ASUS TUF Gaming FX507
Berita Wearable

Apple Watch Series 9 dan Watch Ultra 2 Resmi Meluncur dengan watchOS 10

Apple Watch Series 9 dan Watch Ultra 2 Resmi Meluncur

Gadgetren – Bersamaan dengan peluncuran seri iPhone 15 pada ajang Apple Event di Cupertino Amerika Serikat, Apple juga turut membawa perangkat wearable terbaru yang bernama seri Watch 9, Watch Ultra 2, dan Watch SE.

Jam tangan pintar baru dari Apple ini sudah bisa dipesan di pasar global sampai tanggal 21 September 2023 seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, Prancis, Jerman, India, Jepang, United Arab Emirates, Inggris, dan wilayah lainnya.

Soal harga, seri Watch 9 dibanderol mulai 399 USD atau setara Rp6,1 jutaan sedangkan Watch SE dilepas mulai 249 USD atau sekitar Rp3,8 jutaan. Sementara Watch Ultra 2 dihargai 799 USD atau setara Rp12,2 jutaan.

Adapun semua model jam tangan pintar ini mendukung sistem operasi watchOS 10 yang akan tersedia pada tanggal 18 September 2023 untuk upgrade atau pembaruannya. watchOS 10 kompatibel juga dengan seri Watch 4 ke atas dengan perangkat iPhone XS ke atas atau yang menggunakan iOS 17.

Sebagai varian paling murah, Watch SE menjadi perangkat wearable yang cocok digunakan bagi pengguna yang baru memulai mencoba jam tangan pintar milik Apple. Watch SE tersedia dalam ukuran dimensi 40mm dan 44mm berbahan aluminium dengan strap carbon neutral yakni Sport Loop band.

Fitur-fitur Watch SE sendiri menawarkan asisten pemantauan aktivitas sehari-hari pengguna seperti olahraga, jalan, kualitas tidur, stres, detak jantung, deteksi jatuh, Emergency SOS, deteksi kecelakaan, dan masih banyak lagi.

Untuk seri Watch 9 hadir dengan dua dimensi ukuran yakni 41mm dan 45mm yang menawarkan delapan varian warna mencakup starlight, midnight, silver, red, pink berbahan aluminum, dan juga warna emas, silver, graphite dengan bahan stainless steel.

Apple-Watch-S9-display-2000-nits-

Seri Watch 9 menghadirkan fitur baru berupa double tap atau ketuk dua kali secara bersamaan dengan menyatukan ibu jari dan telunjuk untuk mengaktifkan fungsi perangkat tanpa menyentuh handphone. Dengan double tap pengguna bisa mengakhiri panggilan, menghentikan timer, menunda alarm, menjeda musik, dan masih banyak lagi.

Performa pacu seri Watch 9 kini menggunakan chip terbaru yakni S9. Berkat chip ini, seri Watch 9 mendukung asisten virtual Siri yang bisa merespon perintah suara secara langsung. Untuk pertama kalinya Siri juga dapat mengakses data kesehatan dari aplikasi yang berkaitan.

Baterainya berkapasitas 308 mAh melalui pengisian daya dengan metode wireless. Ketahanan baterai seri Watch 9 disebut bisa digunakan hingga 18 jam dalam kondisi penuh.

Fitur baru lainnya pada seri Watch 9 ialah Precision Finding atau pencarian lebih presisi untuk iPhone yang dapat terhubung ke HomePod. Hal ini berkat dukungan Ultra Wideband 2 yang juga hadir pada AirTag.

Apple-Watch-S9-Series

Penggunaannya sendiri akan bekerja ketika pengguna berada 4 meter dari HomePod maka layar seri Watch 9 akan memunculkan Now Playing untuk mengontrolnya. Jika tidak ada media yang diputar pada HomePod maka akan muncul saran media di bagian atas smart Stack.

Dari segi tampilan, seri Watch 9 sendiri mengusung layar berukuran 1,9 inci berpanel Retina LTPO OLED yang memiliki resolusi 484 x 396 piksel serta mendukung fitur Always on Display yang akan selalu terang.

Ditambah lagi memiliki tingkat kecerahan mencapai 2000 nit dua kali lebih terang dari seri Watch 8. Tak lupa layarnya juga dilindungi lapisan Sapphire crystal glass. Seri Watch 9 juga telah mengantongi sertifikasi IP6X dan tahan di kedalaman air dengan jarak 50 meter.

Sementara untuk varian Watch Ultra 2 memiliki ketangguhan yang lebih baik lagi dari seri Watch 9. Meskipun perangkat premium ini membawa fitur yang sama dari saudaranya itu seperti chip S9, double tap, Precision Finding untuk iPhone, asisten virtual Siri, tapi juga menawarkan fitur premium lainnya.

 Apple-Watch-Ultra-2-

Layar Watch Ultra 2 tebar pesona dengan ukuran 1,92 inci yang mempunyai resolusi 502 x 410 piksel serta mendukung tingkat kecerahan 3000 nit, dilindungi lapisan Sapphire crystal glass, dan kecerahan layar yang awet berupa Always on Display. Bingkainya menggunakan material titanium.

Perangkat model ultra ini mendukung kedalaman 40 meter untuk berenang dan diving di air laut. Sedangkan untuk di dalam air biasa  bisa hingga 100 meter. Selain itu juga telah melalui proses pengujian ketahanan dari jatuh, suhu ekstrem, benturan, dan lainnya melalui sertifikasi MIL-STD 810H.

Baterai Watch Ultra 2 berkapasitas 542mAh yang diklaim bisa digunakan dalam kondisi penuh hingga 36 jam untuk penggunaan biasa. Perangkat ini menyediakan dua speaker di sekitar bodinya dan memiliki penyimpanan internal sebesar 64GB.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar