ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Tema Gelap Google Play Store Telah Hadir Untuk Semua Versi Android, Ini Dia Cara Menyetelnya!

Google Play Store Dark Mode

Gadgetren – Setelah diperkenalkan pada 10 Oktober 2019 tahun lalu, tema gelap Google Play Store sekarang sudah bisa diaplikasikan pada semua perangkat Android. Peluncuran ini secara resmi telah diumumkan oleh akun Twitter Google Play tanggal 11 Maret 2020 lalu.

Dalam cuitannya itu, Google Play menginformasikan bahwa pengaturan tema gelap Google Play bisa dilakukan secara manual melalui sebuah video singkat yang mereka unggah.

Seperti yang telah kalian ketahui, belakangan ini penggunaan tema gelap semakin tren untuk diterapkan pada aplikasi-aplikasi yang tersedia pada smartphone masa kini.

Pengaturan tema gelap menjadi sebuah kebutuhan pengguna yang sering kali menggunakan smartphone di malam hari saat besantai maupun dalam kondisi rebahan.

Pasalnya, latar layar berwarna putih akan mengganggu mata yang sudah beraktivitas dari pagi sehingga diperlukan tema gelap ini untuk menurunkan intensitas ketegangan mata yang langsung terpapar oleh cahaya smartphone.

Selain mengurangi intensitas ketegangan juga alasan kesehatan ketika membaca malam hari menggunakan smartphone yang berakibat mata minus atau kepala pusing menjadi semakin banyaknya aplikasi yang meluncurkan tema gelap untuk pelanggannya.

Untuk bisa menerapkan tema gelap Google Play Store pada smartphone kamu, berikut langkah-langkahnya.

Cara Aktifkan Tema Gelap Di Google Play Store

  1. Pertama, buka aplikasi Google Play Store pada smartphone kamu.
  2. Setelah terbuka, klik menu di sebelah kiri kolom penelusuran aplikasi dan game.
  3. Kemudian klik menu “Setelan”.
  4. Gulir ke bawah hingga kamu menemukan “Tema” dan klik menu tersebut.Langkah Tema Gelap Google Play Store
  5. Kamu pun dapat memilih tema “Gelap” untuk mengaktifkannya.
  6. Selain itu juga ada pilihan tema “Terang” dan “Setelan Berdasarkan Penghemat Baterai” yang bisa digunakan.
  7. Kini Google Play Store kamu akan memiliki tampilan gelap yang lebih nyaman di mata.
    Langkah Tema Gelap Google Play Store 2

Tema Gelap dalam Google Play Store bisa dibilang memiliki keunikan, selain diterapkan dengan cukup mudah juga menampilkan aksen warna yang berbeda-beda saat memilih pilihan menu di dalamnya seperti game, aplikasi, film, dan buku.

Untuk Game dan Aplikasi aksen navigasi berwarna hijau, sedangkan untuk membeli dan menonton Film berwarna merah, sementara warna biru untuk Buku. Aksen masing-masing menu tersebut juga senada dengan navigasi yang mengikutinya.

Sementara untuk teks menampilkan font yang lebih kecil dengan warna abu-abu sehingga tema gelap ini akan memudahkan aktivitas kamu untuk melakukan browsing konten, daftar aplikasi, dan halaman-halaman lain serta lebih nyaman dipandang saat mata mulai lelah.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar