Smartphone Tips dan Trik

Cara Keluar Dari Fastboot dan Recovery Mode Handphone OPPO

Cara Keluar Dari Fastboot dan Recovery Mode Handphone OPPO

Gadgetren – Mode Fastboot atau Recovery memiliki beberapa fungsi, salah satunya saat perlu memperbaiki handphone OPPO jika tidak bisa masuk ke sistem.

Secara bawaan, kamu dapat masuk ke Fastboot mode dengan tombol Power dan Volume Atas yang ditekan secara bersamaan saat handphone OPPO sedang dalam keadaan mati.

Hampir mirip dengan itu, menekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersama akan membuat perangkat masuk ke Recovery Mode.

Hadirnya kombinasi tombol tersebut supaya kamu tidak sembarangan masuk ke salah satu mode karena memang bukan untuk pengoperasian umum. Namun terkadang bisa secara tidak sengaja menekan tombol tersebut hingga masuk Fastboot atau Recovery mode tanpa disadari.

Apabila hal ini terjadi, maka kamu jangan panik terlebih dulu untuk keluar dari Fastboot atau Recovery mode handphone OPPO sebenarnya cukup mudah.

Cara Keluar dari Fastboot dan Recovery Mode

Menggunakan Tombol Power

  1. Klik dan tahan tombol Power selama beberapa detik (biasanya 10 detik)
  2. Handphone OPPO akan dipaksa mati
  3. Tekan kembali tombol Power untuk menyalakan handphone
  4. Sistem akan kembali ke mode Normal
  5. Handphone pun dapat digunakan kembali seperti biasa

Bisa dibilang paling mudah dilakukan untuk keluar dari Fastboot atau Recovery mode di banyak seri handphone OPPO. Namun jika tidak berhasil, maka kamu dapat juga memanfaatkan menu yang ada.

Melalui Recovery Mode

  1. Jika berada di Fastboot Mode, tekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan selama beberapa detik
  2. Tunggu hingga masuk Recovery Mode,
  3. Pilih bahasa English dengan menekan tombol Power
  4. Pada halaman ColorOS Recovery, navigasi ke menu Reboot dengan tombol Volume
  5. Tekan tombol Power untuk memilih menu
  6. Handphone OPPO akan restart dan masuk ke sistem

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, Fastboot mode biasanya digunakan untuk install ulang sistem seperti firmware maupun lainnya, menghapus data, format sistem serta cache, upgrade atau downgrade ColorOS, restore Android, dan masih banyak lagi melalui komputer.

Sementara Recovery Mode dapat dimanfaatkan untuk upgrade atau downgrade ColorOS, wipe data, memperbaiki bug atau error pada sistem, dan lainnya. Oleh karena itu kamu harus memperhatikan panduan dengan seksama agar tidak salah memilih menu dan bisa bisa keluar dari Fastboot atau Recovery Mode dengan aman.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar