Berita

Geser Tokopedia, Shopee Jadi Platform Belanja Online Terpopuler di Indonesia

Shopee Logo Baru Header

Gadgetren – Persaingan dunia e-commerce dikabarkan semakin sengit, dimana Tokopedia sebagai platform belanja online kelas satu di Indonesia dan Asia telah turun popularitasnya dan tergantikan oleh Shopee yang kini menduduki predikat platform belanja online paling populer di Indonesia.

Predikat ini berhasil diperoleh Shopee berdasarkan hasil riset iPrice bersama App Annie dan SimilarWeb yang menunjukkan jumlah kunjungan dan unduhan aplikasi Shopee yang mampu melebihi Tokopedia di kuartal empat tahun 2019.

Dengan demikian, kesuksesan ini membuat Shopee berhasil menggeser dominasi Tokopedia di Indonesia sebagai platform belanja terpopuler di tahun 2020.

Informasi ini juga disajikan menarik dalam sebuah poster yang dibuat oleh akun Linkedin Tech In Asia Indonesia. Dalam poster tersebut terlihat gambar yang didominasi warna oranye sebagai representasi dari brand Shopee yang telah sukses mendominasi empat platform belanja online lainnya, termasuk Tokopedia.

Kemudian posisi selanjutnya diikuti oleh Bukalapak, Lazada, dan Blibli secara berurutan. Adapun total jumlah kunjungan bulanan yang didapat oleh Shopee sebesar 72.973.300 sedangkan Tokopedia memperoleh 67.900.000 jumlah kunjungan, Bukalapak berjumlah 39.263.300, Lazada sebanyak 28.383.300, dan Blibli berjumlah 26.863.300.

Bicara soal keuntungan, Shopee dalam laporan tahunannya yang dirangkum oleh laporan keuangan SEA Group 2019 telah meraih pendapatan sekitar Rp 13,2 triliun selama 2019 dimana terdapat peningkatan sebanyak 224% dari 2018.

Fakta menarik seputar dominasi Shopee ini juga terungkap melalui situs berita Tech In Asia Indonesia yang mengatakan peningkatan jumlah kunjungan Shopee ini sudah terekam sejak awal tahun 2019 dan telah melebihi jumlah kunjungan Bukalapak setiap bulannya.

Hal ini kemudian terus berlanjut hingga akhir tahun dimana pada kuartal keempat 2019, Shoppe akhirnya menggeser Tokopedia yang sebelumnya berada posisi teratas. Berkantor pusat di Singapura, Shopee juga menampakkan lonjakan di kuartal keempat berkat keberhasilan mereka memaksimalkan strategi periode sale, seperti kampanye 11.11 dan 12.12.

Bahkan Shopee juga unggul dari platform belanja pionir Lazada Indonesia di Asia Tenggara secara keseluruhan, baik dalam jumlah kunjungan ataupun angka unduhan aplikasi. Diketahui juga bahwa sepanjang 2019, Shopee telah mencatatkan total kunjungan sebanyak 2 miliar.

Peningkatan ini bisa dibilang merupakan prestasi tersendiri bagi Shopee dan akan berdampak pada keinginan penjual dari platform belanja online lainnya untuk mulai masuk ke Shopee dikarenakan punya jumlah kunjungan yang sangat banyak.

Tinggalkan Komentar