Berita

Peningkatan Kualitas Layar Jadi Fokus OPPO Pada Smartphone Find X2

OPPO Find X2 Leak

Gadgetren – Pada artikel sebelumnya, OPPO telah memprediksi tren baru smartphone di tahun 2020 akan fokus pada bagian layar.

Bahkan perusahaan analisis IHS Markit pun menyatakan bahwa berkat kualitas layar yang semakin baik, smartphone akan menjadi pusat kegiatan pengguna seiring dengan pengembangan jaringan 5G yang menawarkan latensi rendah untuk dapat menghadirkan konten-konten dengan visual lebih menarik.

Hal yang dipaparkan oleh OPPO dan IHS Markit mengenai layar smartphone ini pun mengisyaratkan produk OPPO selanjutnya, Find X2, akan membawa teknologi layar yang akan menjadi salah satu inovasi dalam industri perangkat mobile.

Aryo Meidianto A selaku PR Manager OPPO Indonesia mengatakan bahwa Brian Shen selaku VP OPPO terus mengemukakan mengenai ketertarikannya pada smartphone Find X2. Beliau menyebutkan bahwa layar menjadi kunci utama dan nilai jual dari perangkat tersebut.

“Selain itu, Brian She melalui media sosial Weibo mengungkapkan bahwa Find X2 akan membawa layar beresolusi 2K dengan refresh rate 120Hz dan didampingi dengan teknologi pengisian daya baterai cepat SuperVOOC 65 Watt. Spesifikasi ini membuat OPPO optimis mengenai Find X2 menjadi perangka yang patut diwaspadai dalam pagelaran MWC 2020 Barcelona mendatang,” tambah Aryo.

OPPO Find X2 Weibo

Menurut Jerry Kang selaku analis teknologi IHS Markit, refresh rate merupakan seberapa banyak tampilan berkedip pada layar dalam satu detik. Mata manusi tidak akan bisa menangkapnya dengan mudah, namun biasanya layar akan berkedip sebanyak 60 kali setiap detiknya.

Kecepatan refresh rate tinggi seperti yang akan hadir pada Find X2 dapat membuat segala sesuatu yang ditampilkan pada layar tampak lebih halus, misalnya pada saat menggeser status di timeline media sosial.

Meskipun perbedaannya tidak akan signifikan apabila dilihat oleh mata manusia, namun pada dasarnya refresh rate akan menjadi penting ketika sudah memutar konten video dan game masa kini yang membutuhkan frame rate tinggi. Bisa dibilang gerakan pada layar refresh rate 120 Hz akan terasa lebih halus dibandingkan dengan layar yang memiliki refresh rate 60 Hz.

“Peningkatan kecepatan refresh rate dikhawatirkan akan membawa efek pada konsumsi daya baterai yang lebih boros. Namun, pengguna smartphone tidak perlu khawatir karena sistem antarmuka ColorOS terbaru di perangkat ini akan memiliki fitur manajemen pengaturan daya yang lebih baik dari sebelumnya. Seperti yang dikonfirmasi VP OPPO, Find X2 akan membawa pengecasan SuperVOOC 65 Watt yang mampu mengisi penuh daya baterai hanya dalam waktu 30 menit,” tutup Aryo.

Dari pernyataan di atas, sedikit terungkap bahwa OPPO Find X2 akan menjadi smartphone flagship yang mempunyai layar penuh dengan refresh rate 120Hz dan beresolusi 2K. Sementara pengisian daya baterai perangkat tersebut akan berjalan sangat cepat berkat kehadiran SuperVOOC 65 Watt.

Tinggalkan Komentar