Review Smartwatch

Review Xiaomi Mi Smart Band 5 – Smartband Ekonomis Bertabur Fitur

Xiaomi-MiBand5-DusProduk

Gadgetren – Menghiasi pasar Indonesia pada segmen smartband di bawah Rp 500 ribu, Xiaomi secara resmi telah meluncurkan produk terbarunya di Indonesia yang bernama Mi Smart Band 5.

Perangkat yang satu ini hadir dengan beragam fitur menarik, mulai dari banyak pilihan tampilan layar atau watch band hingga pemantau aktivitas kebugaran sehari-hari dari pengguna.

Selain itu, perangkat wearable ini juga dapat digunakan untuk memantau detak jantung dan tingkat stres yang sedang dialami oleh pengguna. Dengan banyaknya fitur yang ditawarkannya, apakah Mi Smart Band 5 mampu bersaing degan smartband merek lain pada kisaran harga yang sama di Indonesia?

Xiaomi-MiBand5-Feature

Secara kasat mata, saya melihat bahwa bentuk dan desain yang dibawa oleh Mi Smart Band 5 ini mirip dengan Mi Smart Band 4 dengan bodi inti (core) berbentuk kapsul ditambah strap atau tali yang berbahan silikon.

Sejatinya, inti Mi Smart Band 5 terpisah dengan strap sehingga memudahkan saya untuk melepasnya pada saat akan mengisi daya baterainya. Sementara apabila kamu bosan dengan strap standar, maka dapat membeli talinya dari pihak ketiga di toko online yang biasanya hadir dengan warna dan pola menarik.

Bodi inti atau core dari Mi Smart Band 5 ini bisa dibilang terasa ringan dan ringkas karena mempunyai dimensi 46,95 mm x 18,15 mm x 12,45 mm serta bobot hanya mencapai 11,9 gram. Namun ukuran dari perangkat ini lebih besar dibandingkan dengan Mi Smart Band 4.

Xiaomi-MiBand5-Wear

Saya sendiri merasa nyaman ketika smartband ini sudah disematkan pada pergelangan tangan. Pada bodi inti Mi Smart Band 5 terdapat layar sentuh 1,1 inci dengan resolusi 126 x 294 piksel, kedalaman warna 16 bit, dan tingkat kecerahan 450 nits yang mampu menampilkan konten berwarna dengan cukup jelas dan terang.

Xiaomi sendiri menghadirkan pengaturan tingkat kecerahan mencapai lima tingkat dari redup hingga paling terang. Saya biasanya mengatur ke tingkat satu atau dua ketika sedang berada di dalam ruangan.

Namun pada saat berada di luar ruangan terutama kondisi terik matahari, biasanya saya mengubahnya ke tingkat empat atau lima agar konten dalam Mi Smart Band 5 dapat terlihat dengan jelas.

Perangkat wearable ini sendiri mempunyai banyak tampilan antarmuka utama atau Band Face yang dipilih dan diganti melalui aplikasi Mi Fit pada handphone. Biasanya Band Face ini berisikan banyak informasi yang terdiri dari tanggal, jam, jumlah langkah, kalori terbakar, detak jantung, persentase baterai, cuaca, dan lainnya.

Xiaomi-MiBand5-Display

Setiap Band Face memiliki desain yang menarik sehingga kita dapat memilihnya sesuai dengan selera. Bahkan Xiaomi mengizinkan kita untuk dapat menggunakan foto hasil jepretan sendiri untuk menjadi wallpaper di Mi Smart Band 5.

Selain Band Face, Mi Smart Band 5 juga menghadirkan beragam menu pada layarnya mulai dari Status, PAI, pengukur detak jantung, notifikasi pesan, pengukur tingkat stres, latihan pernapasan, agenda acara, cuaca, latihan olahraga, dan pengaturan.

Untuk bisa berpindah antara menu pada Mi Smart Band 5, maka kamu dapat sapu atau swipe layarnya ke bagian atas atau bawah. Sementara itu, terdapat tombol kapasitif berbentuk bulat di bawah layarnya yang berfungsi untuk kembali atau back dari menu yang telah diakses.

Xiaomi-MiBand5-WearCloseUp

Smartband ini akan mengistirahatkan layar setelah beberapa detik tidak digunakan sehingga dapat menghemat daya baterai. Sementara pada saat saya memutar pergelangan tangan, Mi Smart Band 5 akan menyalakan layar yang sedang istirahat tadi secara otomatis.

