ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Cara Keluar dari ColorOS Recovery Mode dan Fastboot HP OPPO

Cara Keluar dari ColorOS Recovery Mode dan Fastboot HP OPPO

Gadgetren – Pada ponsel OPPO terdapat fitur Recovery Mode dan FastBoot yang dapat digunakan untuk memperbaiki perangkat ketika sistem mengalami error atau kerusakan.

Biasanya kedua fitur tersebut digunakan ketika ponsel tidak bisa masuk ke halaman Lock Screen maupun Home Screen. Namun terkadang bisa saja secara tiba-tiba ponsel justru tidak sengaja masuk pada salah satu mode tersebut.

Padahal untuk masuk ke Recovery Mode, kamu perlu menekan kombinasi tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan ketika menghidupkan ponsel. Sedangkan untuk masuk ke FastBoot juga mirip, tetapi menekan tombol Power dan Volume atas.

Sementara jika ponsel OPPO milikmu masuk ke Recovery Mode atau FastBoot secara tiba-tiba, maka jangan panik terlebih dulu karena sebenarnya kita dapat keluar dari kedua mode tersebut dengan mudah.

Cara Keluar dari Recovery Mode HP OPPO

  1. Gunakan tombol volume untuk navigasi dan power untuk memilih menu.
  2. Arahkan ke menu bahasa ke English,
  3. Tekan tombol Power setelah berada di English untuk memilihnya.
  4. Pada halaman utama Recovery Mode, arahkan pilihan Reboot device dan tekan tombol power.
  5. Pada menu pop-up Reboot Device, pilih tombol OK,
  6. Ponsel akan mati terlebih dulu dan menyala secara otomatis.
  7. Ponsel pun seharusnya menyala secara normal.

Recovery Mode merupakan fitur yang biasanya digunakan untuk upgrade atau downgrade versi sistem operasi, wipe data, memperbaiki error, dan lainnya.

Sementara ketika masuk ke FastBoot secara tidak sengaja, proses untuk keluarnya lebih mudah dibandingkan Recovery Mode.

Cara Keluar dari Fastboot HP OPPO

  1. Pada saat berada di halaman FastBoot, tekan tombol Power selama beberapa detik.
  2. Ponsel akan dipaksa mati.
  3. Selanjutnya, ponsel akan menyala kembali secara otomatis
  4. Jika tidak menyala, maka tekan tombol Power hingga muncul logo.
  5. Setelah proses boot selesai, maka ponsel kembali seperti semula.

Untuk FastBoot biasanya dapat kamu pakai untuk memasang ulang firmware hingga mengembalikan sistem operasi dengan bantuan melalui komputer.

Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan panduan dengan terperinci agar tidak salah dalam memilih menu sehingga bisa keluar dari Recovery Mode atau FastBoot karena menu yang disediakan punya fungsi yang penting.

Sebenarnya memang kamu jangan menggunakan Recovery Mode dan FastBoot karena ada risiko yang perlu dipahami dimana dapat menghilangkan data. Oleh karena itu sebaiknya kamu ke Service Center OPPO resmi terdekat jika terjadi kerusakan pada ponsel.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Sudah dipencet reebot pas hidup tetep ke mode coloros dipencet power off juga pas dihidupin kembali tetep kemode coloros gmana ini jadi gak bsa di pake hp nya