Tips dan Trik

Cara Pasang Tema iOS Atau Tema Pihak Ketiga Agar Bisa Permanen di Smartphone OPPO

Cara Pasang Tema iOS Agar Permanen di OPPO Header

Gadgetren – Saat memasang tema di OPPO, biasanya tidak semuanya berlaku secara permanen. Apalagi, khusus tema-tema yang tidak didistribusikan secara resmi di Theme Store, alias tema dari pihak ketiga.

Meskipun sudah banyak jenis tema yang ditawarkan di OPPO Theme Store, tetapi banyak orang yang menginginkan tema-tema tertentu, seperti tema-tema bernuansa iOS, yang hanya tersedia di luar layanan tersebut.

Namun sayangnya, saat akan memasang tema-tema tersebut, kamu hanya akan menjumpai tombol Try Now. Dan ketika tombol tersebut dipilih, maka kamu akan mendapati notifikasi bahwa tema yang dipasang hanya akan berlaku selama lima menit.

Jika dipaksakan pun, kamu memang bisa menikmati tema-tema dari pihak ketiga tersebut, tetapi setelah lima menit tema yang dipasang akan berubah ke tema awal secara otomatis, meski kamu tidak melakukan pengaturan apapun.

Alhasil, banyak pengguna – mungkin juga termasuk kamu – yang bertanya-tanya, apakah bisa memasang tema pihak ketiga, seperti tema iOS, secara permanen? Kalau bisa, bagaimana cara melakukannya?

Sebelum masuk ke pembahasan lebih mendalam untuk memasang tema iOS atau tema lain dari pihak ketiga, kamu perlu mengunduh tema tersebut dari tempat yang terpercaya.

Namun karena bagi saya pribadi tidak ada tempat yang aman kecuali saluran resmi (Theme Store dalam hal ini), maka saya tidak akan merekomendasikan tempat untuk mengunduhnya dalam pembahasan ini.

Setelah berhasil mengunduhnya, biasanya berupa file dengan ekstensi .theme, kamu jangan dulu memasangnya. Kamu perlu membersihkan data aplikasi dan memaksa berhenti Theme Store, sebelum memasangnya.

Caranya, buka pada daftar aplikasi lalu cari Theme Store. Selanjutnya, tekan dan tahan ikon dari aplikasi tersebut, kemudian pilih opsi App Info. Di dalam App Info, masuk ke Storage Usage, lalu pilih tombol Clear Data. Tekan tombol back, lalu pilih opsi Force Close.

Jika sudah, masuk ke tempatmu menyimpan tema yang akan dipasang menggunakan Files, lalu ketuk file tema tersebut. Saat muncul permintaan izin akses, tekan tombol Allow. Selanjutnya, tekan tombol Try Now seperti yang dijelaskan sebelumnya, dan konfirmasi dengan tombol yang sesuai.

Tutup semua aplikasi yang berjalan dengan memanfaatkan tombol recent dan menekan tombol Close all (tanda berbentuk silang). Selanjutnya, restart dengan menggunakan tombol power dan volume up yang ditekan secara bersamaan.

Setelah smartphone OPPO hidup kembali, buka Theme Store lalu tekan tombol Home. Selanjutnya ganti wallpaper (home maupun lockscreen) dengan wallpaper yang diinginkan.

Kamu bisa juga mengambil wallpaper dari dalam file .theme dengan mengubah namanya (klik lama pada file dan pilih Rename) dan menambahkan .zip. Misalnya, jika namanya semula tema.theme maka tinggal diubah menjadi tema.theme.zip.

Kemudian ketuk file .zip tersebut. Seharusnya, akan muncul folder baru dengan nama yang hampir sama dengan nama file .zip (coba skrol ke atas atau ke bawah). Jika sudah masuk ke folder tersebut, cari file wallpaper dan ubah namanya menjadi wallpaper.zip.

Buka file tersebut dan masuk ke folder wallpaper yang muncul di lokasi yang sama. Selanjutnya, masuk ke folder Res, lalu masuk ke folder Drawable, dan buka wallpaper yang ada dengan aplikasi Photos. Setelah itu, tinggal dipasang sebagai Wallpaper.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, restart smartphone sekali lagi. Atau jika belum berhasil juga, kamu bisa mengulangi langkah-langkahnya dari awal. Beberapa pengguna juga mengalami hal tersebut, namun berhasil ketika mengulanginya.

Tinggalkan Komentar