Berita Smartphone

Hands-On Samsung Galaxy A01: Hape Harga Terjangkau yang Kekinian

Samsung-Galaxy-A01-hands-on

Gadgetren – Bila kamu masih ingat smartphone Samsung Galaxy J2 Prime yang dikenal sebagai smartphone sejuta umat dengan harga sangat terjangkau, kini Samsung mengeluarkan kembali smartphone dengan harga yang sangat terjangkau, namun tetap punya desain elegan.

Smartphone itu adalah Samsung Galaxy A01. Seperti apa dan bagaimana yah bentuk fisik dan spesifikasinya yang dibawa? Tim Gadgetren pun berkesempatan untuk menghadiri perkenalan produk Samsung Galaxy A01 yang kabarnya ditargetkan untuk pengguna smartphone entri level.

Perkenalan ini diawali dengan melakukan unboxing Galaxy A01 yang dikemas di dalam boks berbentuk persegi empat seperti produk smartphone Samsung pada umumnya.

Ketika saya buka, dalam paket penjualannya terdapat bodi Galaxy A01 yang masih terbungkus plastik, kabel USB tipe C warna putih, kepala charger berwarna putih, serta jarum untuk membuka slot micro SD atau SIM ejector dan tak ketinggalan buku kecil putih berisi panduan.

Bodi Galaxy A01 yang terbungkus plastik tertulis tiga besar spesifikasinya antara lain dikemas dalam layar Infinity-V, memiliki dual kamera belakang, dan prosesor CPU bertenaga Octa-Core.

Layar Infinity-V tersebut memiliki ukuran 5,71 inci yang akan membuat kamu lebih leluasa menikmati pengalaman menonton secara nyaman serta lebih imersif. Mesin Octa-Core ini mampu bekerja pada kecepatan 2×1.95 GHz Cortex-A53 dan 6×1.45 GHz Cortex A53 yang ditenagai oleh Snapdragon 439.

Dengan demikian, kinerjanya bisa dibilang mumpuni ketika digunakan untuk bermain Mobile Legends, nonton video streaming, browsing maupun aktivitas multitasking.

Samsung-Galaxy-A01-hands-on-bagian-belakang

Kesan pertama saya saat menggenggam bodi Galaxy A01 yang memiliki ketebalan 8,3 mm ini adalah bodinya terasa tidak terlalu tipis ataupun tebal, namun sangat pas digenggam oleh satu tangan. Desain casing bodi smartphone ini dipoles dengan baik menggunakan mate finish compact yang enak dan nyaman saat dipegang.

Namun saya kemudian teringat dengan smartphone awal-awal Redmi dengan harga terjangkau, yakni Redmi 4X. Smartphone Samsung yang satu ini terbilang mirip dengan produk tersebut dan terbilang licin ketika dipegang sehingga harus berhati-hati agar tidak terlepas dari genggaman.

Maka dari itu, pengguna Galaxy A01 saya pikir harus memasangkan pelindung casing tambahan untuk memberikan rasa aman lebih. Samsung Galaxy A01 sendiri sudah tersedia dan beredar di pasaran dalam varian hitam dan biru dengan tambahan warna merah yang baru akan tersedia pada bulan April 2020.

Sebagai smartphone harga terjangkau, Galaxy A01 didukung dengan dual kamera dan satu lampu LED yang tersemat di bagian belakang bodi smartphone dengan konfigurasi 13MP dan 2MP sehingga memungkinkan menagkap objek dengan efek bokeh.

Di bagian depan smartphone juga tersemat kamera selfie 5MP yang sudah ditingkatkan dari pendahulunya dan sudah memiliki Selfie Focus. Saya pun mencoba kamera depan dan belakang smartphone ini.

Kamera belakangnya cukup mumpuni ketika mengambil objek dalam jarak dekat, gambar yang dihasilkan lumayan bagus untuk koleksi foto di media sosial.

Untuk kamera depan saat selfie, gambar yang dihasilkan ketika mengaktifkan Selfie Focus membuat foto terlihat lebih nyata. Bila tidak menggunakan Selfie Focus, garis-garis pixel mudah terlihat ketika dilakukan perbesaran

Samsung-Galaxy-A01-hands-on-bagian-depan

Bobot Galaxy A01 ini terbilang ringan sehingga nyaman untuk dibawa kemanapun mengikuti aktivitas harian kamu. Ditambah lagi Galaxy A01 memiliki kapasitas baterai 3.000mAh yang digadang bisa bertahan 4-5 jam dalam kondisi aktif atau menyala dan 10-12 jam pada kondisi standby.

Didukung dengan tampilan One UI 2.0, menavigasikan Galaxy A01 terasa mudah dan memuaskan. Untuk urusan keamanan, Galaxy A01 juga telah dilengkapi penguncian dengan sistem deteksi wajah maupun pola melalui sistem operasi Android 10.

Di bagian bawah smartphone terdapat lubang port untuk kabel USB-C dan di bagian atas terdapat lubang 3,5mm audio jack. Lanjut kepada bagian kanan bodi Galaxy A01 tersemat tombol power dan slot microSD, sementara di bagian kiri tersemat tombol untuk mengatur volume suara yang dihasilkan oleh speaker smartphone.

Dibanderol dengan harga sangat terjangkau, Rp 1.499.000, Samsung Galaxy A01 memiliki penyimpanan internal 16GB dan RAM berkapasitas 2GB.

Tinggalkan Komentar