Mading Tekno

Mengenal Apa Itu QR Code dan Berbagai Macam Jenisnya

Mengenal QR Code dan Jenis QR Code - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sekarang ini sudah banyak platform digital yang mengimplementasikan teknologi QR Code ke dalam fitur-fitur khusus untuk mempermudah setiap aktivitas pengguna di dalam layanannya.

Teknologi QR Code memang dapat menyederhanakan banyak hal. Kita dapat memakainya untuk mempermudah proses masuk ke dalam jaringan Wi-Fi, membayar transaksi dengan dompet digital, hingga membagikan informasi kontak tanpa mengeja atau menuliskan data.

Setiap proses yang ditawarkan oleh teknologi ini bahkan dapat menjadi lebih cepat karena kita hanya perlu mengarahkan kamera atau perangkat pemindai ke label terkait untuk membaca dan menggunakan informasi yang termuat di dalam QR Code.

Bagi sebagian orang teknologi ini mungkin sudah tidak asing lagi atau bahkan sudah cukup akrab karena sering menggunakannya. Hanya saja, apakah kamu sudah mengenal apa sebenarnya QR Code dan berbagai macam jenisnya?

Mengenal Apa Itu QR Code

QR Code merujuk pada kependekan kata dari Quick Response Code. Teknologi ini merupakan bagian dari kode batang (barcode) berupa label optik yang mempunyai kemampuan untuk memuat sejumlah informasi maupun data.

Pertama kali ditemukan oleh Masahiro Hara dari perusahaan Denso Wave pada tahun 1994, QR Code yang semula hanya dipakai untuk melacak kendaraan selama proses manufaktur kini telah diadopsi ke berbagai macam bidang lain.

Tak hanya untuk berbagai macam tujuan komersial, kita bahkan dapat menjumpai teknologi ini pada sejumlah layanan seluler yang secara khusus ditujukan untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna handphone.

Semua hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan karena QR Code sekarang sudah menggunakan sejumlah standar mulai dari numerik, alfanumerik, byte atau binari, hingga kanji yang mana dapat membuat penyimpanan data lebih efisien.

Seiring dengan tingkat kebutuhan dalam proses adopsinya, QR Code menjelma menjadi beberapa jenis yang di antaranya termasuk Model 1 dan Model 2, Micro QR code, Secure QR code, maupun Frame QR.

Jenis QR Code

1. Model 1 dan 2

Model 1 merupakan jenis QR Code yang mampu menampung hingga 1.167 data numeral sementara Model 2 adalah versi peningkatan yang mampu menyimpan hingga 7.089 numeral. Keduanya sama-sama menjadi QR Code yang paling umum digunakan.

2. Micro QR Code

Micro QR Code adalah jenis QR Code yang mempunyai ukuran label sangat kecil sehingga lebih mudah disematkan ke berbagai macam benda. Namun dengan dimensinya yang terbatas, kita hanya dapat memasukkan data hingga 35 data numeral.

3. Secure QR Code

Sesuai dengan namanya, Secure QR Code atau biasa disebut juga dengan SQR Code adalah jenis QR Code yang mempunyai fungsi terbatas. Kita dapat memanfaatkannya untuk menyimpan berbagai macam informasi rahasia.

4. Frame QR

Jika pernah melihat QR yang berisi logo atau gambar di tengah-tengahnya, maka bisa disimpulkan kamu pernah menjumpai Frame QR. Label jenis ini umumnya dipakai untuk membuat kampanye, promosi, atau semacam autentikasi.

Tinggalkan Komentar