Berita Smartwatch

Kesan Awal Menggunakan Samsung Galaxy Watch 3, Tampil Klasik Tanpa Terlihat Keteknologian

Samsung Galaxy Watch 3

Baru-baru ini saya berkesempatan untuk mencoba langsung jam pintar terbaru Samsung yaitu Galaxy Watch 3. Seri terbaru ini menghadirkan ukuran jam yang lebih kompak namun dengan layar yang lebih besar.

Galaxy Watch 3 tampil klasik tanpa terlihat keteknologian sehingga tidak membuatnya mencolok ketika digunakan untuk sehari-hari. Saya rasa jamnya pun pantas digunakan untuk acara-acara yang bersifat formal seperti meeting dengan client atau menghadiri pernikahan.

Jamnya menggunakan material stainless steel yang kokoh dan untuk tali jamnya bermaterial kulit asli. Ukuran jam yang saya gunakan ketika dicoba adalah ukuran 41 dan jamnya terasa nyaman serta tidak terasa berat di pergelangan tangan.

Samsung Galaxy Watch 3

Tali jamnya yang bermaterial kulit membuat jamnya terlihat lebih elegan namun mungkin akan tidak nyaman bagi mereka yang sering menggunakan jam ini untuk berolahraga. Untungnya Galaxy Watch 3 menggunakan model tali jam standar sehingga dapat diganti dengan mudah dan disesuaikan dengan penggunaan.

Samsung Galaxy Watch 3

Bezel pada Galaxy Watch 3 selain berfungsi untuk melindungi layar jamnya juga berfungsi untuk menavigasikan jamnya dengan cara diputar bezelnya. Mengoperasikan jam dengan memutar bezel terasa lebih nyaman bagi saya dibandingkan dengan memencet tombol atau menyentuh layar.

Di Galaxy Watch 3 tidak akan ditemukan colokan atau pin untuk pengecasan, ini karena pengecasan dilakukan secara nirkabel baik menggunakan charger bawaan jamnya ataupun perangkat pengecasan nirkabel lainnya. Pada chager bawaan terdapat magnet mempermudah pemosisian jam untuk pengecasan.

Samsung Galaxy Watch 3

Seperti halnya sebuah jam pintar, Galaxy Watch 3 ditenagai oleh sistem operasi yang membuatnya dapat melakukan berbagai hal. Untuk sistem operasinya Samsung masih menggunakan Tizen OS yang mana dikembangkan oleh Samsung sendiri. Dalam penguji cobaan singkat saya, performa jamnya memuaskan dan navigasi antarmuka jam terlihat mulus.

Tampilan jam di Galaxy Watch 3 dapat diubah sesuai dengan keinginan dan juga disediakan berbagai fitur kesehatan seperti pencatatan aktivitas olahraga hingga pendeteksian saturasi oksigen dalam darah.

Selain menghadirkan Galaxy Watch 3 bermaterial stainless steel, Samsung juga menyediakan versi lain yang menggunakan material titanium. Versi titanium ini terlihat lebih gagah dan menggunakan tali jam bermaterial titanium juga.

Samsung Galaxy Watch 3

Galaxy Watch 3 saat ini telah dijual di Indonesia dan tersedia dalam beberapa pilihan yaitu ukuran 41mm dengan pilihan warna Mystic Bronze dan Mystic Silver seharga Rp5.999.000 serta ukuran 45mm dengan pilihan warna Mystic Silver dan Mystic Black seharga Rp6.299.000.

Untuk Galaxy Watch 3 versi material titanium dengan ukuran 45mm baru akan dijual pada tanggal 25 September 2020 dengan harga Rp8.499.000.

Tinggalkan Komentar