Mi Smart Band 5 dapat terhubung dengan handphone, tablet, atau perangkat mobile lainnya menggunakan koneksi Bluetooth melalui aplikasi Mi Fit yang dapat diunduh dari Google Play Store untuk perangkat Android atau Apple App Store untuk perangkat iOS.

Pada aplikasi Mi Fit ini, kita dapat melihat informasi mengenai aktivitas yang sudah dipantau oleh Mi Smart Band 5 mulai dari tingkat stres, aktivitas tidur, detak jantung, jumlah langkah kaki, dan aktivitas olahraga.

Selain itu, kita juga dapat mengatur Band Face, notifikasi pesan, telepon, alarm, dan masih banyak lagi melalui aplikasi Mi Fit. Bahkan melalui aplikasi ini, kita bisa mencari Mi Smart Band 5 yang lupa ditaruh dengan menggunakan fitur Find Band.

Melalui aplikasi Mi Fit, kia bisa mendapatkan data aktivitas dan melakukan pengaturan pada Mi Smart Band 5. Beralih ke bagian bawah inti smartband, terdapat biosensor PPG yang dapat mendeteksi detak jantung dengan akurasi yang baik. Pada saat mendeteksi jantung, maka dua lampu hijau di bawah core perangkat ini akan menyala berkedip hingga proses selesai.

MiBand5-Sensor

Sementara itu, Xiaomi juga telah meningkatkan kemampuan pemantau aktivitas tidur pada Mi Smart Band 5 dibandingkan perangkat generasi sebelumnya dengan kehadiran REM (Rapid Eye Movement) Tracking. Sekilas, REM merupakan tahap tidur yang penting dalam pemulihan energi tidur.

Pada data ini terlihat bahwa Mi Smart Band 5 mampu mencatat aktivitas tidur saya dan memisahkannya ke beberapa kategori seperti 3 jam 1 menit untuk tidur ringan, 15 menit untuk tidur lelap, dan 21 menit untuk REM. Detak jantung juga terdeteksi setelah bangun tidur mencapai 108 BPM (Beats Per Minute).

Mi Smart Band 5 Graphic

Menariknya, Mi Smart Band 5 sudah dibekali dengan GPS sehingga aplikasi Mi Fit dapat memetakan rute pada saat saya melakukan aktivitas olahraga. Untuk bisa membuat fitur ini aktif, smartband wajib terhubung dengan smartphone untuk mengunci posisi GPS dari titik awal ke akhir.

Terdapat 11 mode aktivitas olahraga yang dapat diaktifkan di Mi Smart Band 5 mulai dari Yoga, lari di luar ruangan, bersepeda di luar ruangan, berenang di kolam, bersepeda di dalam ruangan, lompat tali, treadmill, jalan sehat, mesin dayung, mesin elips, dan bersepeda di dalam luar ruangan.

Pada saat terhubung dengan smartphone, Mi Smart Band 5 juga dapat digunakan untuk mengendalikan musik atau menekan tombol shutter kamera dari jarak jauh. Bisa dibilang hal ini memudahkan kita untuk mengambil foto ketika smartphone dalam jarak yang cukup jauh.

Baterai berkapasitas 125mAh yang hadir pada smartband ini diklaim Xiaomi mampu bertahan hingga 14 hari dalam pemakaian normal. Pada saat saya menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari, Mi Smart Band 5 mampu bertahan hampir 14 hari.

Xiaomi-MiBand5-Stand

Untuk mengisi daya baterainya, saya perlu membuka inti atau core Mi Smart Band 5 dari tali. Setelah terlepas, maka tinggal menghubungkan PIN magnetis pada bagian bawah smartband ke kabel charger bawaannya. Pengisian daya baterai cukup berjalan cepat di kisaran 1 jam hingga 1,5 jam.

Xiaomi juga mengklaim bahwa perangkat ini mampu bertahan selama 50 meter di dalam air tawar sehingga dapat digunakan pada saat berenang atau mandi. Dengan beragam fitur yang ditawarkan ini, Mi Smart Band 5 hanya dibanderol dengan harga resmi Rp 449.000 di Indonesia.

Tinggalkan Komentar