Tips dan Trik Aplikasi

Cara Buat Link WhatsApp dengan Teks Pesan yang Terformat Biar Semakin Mudah Dihubungi

Cara Buat Link WhatsApp Dengan Teks - Header

Gadgetren – Layanan WhatsApp mendukung sebuah fitur bernama click to chat yang bisa memudahkan para pengguna membuat tautan kontak pribadi sehingga bisa lebih mudah untuk dihubungi.

Dengan memakai fitur tersebut, kita bisa membuat link yang bisa ditempelkan di berbagai macam platform baik itu laman web atau profil media sosial. Contohnya untuk Instagram, Facebook, Twitter, atau TikTok.

Fitur click to chat tentu bisa menjadi opsi pas buat kita yang sedang berjualan atau menjalankan sebuah roda bisnis. Dukungan ini apalagi memungkinkan seseorang menghubungi kita tanpa perlu lagi menyimpan nomor kontak ke handphone terlebih dulu.

Yang cukup menarik, fitur ini juga mendukung opsi untuk membuat format pesan secara langsung. Jadi orang bisa menghubungi kita tanpa perlu mengetik terlalu banyak melainkan cukup mengedit teks yang sudah kita atur.

Untuk menggunakan fitur ini, kita pun tak perlu memakai layanan maupun aplikasi dari pihak ketiga. Kamu bisa membuat link WhatsApp dengan teks pesan yang sudah terformat dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Membuat Link WhatsApp dengan Teks Pesan Terformat

  • Siapkan nomor WhatsApp yang ingin digunakan
  • Salin URL https://wa.me/nomor?text=TeksPesanURL
  • Ubah nomor dengan nomor WhatsApp
  • Ubah TeksPesanURL dengan isi pesan yang diinginkan
  • Salin seluruh URL dan gunakan sesuai kebutuhan

Supaya berhasil dalam membuat link WhatsApp, ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan. Pastikan nomor kontak yang ingin digunakan di URL di atas sudah diubah ke format internasional tetapi tanpa tanda plus (+) di depannya.

Kita dalam hal ini secara khusus hanya perlu mengubah angka 0 yang paling depan dengan 62 jika memakai kartu seluler Indonesia. Sebagai contohnya, kita bisa mengubah nomor 081234567890 menjadi 6281234567890.

Selain itu, kita juga tidak bisa menulis isi pesan secara sembarangan melainkan harus memakai kaidah penulisan untuk membuat URL. Termasuk di antaranya memakai kode %3A untuk membuat tanda titik dua, %0A untuk enter (berpindah baris), dan %20 untuk spasi.

Cara Buat Link WhatsApp Dengan Teks

Kita misalnya bisa mengganti TeksPesanURL di URL yang disalin dengan kode Nama%20%3A%0AAlamat%20%3A%0Abarang%20Pesanan%3A untuk membuat link WhatsApp dengan teks pesan berformat sebagai berikut.

Kita tentu bisa berkreasi sendiri untuk membuat isi pesan teks sesuai kebutuhan. Kalau takut terlalu panjang, kita nanti bisa memanfaatkan layanan penyingkat tautan seperti Bitly, S.ID, atau TinyURL.

Tinggalkan Komentar