ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Menggunakan Fitur QR Code Untuk Berbagi Kontak dengan Cepat di Layanan WhatsApp

QR Code WhatsApp Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Berbagi kontak di layanan WhatsApp akan semakin mudah untuk dilakukan. Facebook, perusahaan yang berada di belakang layanan WhatsApp, baru saja menyiapkan fitur QR Code untuk hal tersebut.

Dengan fitur baru ini, pengguna nantinya dapat berbagi kontak tanpa perlu repot-repot menyimpan nomor WhatsApp ke daftar kontak. Pengguna bisa berbagi nomor WhatsApp dengan memindai kode QR yang muncul seperti pada saat akan membuka WhatsApp Web.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh WABetaInfo, fitur baru yang sekarang masih mampir di tahap pengujian beta ini bisa digunakan dengan cara yang serupa pada platform Android maupun iOS.

Untuk menggunakannya, kamu yang sudah berkesempatan mencicipi fitur ini dapat membuka pengaturan (Settings). Di sebelah kanan nama profil, kamu nantinya akan menjumpai sebuah ikon berbentuk persegi yang akan menampilkan pengaturan khusus QR Code ketika dibuka.

Ketika masuk ke dalam bagian pengaturan QR Code ini, kamu akan menjumpai kode QR personal untuk nomor WhatsApp miliknya sekaligus fitur Scan untuk memindai kode QR dari pengguna lain.

Kamu dalam hal ini bisa menunjukkan kode ke pengguna lain jika ingin membagikan nomor WhatsApp-nya. Namun jika ingin menyimpan pengguna lain, kamu bisa mengaktifkan fitur pemindai lalu mengarahkan kamera ke kode QR WhatsApp pengguna tersebut.

Yang cukup menarik, dukungan baru untuk WhatsApp ini cukup berbeda dari beberapa fitur kode QR di layanan lain karena hadir dengan fitur reset kode yang memungkinkan pengguna mengatur ulang kode saat kode sebelumnya jatuh ke tangan orang yang salah.

Kode QR atau yang lebih dikenal sebagai QR Code (Quick Response Code) sendiri merupakan sebuah evolusi dari matrik kode batang (barcode) yang semula hanya satu dimensi kini menjadi dua dimensi.

Berkat adanya evolusi ini, kode yang dirancang secara khusus untuk menyampaikan informasi dengan lebih cepat tersebut dapat memuat lebih banyak data ketimbang versi kode batang biasanya.

Hadirnya fitur QR Code ke dalam layanan WhatsApp tentu saja menjadi kabar yang sangat menggembirakan. Namun apabila kamu belum berkesempatan untuk mencobanya, kamu harus sedikit bersabar karena WhatsApp menyebarkannya secara bertahap.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar