Review Smartphone

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver – Warna Baru, Fitur Kamera Baru

GalaxyA71-Feature

Gadgetren – Selain Galaxy A51, Samsung Electronics Indonesia juga telah meluncurkan Galaxy A71 dengan warna baru Haze Crush Silver di Indonesia.

Dibandingkan Galaxy A71 yang diluncurkan Samsung Electronics Indonesia pada bulan Januari 2020 silam, handphone varian warna baru ini tidak mempunyai banyak perubahan. Bahkan spesifikasi hardware yang ditawarkan pada keduanya pun hampir sama.

Sebagai catatan, saya sendiri sudah melakukan review Galaxy A71 pada bulan Februari 2020. Selain perbedaan warna, di sini saya melihat terdapat penambahan fitur fotografi pada handphone varian terbaru ini.

Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.5/10

Kesimpulan

Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver hadir di Indonesia dengan membawa RAM 8 GB, penyimpanan internal 128 GB, dan AI Quad Camera 64 MP.

Pros

  • Performa bertenaga
  • Kapasitas RAM dan penyimpanan lega
  • Ada NFC
  • Sensor fingerprint dan Face Unlock responsif
  • Hasil foto bagus di siang hari

Cons

  • Night Mode perlu ditingkatkan
  • Tidak tahan air
  • Kamera makro beresolusi kecil

GalaxyA71-QuadCamera

Fitur fotografi yang dibawa Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver meliputi Single Take dan Pro Mode. Sebelumnya, kedua fitur tersebut sudah dihadirkan pada handphone flagship Samsung Galaxy S20 Series.

Single Take memungkinkan kamu dapat mengambil foto maupun video menarik hanya dalam sekali jepret. Pada saat saya mencobanya, fitur ini dapat menghasilkan foto berwarna, monokrom, video singkat, video looping, video cepat, dan lainnya.

Galaxy-A71-Single-Take

Bisa dibilang Single Take ini memudahkan kamu untuk mengabadikan momen berharga dengan banyak mode secara cepat. Sementara Pro Mode pada handphone ini mengizinkan kita dapat mengatur ISO, aperture, fokus, white balance, exposure, dan preset sesuai kebutuhan.

Galaxy A71 Pro Mode

Sama dengan Galaxy A71 sebelumnya, handphone varian warna ini mempunyai empat kamera belakang dengan komposisi kamera utama 64 MP, ultrawide 12 MP, makro 5 MP, dan sekunder 5 MP. Secara bawaan, kamera utamanya akan menghasilkan foto beresolusi 16 MP karena menggunakan teknologi TetraCell 4-in-1 pixel binning.

Namun apabila kamu ingin mengambil foto dengan resolusi yang lebih besar, maka dapat menggunakan 64 MP Mode pada pengaturan di aplikasi kamera bawaan Galaxy A71 Haze Crush Silver. Sedangkan kamera ultrawide memudahkan saya untuk mengambil foto dengan area yang luas.

GalaxyA71-Haze-Bunga-MacroMakro

GalaxyA71-Haze-BuahMakro

Ultrawide

GalaxyA71-Haze-Rumah-AutoAuto

GalaxyA71-Haze-Cat-64MPTarget64MP

GalaxyA71-Haze-Cat-64MPCrop64MP-Crop

GalaxyA71-Haze-Cat-AutoTargetAuto

GalaxyA71-Haze-Cat-AutoCropAuto-Crop

Meskipun terdapat fitur Night Mode pada handphone ini, namun Samsung perlu melakukan peningkatan pada fotografi malam harinya karena masih terlihat banyak noise pada fotonya. Sementara itu, kamera depan handphone ini mempunyai resolusi 16 MP dengan kualitas yang bagus.

