ASUS TUF Gaming F15
Berita Smartphone

Cuma Rp 1,6 Juta! Samsung Galaxy A01 Andalkan RAM 2GB dan Android 10

Samsung Galaxy A01 Featur

Gadgetren – Samsung baru saja meluncurkan smartphone entry-level di Vietnam, yakni Galaxy A01. Smartphone ini mempunyai harga yang murah, namun diimbangi spesifikasi hardware yang lumayan baik.

Dari sektor hardware, Galaxy A01 ini diotaki oleh chipset Snapdragon 439 Octa-Core yang hemat dalam mengonsumsi daya baterai berkat penggunaan teknologi fabrikasi 12nm.

RAM 2 GB dan penyimpanan internal 16 GB didaulat untuk mendampingi kemampuan dari chipset buatan Qualcomm tersebut. Apabila kapasitas internalnya kurang lega, maka penggunanya dapat menambahkan microSD pada slot yang disediakan.

Sementara untuk menunjang energi kehidupannya, baterai berkapasitas 3.000mAh telah disematkan pada perangkat yang satu ini. Bahkan pihak Samsung menjanjikan bahwa baterainya mampu bertahan selama seharian penuh dalam pemakaian normal. Namun tidak diungkapkan, apakah dukungan Fast Charging akan disematkan pada produk ini atau tidak.

Soal urusan fotografi, Galaxy A01 dibekali dengan dua kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 13 MP (apertur f/2.2) dan kamera sekunder 2 MP yang mampu menghasilkan foto berefek bokeh (berlatar buram) dengan instan.

Samsung Galaxy A01 Front Back

Beralih ke bagian depannya, terdapat layar PLS dengan lebar 5,7 inci yang punya resolusi HD+ (1.520 x 720 piksel). Layarnya sendiri menggunakan desain Infinity-V yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk tetesan embun seperti huruf V.

Selain untuk meminimalisir bezel bagian atas, poni berbentuk V ini juga digunakan untuk menyimpan kamera selfie beresolusi 5 MP untuk mengakomodasi foto selfie maupun video call.

Sebagai smartphone dengan harga terjangkau, Samsung memilih untuk tidak menyematkan sensor fingerprint pada Galaxy A01. Untuk alternatifnya, Samsung menghadirkan fitur Face Unlock pada smartphone ini sehingga memungkinkan pembukaan kunci layar menggunakan wajah.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari GSMArena, smartphone kelas bawah ini sudah menggunakan sistem operasi Android 10 yang menggunakan tampilan antarmuka OneUI 2.0. Tak ketinggalan, dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, dan Bluetooth telah disematkan dalam produk ini.

Samsung akan mulai menjual Galaxy A01 pada tanggal 6 Februari 2020 di Vietnam dengan harga 2,79 juta Dong atau sekitar Rp 1,6 juta.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar