Gadget Perangkat Pintar Review

Review HUAWEI Band 4 – Smartband Terjangkau Dengan Banyak Fitur

Review HUAWEI Band 4 Header

Gadgetren – Melihat peluang smartband yang kian populer diminati oleh banyak orang membuat Huawei akhirnya meluncurkan HUAWEI Band 4 di Indonesia.

Smartband yang satu ini mempunyai fitur-fitur menarik dan harga terjangkau di bawah Rp 500 ribu. Pasalnya produk yang satu ini hadir dengan layar berwarna yang di dalamnya terdapat banyak menu.

Bahkan navigasi antar menu dapat dilakukan dengan sentuhan jari pada layar HUAWEI Band 4. Terdapat juga beberapa mode yang dapat memandu dan memantau aktivitas olahraga hari dari pengguna smartband yang satu ini.

HUAWEI Band 4
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Baterai - 10/10
    10/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.8/10

Kesimpulan

Huawei secara resmi telah meluncurkan smartband di Indonesia dengan nama HUAWEI Band 4. Perangkat ini mempunyai layar berwarna dan banyak fitur.

Pros

  • Layar berwarna dan responsif
  • Ada pengukur aktivitas tidur yang bagus
  • Pemantau aktivitas olahraga
  • Daya tahan baterai lama
  • Dukungan ketahanan air tawar hingga kedalaman 50 meter

Cons

  • Tidak terdapat GPS
  • Tidak ada fitur SpO2 monitor

Dengan berbagai fitur yang terdapat di dalamnya, apakah HUAWEI Band 4 mampu memikat hati banyak orang dan bersaing dengan smartband merek lainnya di Indonesia?

HUAWEI Band 4 Display

Secara kasat mata, saya melihat HUAWEI Band 4 ini mempunyai desain stylish dan ergonomis yang disesuaikan dengan tangan penggunanya. Saya sendiri merasa nyaman ketika produk ini diikatkan di pergelangan tangan saya layaknya sebuah jam.

Bodi berbahan plastik dan tali berbahan karet silikon membuat smartband ini ringan ketika digunakan. Pihak Huawei sendiri mengklaim bahwa bobot dari HUAWEI Band 4 (bodi dan tali) mencapai 24 gram.

Untuk bodinya sendiri mempunyai dimensi yang ramping dengan ukuran 56 mm×18,5 mm×12,5 mm, sedangkan panjang talinya mencapai 123 mm (bawah) dan 85 mm (atas).

Pada bodi atau biasa disebut core, terdapat layar berwarna 0,95 inci dengan teknologi TFT dan resolusi 160 x 80 piksel yang nyaman dipandang oleh mata. Menariknya konten pada layarnya masih bisa dilihat dengan jelas pada berbagai kondisi, baik minim cahaya maupun terkena terik cahaya matahari.

HUAWEI Band 4 Step

Apalagi pada smartband ini terdapat menu untuk pengaturan kecerahan layar dengan lima tingkat mulai dari redup hingga sangat terang. Saya juga dapat menyetel kecerahan layarnya untuk secara otomatis menjadi tingkat terendah ketika sudah malam hari.

HUAWEI Band 4 dapat terhubung dengan smartphone atau tablet menggunakan koneksi Bluetooth dan aplikasi HUAWEI Health yang dapat diinstal di Google Play Store untuk smartphone Android atau Apple App Store untuk perangkat iOS.

HUAWEI Health App

Dengan aplikasi ini, saya dapat melakukan pengaturan smartband dan update versi firmware terbaru. Selain itu, HUAWEI Health juga dapat digunakan untuk melihat data aktivitas sehari-hari seperti olahraga, tidur, langkah kaki, dan lainnya yang dilakukan oleh pengguna produk ini.

Sayangnya tidak semua smartphone dapat terhubung baik dengan HUAWEI Health ini karena aplikasi akan meminta update sistem HUAWEI Mobile Service (HMS) yang terkadang tidak bisa didapatkan di Google Play Store maupun Apple App Store.

Untuk berjaga-jaga, kita harus mengunduh dan menginstal toko aplikasi milik Huawei yang bernama AppGallery dari situs resmi Huawei ke smartphone. Setelah AppGallery berhasil diinstal, biasanya update sistem HUAWEI Mobile Service (HMS) akan berjalan dengan lancar dan smartband dapat terhubung dengan baik.

HUAWEI Band 4 App

Kembali ke layar, HUAWEI Band 4 memiliki halaman utama yang memperlihatkan Watch Face atau tampilan berisikan informasi mengenai jam, tanggal, hari, langkah kaki, kalori yang terbakar, persentase baterai, dan lainnya.

Saya dapat memilih dan menginstal berbagai Watch Face langsung dari aplikasi HUAWEI Health, namun hanya 6 Watch Face yang diizinkan untuk aktif terinstal di smartband.

Setelah beragam Watch Face terinstal, maka Saya dapat mengganti-gantinya secara langsung di aplikasi. Namun saya juga dapat memilih 6 Watch Face yang telah terinstal langsung di layar HUAWEI Band 4. Apabila kita menyentuh dan menggeser layar smartband dengan ke jari ke bagian bawah maupun atas, maka akan berpindah menu.