GalaxyA71-Haze-JalanMalam-AutoAuto

GalaxyA71-Haze-JalanMalam-NightNight Mode

Selfie Auto

GalaxyA71-Haze-SelfieBokehSelfie Bokeh

Dari sektor hardware, Galaxy A71 Haze Crush Silver hadir dengan chipset Snapdragon 730G Octa-Core berkecepatan maksimal 2,2 GHz yang dipadukan dengan RAM 8 GB. Kombinasi ini mampu membuat aplikasi untuk aktivitas sehari-hari dapat dijalankan secara multitasking dengan lancar.

GalaxyA71-Handson

Game populer seperti Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, dan Final Fantasy XV Pocket Edition mampu dijalankan dengan lancar menggunakan pengaturan grafis dan frame rate tinggi. Namun untuk Final Fantasy XV Pocket Edition sebaiknya memakai grafis dan frame rate menengah agar dapat berjalan dengan lebih mulus.

Berdasarkan pengujian AnTuTu Benchmark v8.4.3, Galaxy A71 Haze Crush Silver berhasil mendapatkan skor 192.538 poin. Sementara pada benchmark dengan Geekbench 4.4.2, handphone ini mendapatkan skor 2.540 poin untuk Single-Core dan 7.112 untuk Multi-Core.

Galaxy A71 Haze Benchmark Performance

Perangkat ini juga mendapatkan skor 545 untuk Single-Core dan 1.716 untuk Multi-Core pada pengujian dengan Geekbench 5.2.0. Dengan pengujian game dan benchmark ini memperlihatkan bahwa Galaxy A71 mampu bersaing dengan handphone kelas menengah lainnya.

Baterai berkapasitas 4.500mAh yang hadir pada handphone ini diklaim Samsung mampu memiliki daya tahan baterai yang lama. Untuk itulah, saya melakukan pengujian menggunakan aplikasi PCMark for Android dengan mode Work 2.0 battery life, kondisi baterai dari 100%, dan tingkat kecerahan layar 50%.

Galaxy A71 Haze Benchmark

Hasilnya handphone ini berhasil mendapatkan skor 12 jam 12 menit. Pada saat penggunaan sehari-hari, Galaxy A71 Haze Crush Silver mampu bertahan selama 19 jam 18 menit dengan Screen on time mencapai 10 jam 45 menit dalam pemakain normal.

Berkat fitur 25W Fast Charging, handphone varian terbaru ini mempunyai waktu pengisian daya baterai yang cepat dari kondisi 12% hingga 100% hanya dalam waktu 1 jam 30 menit.

Berdasarkan penggunaan selama seminggu, Galaxy A71 Haze Crush Silver nyaman untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari berkat performa yang bertenaga dan kemampuan multi kamera yang ditawarkannya. Namun kemampuan kamera malam hari dan fitur Night Mode perlu ditingkatkan.

Layar 6,7 inci Super AMOLED Plus Full HD+ yang dimiliki Galaxy A71 Haze Crush Silver ini mampu menampilkan konten dengan terang dan tajam. Sementara desainnya yang penuh dengan punch hole di atas membuat saya leluasa dalam menonton video maupun memainkan game.

GalaxyA71-HalfBottomBack

Bodi belakang dari handphone ini terasa menarik dengan warna Haze Crush Silver yang terlihat menawan. Apalagi noda dan debu sidik jari tidak mudah menempel pada bagian belakangnya. Meskipun begitu, Samsung tetap menyematkan softcase tambahan pada paket penjualannya.

Meskipun berada di dalam layar, namun sensor fingerprint pada handphone ini terasa responsif dalam mendeteksi sidik jari. Hadirnya sensor NFC menjadi nilai tambah dari perangkat yang satu ini karena memungkinkan saya dapat mengecek atau mengisi saldo e-money secara cepat.

Dengan harganya yang mencapai Rp 6.499.000, handphone ini belum didukung dengan kemampuan tahan air. Namun apabila dilihat dari banyaknya keunggulan yang ditawarkan, maka Galaxy A71 Haze Crush Silver masih bisa menjadi pilihan di kisaran harga Rp 6 jutaan.

Tinggalkan Komentar