang tidak prioritas.

7. Pengendali Smarthome

Android 11 Smarthome Control

Google telah menyematkan fitur pengendali smarthome di sistem operasi Android 11 yang memudahkan kamu untuk mengontrol beragam peralatan elektronik rumah hanya dari handphone. Fitur ini dapat diakses apabila kamu menekan tombol power pada handphone.

8. Media Control

Android 11 Media Control

Pada saat kamu memutar musik, maka akan muncul Media Control di menu notifikasi tepatnya di bawah Quick Menu yang mempermudah kamu untuk beralih ke output suara eksternal seperti speaker Bluetooth, earphone, headphone, Google Home speaker, dan lainnya.

Tinggalkan Komentar