Tips dan Trik Aplikasi

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Secara Permanen Biar Penelusuran Lebih Mudah

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Secara Permanen - Header

Gadgetren – Membersihkan kontak dari nomor-nomor yang sudah tidak dipakai kadang kala memang perlu dilakukan untuk merampingkan pencarian. Hal tersebut juga berlaku untuk layanan WhatsApp.

Agar bisa memulai percakapan lewat pesan WhatsApp, kita umumnya perlu menyimpan nomor yang ingin dihubungi terlebih dahulu. Kecuali dalam hal ini kita mau memanfaatkan fitur click to chat yang memungkinkan kita melakukannya lewat sebuah tautan.

Nomor yang disimpan padahal kadang-kadang nantinya justru tidak terpakai lagi. Jadi kalau dibiarkan secara terus-menerus hanya akan menumpuk begitu saja sehingga tak jarang menjadi bumerang yang bisa merepotkan kita.

Dengan penumpukan tersebut, kita salah satunya akan kesulitan untuk mencari kontak yang ingin dihubungi. Kita pun bisa sedikit kebingungan untuk menemukan mana yang masih aktif dan digunakan jika mereka suka gonta-ganti nomor.

Menghapus kontak di layanan WhatsApp secara permanen untungnya bukan suatu hal yang sulit meskipun perlu sedikit trik. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya jika kamu sama sekali belum bisa.

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Secara Permanen

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Ketuk tombol New chat (Ikon gelembung pesan) di pojok kanan bawah
  • Cari dan pilih kontak yang ingin dihapus
  • Ketuk nama kontak di bagian atas
    Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Secara Permanen - 1
  • Ketuk More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas
  • Pilih opsi View in address book
  • Pilih opsi View contact jika diperlukan
    Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Secara Permanen - 2
  • Jika kontak sudah terbuka di buku telepon, klik More options sekali lagi
  • Pilih opsi Delete atau Delete contact
  • Konfirmasi dengan menekan tombol yang sesuai
    Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Secara Permanen - 3

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kontak akan terhapus baik dari penyimpanan awan maupun lokal yang mana termasuk juga aplikasi telepon. Jadi sebaiknya pikirkan secara matang-matang sebelum melakukannya.

Kabar baiknya, pesan atau percakapan yang pernah kita lakukan di layanan WhatsApp tidak akan ikut terhapus. Kita pun bisa menghubungi kontak kembali atau harus menghapusnya secara manual jika memang sudah tidak diperlukan.

Perlu sedikit digarisbawahi, menghapus kontak dari layanan WhatsApp tidak bisa menjadi alternatif untuk menangkal gangguan dari nomor-nomor tertentu. Jika ingin melakukan hal ini maka kita harus memilih untuk memblokirnya.

Tinggalkan Komentar