Tips dan Trik

Pop-Up Playwing Muncul di Ponsel Pengguna Telkomsel, Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Playwing Telkomsel Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Banyak pengguna layanan Telkomsel mengeluhkan tentang adanya pop-ads dari layanan Playwing yang sangat mengganggu karena senantiasa muncul dan menawarkan langganan dengan potong pulsa.

Berdasarkan pencarian saya, Playwing sendiri sejatinya merupakan sebuah penerbit game seluler lintas platform (Android, iOS, dan Windows) yang menawarkan program pengembangan game berstandar tinggi.

Dalam halaman situs web resmi miliknya, penerbit game yang baru dibentuk pada tahun 2017 tersebut menyebutkan bahwa mereka beroperasi di bawah naungan beberapa pendiri Ubisoft secara pribadi.

Saya sendiri sayangnya belum bisa menemukan korelasi yang pas antara penerbit game tersebut dengan pop-ads yang muncul di beberapa ponsel milik pengguna Telkomsel. Apakah benar-benar mereka yang meluncurkan iklan pop-up itu?

Terlepas dari hal ini, memasang iklan pop-up di jaringan Telkomsel memang sangat mudah berkat adanya layanan bernama MyAds. Bagi kamu yang belum tahu, MyAds merupakan layanan pembuatan iklan yang ditawarkan secara langsung oleh Telkomsel.

MyAds menawarkan penayangan iklan melalui beberapa media komunikasi yang meliputi SMS (Short Message Service), MMS (Multimedia Messaging Service), dan USSD (Unstructured Supplementary Service Data).

Pengiklan secara khusus bisa menggunakan layanan ini untuk menawarkan produk atau jasanya kepada pengguna secara masal melalui sistem pesan siaran, pengguna yang ditargetkan, atau pengguna berbasis lokasi.

Dari itu semua, pop-ads merupakan contoh hasil dari pengiriman iklan melalui media USSD. Dengan fitur ini, pengiklan bisa membuat daftar menu, pertanyaan, atau informasi lain yang dapat diakses oleh penerima pesan.

Dugaan saya, pop-ads Playwing memanfaatkan kemudahan tersebut. Apalagi dalam hal ini, pihak Telkomsel sendiri secara tegas menyebutkan bahwa mereka tidak memiliki program Playwing melalui cuitan di akun Twitter miliknya ketika merespons permasalahan pop-ads ini dari pengguna.

Siapa pun yang berada di balik iklan pop-ads tersebut, Telkomsel untungnya memiliki jalan keluar untuk semua itu. Para pelanggan bisa menghubungi layanan pelanggan Telkomsel untuk menonaktifkan hal tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu, layanan pelanggan Telkomsel bisa diakses melalui panggilan suara ke 188, Twitter, Facebook, Instagram, atau datang langsung ke kantor GraPARI terdekat.

Hanya saja perlu diperhatikan, semua iklan pop-up yang hadir di jaringan Telkomsel (termasuk promo produk dari Telkomsel itu sendiri) akan ikut hilang setelah pop-up Playwing dinonaktifkan.

Tinggalkan Komentar