Tekno Tips dan Trik

MyAds Telkomsel – Apa Itu dan Berapa Tarifnya?

MyAds Telkomsel Apa - Header

Gadgetren –  Pernah mendapat iklan berupa SMS maupun pop-up saat menggunakan layanan Telkomsel? Kalau saya sendiri cukup sering apalagi saat bepergian dan melewati zona wilayah tertentu.

Telkomsel memang menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi seluler yang mempunyai layanan sangat lengkap untuk memanjakan para pelanggan dengan berbagai macam kebutuhan.

Salah satu di antaranya, Telkomsel mempunyai layanan iklan bernama MyAds yang akan menawarkan berbagai macam produk khusus kepada para pelanggan melalui sejumlah media komunikasi pada jaringan miliknya.

Iklan-iklan yang sering muncul melalui SMS atau pop-up khusus termasuk bagian dari sistem milik Telkomsel ini. Meskipun cukup mengganggu bagi sebagian orang, tapi ternyata bisa sangat berguna jika kita adalah pelaku usaha.

Layanan MyAds tentu dapat membantu para pelaku usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang secara khusus berada di ekosistem Telkomsel. Buat kamu yang penasaran dengan layanan ini, simak pembahasannya lebih lanjut berikut.

Apa Itu Telkomsel MyAds?

MyAds secara teknis adalah ekosistem iklan yang dibangun oleh Telkomsel agar para pelaku usaha dapat menawarkan produk maupun jasa melalui SMS interaktif, MMS, maupun pop-up USSD khusus kepada para pelanggannya.

Layanan penayangan iklan ini pun mendukung sejumlah metode pengiriman mulai dari sistem pesan siaran (broadcast), penargetan pelanggan, hingga tayangan berbasis lokasi yang mampu menjangkau orang-orang dalam radius hingga 2 KM dari sebuah titik lokasi.

Para pelaku usaha dapat membuat hingga mengelola tayangan secara mandiri sesuai dengan preferensi, kebutuhan, dan dana yang dimiliki. Perlu diketahui, masing-masing jenis iklan mempunyai harga berbeda-beda.

Adapun secara umum iklan akan dihitung per pesan. Untuk bisnis menengah ke bawah dengan jumlah pengiriman pesan kurang dari 60.000 per bulan, fitur dan tarif yang akan dikenakan adalah sebagai berikut.

Jenis Fitur dan Tarif Telkomsel MyAds

FiturPenjelasanTarif Per Pesan
Targeted AdsPengiriman iklan ke pelanggan yang sesuai dengan target pasar dalam bentuk teks maupun gambarRp 180 (SMS)
Rp 330 (MMS)
Rp 175 (USSD)
Interactive SMSIklan melalui SMS yang dapat direspons oleh pelanggan dengan mengirim pesan berformat tertentuRp 175
Interactive USDDIklan melalui pop-up USSD yang memungkinkan untuk mengambil jajak pendapat atau data melalui formulirRp 200
Location Based AdsPengiriman iklan ke lokasi yang sesuai target pasarRp 200 (SMS)
Rp 330 (MMS)
Rp 175 (USSD)
BroadcastPengiriman pesan iklan secara masalRp 100 (SMS)
Rp 250 (MMS)
Rp 100 (USSD)

Untuk menggunakan layanan MyAds dari Telkomsel, para pelaku usaha hanya perlu mengunjungi halaman registrasi lalu mengisi formulir dengan data yang sesuai seperti nama usaha, kategori bisnis, nomor telepon, dan alamat email.

Setelah itu, pelaku usaha dapat mencoba sampai dengan lima SMS iklan untuk mengirim konten yang diharapkan terlebih dulu sebelum menggunakannya secara berbayar. Selanjutnya, pelaku usaha pun perlu memverifikasi akun dengan menggunakan kartu identitas.

Apabila sudah terverifikasi, pelaku usaha dapat membuat iklan sesuai dengan kebutuhan. Namun agar berhasil saat pertama kali menggunakannya, Telkomsel akan meminta pengisian saldo sebesar Rp 250.000.

Tinggalkan Komentar