Setelah menu ditentukan, maka saya dapat langsung menekannya sekali untuk masuk ke dalam menu tersebut. Untuk kembali ke halaman sebelumnya, saya dapat menggeser atau swipe layar dengan jari dari arah kiri ke kanan.

Namun apabila benar-benar ingin keluar dari menu menuju halaman utama atau watch face, maka saya dapat menekan tombol kapasitas berbentuk persegi panjang yang tepat di bawah layarnya.

HUAWEI Band 4 Workout

Menu-menu yang hadir pada smartband ini terdiri dari pengukur aktivitas harian, pengukur detak jantung, pemantau aktivitas tidur, workout atau aktivitas olahraga dengan berbagai mode, More atau pengaturan, pengendali pemutar musik smartphone, dan notifikasi pesan.

Pada saat saya mengakses menu pengukur aktivitas harian, maka akan muncul data lebih lengkap mulai dari jumlah langkah, kalori terbakar, jarak yang ditempuh, dan lamanya duduk. Sementara menu workout memiliki beberapa mode olahraga mulai dari Outdoor Run, Indoor Run, Outdoor Walk, Indoor Walk, Indoor Cycle, Elliptical, Rower, dan Free Training.

Beralih ke bagian belakang bodi atau core HUAWEI Band 4, terdapat sensor Infrared Wear dan Optical Heart Rate sehingga dapat mendeteksi detak jantung dengan cukup akurat. Sementara sensor 3-axis akselerometer yang terdapat di dalam smartband ini memungkinkan gerakan pergelangan penggunanya diketahui.

HUAWEI Band 4 Heart Rate

Dengan kata lain, layar HUAWEI Band 4 yang beristirahat akan menjadi aktif ketika kita memutar pergelangan tangan. Sementara itu, saya juga dapat berpindah menu secara mudah hanya dengan sedikit memutar pergelangan tangan tanpa perlu jari menyentuh layar smartband ini.

Pengendali pemutar musik pada smartband ini dapat berfungsi apabila saya membuka aplikasi musik di smartphone terlebih dulu. Selanjutnya, saya hanya perlu melakukan Play, Pause, Next, maupun Previous musik langsung dari HUAWEI Band 4.

Smartband ini juga mempunyai fitur untuk melihat notifikasi panggilan telepon maupun pesan dari smartphone seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Telegram, dan masih banyak lagi. Untuk mengaktifkan dan mengatur notifikasinya, saya harus menggunakan aplikasi HUAWEI Health.

HUAWEI Health App Sleep Pattern

Data dari semua menu ini dapat dilihat lebih lengkap di aplikasi HUAWEI Health. Apalagi saya juga dapat melihat aktivitas tidur yang sudah terdeteksi HUAWEI Band 4 melalui aplikasi ini. Informasi yang ditampilkan berupa rentang waktu tidur dan persentase tidur untuk kualitas Deep Sleep, Light Sleep, dan REM Sleep.

Dari aktivitas tidur yang dideteksi, aplikasi HUAWEI Health akan menganalisis dan memberikan saran untuk kualitas tidur yang terbaik. Bisa dibilang aktivitas tidur yang dideteksi oleh perangkat wearable ini cukup akurat karena menggunakan teknologi HUAWEI TruSleep.

Teknologi ini memungkinkan smartband dan aplikasi dapat memantau detak jantung penggunanya secara pintar. Bahkan apabila HUAWEI Band 4 sedang tidak digunakan, maka HUAWEI TruSleep tidak akan mendeteksi tidur sama sekali.

HUAWEI Band 4 charge

Selama beraktivitas sehari-hari, HUAWEI Band 4 ini dapat bertahan selama 2 minggu dalam pemakaian normal. Bahkan waktu pengisian daya baterainya hanya memakan waktu 1 jam 45 menit saja. Untuk melakukan pengisian daya baterai, saya dapat menggunakan port USB yang terdapat di dalam tali atau strap pada bagian bawah layar smartband.

Saya hanya perlu menekan pengait dan menarik tali di bagian bawah layar produk ini. Apabila port USB telah terbuka, maka saya hanya perlu mencolokkannya di adaptor charger smartphone yang dimiliki.

Untuk itulah Huawei hanya menyertakan kartu garansi dan buku panduan pada paket penjualan HUAWEI Band 4. Hal ini memudahkan saya untuk melakukan pengecasan baterai pada smartband ini tanpa perlu membawa kabel maupun dock tambahan.

HUAWEI Band 4 Sensor

Meskipun Huawei mengklaim bahwa produk ini mampu bertahan dalam air tawar hingga 5 ATM atau 50 meter, namun pada menu Workout tidak tersedia untuk latihan olahraga di dalam air seperti berenang, polo air, dan lainnya.

Bisa dibilang desain, fitur, daya tahan baterai, dan pengukur aktivitas yang ditawarkan oleh smartband ini menarik. Sementara harga resminya saat diluncurkan pertama kali di Indonesia mencapai Rp 449.000.

HUAWEI Band 4 Feature

Namun sudah banyak toko mitra online resmi yang menawarkan harga yang lebih murah di kisaran Rp 369.000 hingga Rp 389.000. Dengan harga yang ditawarkan ini, HUAWEI Band 4 Pro mampu bersaing dengan produk di kelas harga yang sama.

Tinggalkan Komentar