Smartphone Tips dan Trik

Cara Mengecilkan dan Membesarkan Font di Handphone OPPO

OPPO A95 Diagonal

Gadgetren – Pada suatu waktu terkadang kamu bosan dengan ukuran font yang hadir pada handphone OPPO sehingga ingin mencoba untuk mengecilkannya agar terlihat lebih ramping dan dapat memuat banyak menu.

Untungnya, sistem operasi ColorOS yang hadir di handphone OPPO sudah menyediakan fitur untuk mengubah ukuran font dari mulai terkecil hingga terbesar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Namun perlu dicatat bahwa langkah untuk mengecilkan atau mengubah font pada beberapa versi ColorOS, seperti ColorOS 7.1 atau versi di bawahnya, akan berbeda dibandingkan dengan ColorOS 11 atau versi di atasnya.

Untuk lebih memudahkan kamu dalam mengecilkan font di handphone OPPO, maka saya akan memberikan cara mudahnya sebagai berikut.

Cara Mengecilkan Font di Handphone OPPO

ColorOS 7.1 ke Bawah

  1. Akses aplikasi atau menu Settings di handphone OPPO
  2. Pilih menu Display & Brightness
  3. Selanjutnya, pilih menu Font Size
  4. Pada slider ukuran font yang muncul, kamu dapat menggeser lingkaran ke menu Small
  5. Kamu akan melihat preview bahwa semua font pada sistem berubah menjadi kecil
  6. Kalau sudah sesuai dengan pilihan, maka kamu hanya tinggal keluar dari halaman Font Size dan secara otomatis ukuran font menjadi kecil

ColorOS 7 Font Size OPPO

ColorOS 11 ke Atas

  1. Buka menu Settings di handphone OPPO
  2. Pilih menu Personalizations
  3. Selanjutnya, cari dan pilih Font & Display Size
  4. Tekan lingkaran pada slider di bagian Font Size hingga ke bagian paling kiri untuk memilih mode Small
  5. Kamu akan diperlihatkan preview mengenai perubahan font yang terjadi
  6. Tekan tombol Apply
  7. Ukuran font pun akan menjadi lebih kecil dari mode Default

ColorOS 11 Font Size OPPO

Sebenarnya, ukuran font yang hadir di handphone OPPO tersedia dalam lima pilihan yang terdiri dari Small, Default, Medium, Large, dan Extra (Very Large). Ukuran Large dan Extra Large akan sangat cocok bagi orang tua karena huruf dapat dilihat dengan lebih jelas.

Tidak hanya untuk mengubah ukuran font saja, pengaturan yang hadir pada ColorOS 11 atau di atasnya bisa dibilang lebih lengkap karena kamu dapat mengatur juga Font Style dan Display Size dari tampilan sistem.

Pada halaman Font & Display Size, kamu akan diperlihatkan tiga pilihan Font Style yang terdiri dari Roboto, OPPOSans (adaptive), dan More. Secara bawaan sistem akan menggunakan font Roboto yang dibuat untuk Android.

Sementara OPPOSans merupakan font resmi buatan OPPO dengan gaya yang lebih modern. Apabila kamu memilih jenis font ini, maka akan muncul menu baru untuk pengaturan ketebalan huruf.

Apabila memilih More, maka kamu akan diarahkan menuju halaman font yang terdapat di Theme Store. Pada halaman tersebut, kamu dapat memilih jenis font dari beragam kategori mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Pada Display Size, kamu diizinkan untuk mengubahkan ukuran tampilan dari sistem mulai dari jarak antar menu, ukuran ikon, gambar, hingga font yang terbagi dari tiga pilihan meliputi Small, Default, dan Large.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar