Tips dan Trik

Ini Dia Cara Foto Bulan dengan HP Xiaomi Biar Makin Kekinian

Cara Foto Bulan dengan Xiaomi Header

Gadgetren – Sebagai perusahaan smartphone, kini nama Xiaomi sudah terkenal di Indonesia berkat kehadiran dua seri perangkatnya yang terdiri dari Redmi dan Mi Series.

Seri Redmi merupakan lini smartphone Xiaomi kelas menengah ke bawah yang mempunyai harga terjangkau. Sementara seri Mi menjadi lini smartphone kelas menengah ke atas yang dibekali fitur dan spesifikasi hardware menarik.

Kedua seri smartphone ini sendiri sudah dibekali dengan berbagai fitur menarik yang salah satunya terdapat di sektor kamera. Bahkan tak tanggung-tanggung, seri Mi terbaru sudah dibekali dengan fitur Moon Mode yang dapat digunakan untuk memotret bulan secara mudah.

Smartphone Xiaomi di Indonesia yang sudah memiliki fitur Moon Mode meliputi Mi Note 10, Mi Note 10 Pro, dan Mi 10. Dengan hadirnya fitur ini, pengguna dapat memotret bulan dengan hasil yang jelas dan tajam layaknya menggunakan kamera profesional.

Mi Note 10 Black

Sebenarnya fitur Moon Mode ini hampir seperti yang hadir pada HUAWEI P30 dan P30 Pro atau di atasnya. Aplikasi kamera sudah disematkan algoritma khusus yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan agar bisa membuat bulan terlihat jelas, tajam, dan bagus ketika diabadikan dalam bentuk foto.

Kita ketahui bersama bahwa apabila kita tidak menggunakan Moon Mode, maka bulan yang dibidik akan memancarkan cahaya sangat terang sehingga teksturnya tidak terlihat dengan jelas. Dengan kecerdasan buatan dan algoritma yang diterapkan, fitur ini mampu mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh bulan dan teksturnya dibuat dengan jelas dan tajam.

Untuk itu, kamu dapat melihat cara mengambil foto bulan dengan ketiga HP Xiaomi tersebut dengan menggunakan tutorial berikut ini.

Cara Foto Bulan dengan Xiaomi Moon Mode

  1. Pertama, buka aplikasi kamera bawaan di Mi Note 10, Mi Note 10 Pro, atau Mi 10
  2. Pada aplikasi kamera, aktifkan AI Scene Recognition
  3. Setelah AI aktif, maka arahkan kamera HP Xiaomi tersebut ke bulan yang sedang tampak
  4. Selanjutnya, lakukan Zoom ke arah bulan hingga tulisan Moon Mode muncul pada aplikasi kamera
  5. Setelah Moon Mode dipilih, maka aplikasi kamera akan membuat cahaya bulan berkurang dan juga teksturnya akan dipertajam
  6. Apabila kamu merasa bahwa bulan sudah cocok difoto, maka tekan tombol virtual Shutter
  7. Kemudian, foto bulan akan tersimpan di penyimpanan internal HP Xiaomi

Tekstur bulan pada hasil foto menggunakan Moon Mode akan terlihat jelas karena sudah menggunakan algoritma dan kecerdasan buatan yang telah dioptimalkan. Sebenarnya smartphone seri Mi 9 juga sudah dibekali dengan fitur ini, namun produk tersebut tidak diluncurkan resmi di Indonesia.

Sementara itu, untuk smartphone Redmi dan Mi lainnya harus menggunakan metode Pro atau Manual yang terdapat dalam aplikasi kamera bawaannya. Untuk itu, kamu dapat melihat langkah mengambil foto bulan sebagai berikut ini.

Menggunakan Mode Pro atau Manual

  1. Pertama, buka aplikasi kamera bawaan HP seri Redmi atau Mi
  2. Pada aplikasi kamera, pilih Mode Pro atau Manual
  3. Kemudian atur ISO, White Balance, Focus, Shutter Speed, dan lainnya sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar
  4. Selain itu, kamu juga dapat melakukan Zoom agar bulan dapat terlihat lebih besar
  5. Setelah semuanya sudah diatur sesuai keinginan, maka pilih tombol virtual Shutter
  6. Selanjutnya, kamu dapat melihat foto bulan di aplikasi Gallery

Berbeda dengan Moon Mode, foto dengan menggunakan Mode Pro atau Manual akan menghasilkan bulan dengan cahaya pendar yang lebih banyak dan tekstur yang tidak terlalu tajam. Namun apabila kamu benar-benar ingin mendapatkan foto bulan yang sangat jelas dengan menggunakan Mode Pro atau Manual ini, maka dapat menambahkan lensa Telezoom dari pihak ketiga.

Lensa Telezoom dari pihak ketiga ini sendiri dapat kamu beli di berbagai toko online di Indonesia atau pinjam dari teman yang mempunyai. Semakin tinggi perbesaran lensa Telezoom, maka hasil foto bulan yang didapat akan semakin bagus.

Tinggalkan Komentar