Berita Wearable

Apple Watch Series 8, Watch SE, dan Watch Ultra Resmi Dirilis Dengan Beragam Fitur Menarik

Apple-Watch-Series-8-ok

Gadgetren – Melalui ajang teknologi tahunannya bernama Apple Event di bulan September ini, Apple telah mengungkap deretan produk terbaru dari jam tangan pintarnya yaitu Apple Watch.

Kali ini Apple Watch hadir dalam tiga varian yang menyasar tiga segmen pasar berbeda mencakup Apple Watch Series 8, Apple Watch Special Edition (SE), dan yang menjadi kejutan ialah Apple Watch Ultra.

Soal dimensi, Apple Watch Series 8 dan Apple Watch SE tersedia dalam dua ukuran. Apple Watch Series 8 menyediakan ukuran 41mm dan 45mm sedangkan Apple Watch SE mempunyai ukuran 40mm dan 44mm. Sementara Apple Watch Ultra hanya memiliki satu ukuran yaitu 49mm.

Apple Watch SE sengaja dibuat Apple untuk menyasar pengguna yang baru mencoba mengenakan jam tangan pintar buatan Apple. Kemudian Apple Watch Series 8 ditargetkan untuk pengguna yang menginginkan fitur-fitur di pergelangan tangan yang lengkap baik dari segi desain maupun fungsi untuk menemani olahraga hingga memantau data-data kesehatan.

Untuk Apple Watch Ultra menyajikan layar yang akan memuaskan pengguna khususnya bisa menampilkan mode malam. Oleh karena itu, pihak Apple mengatakan bahwa jam tangan premium ini dibuat untuk pengguna yang memiliki aktivitas olahraga sangat ekstrem seperti pendaki yang melakukan ekspedisi di pegunungan es maupun pelari yang menyusuri hutan.

Bila membandingkan ketahanan baterainya, Apple Watch Series 8 mampu digunakan hingga 18 jam. Sedangkan Apple Watch Ultra bisa mencapai 60 jam karena untuk mendukung penggunaan di alam bebas yang kemungkinan akan susah untuk mengisi baterai.

Apple Watch SE

Apple Watch SE

Secara garis besar ketiga jam tangan pintar ini sudah didukung fitur-fitur kesehatan tubuh seperti mampu mendeteksi suhu tubuh secara langsung, memantau siklus menstruasi, mendeteksi kecelakaan mobil dan akan menghubungkan ke panggilan darurat, mengukur kadar oksigen dalam darah (kecuali Watch SE), memantau detak jantung, dan menelusuri kualitas tidur pengguna.

Ketiganya juga sudah memiliki ketahanan dengan durabilitas tinggi seperti bisa diajak berenang, tahan di lingkungan debu, dan benturan. Tampilan antarmukanya sudah diperbarui menggunakan Watch OS 9.

Untuk Apple Watch Ultra sendiri menawarkan fitur-fitur unggulannya yang berguna untuk menemani aktivitas penjelajah di alam bebas seperti GPS dengan dukungan dual frekuensi L1 dan L5 di mana akan melacak lokasi pengguna lebih akurat dengan bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (Al).

Di samping itu menyediakan fitur Compass Waypoints dan Backtrack yang mampu menampilkan rute sebelumnya ketika berangkat yang memungkinkan pengguna tidak kehilangan arah atau tersesat.  Bagi penyelam, Apple Watch Ultra juga didukung oleh aplikasi Oceanic+ yang akan membantu penyelam menyusuri kedalaman lautan dengan aman dan kembali selamat.

Apple Watch Ultra

Apple Watch Ultra

Data-data yang akan ditampilkan dalam aplikasi Oceanic+ meliputi waktu, jarak kedalaman secara real time, suhu air, durasi di dalam air, dan maksimal kedalaman yang boleh diselam.

Mengenai ketersediaan, Apple Watch Series 8, Apple Watch SE, dan Apple Watch Ultra saat ini sudah bisa dipesan secara global. Baik Apple Watch Series 8 dan Apple Watch SE mulai bisa dibeli pada tanggal 16 September 2022 mendatang. Sedangkan Apple Watch Ultra mulai bisa dibeli secara bebas pada tanggal 23 September 2022.

Setiap pembelian ketiga Apple Watch baru tersebut juga akan menyediakan bonus aplikasi Fitness+ selama tiga bulan. Terkait detail harga dari masing-masing jam tangan baru buatan Apple ini bisa kamu lihat lewat tabel di bawah.

Harga Apple Watch Series 8, Apple Watch SE, dan Apple Watch Ultra 

VarianHarga
Apple Watch Series 8399 USD atau Rp5,9 jutaan
Apple Watch SE249 USD atau Rp3,7 jutaan
Apple Watch Ultra799 USD atau Rp11,9 jutaan

Tinggalkan Komentar