Review Smartphone

Review Xiaomi Mi Note 10 Pro – Seberapa Tangguh kah Kameranya?

Xiaomi Mi Note 10 Pro

Setelah sekian lama Xiaomi hanya memboyong ponsel seri Redmi mereka di Indonesia, mereka akhirnya merilis ponsel kelas atas Mi Note 10 Pro di Indonesia beberapa waktu lalu.

Ponsel yang satu ini memiliki keunggulan utama di sisi kameranya. Terdapat 5 kamera di bagian belakang ponselnya yang mana kamera utamanya memiliki resolusi 108MP.

Dengan berbagai jenis kamera yang disediakan beserta fitur-fiturnya, apakah Mi Note 10 Pro adalah ponsel dengan kamera terbaik dengan harga di bawah 7 juta rupiah?

Xiaomi Mi Note 10 Pro
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 7/10
    7/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Software - 7/10
    7/10
  • Desain - 7/10
    7/10
7.7/10

Kesimpulan

Kombinasi kamera yang handal, baterai yang besar serta tahan lama, ditambah dengan harganya yang ekonomis membuat Mi Note 10 Pro bisa menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang senang berfoto-foto menggunakan ponsel.

Pros

  • Kamera yang canggih
  • Harga ekonomis
  • Baterai besar tahan lama

Cons

  • Aplikasi kamera sering tidak responsif
  • Iklan di MIUI

Xiaomi Mi Note 10 Pro - 01

Selain 5 kamera belakangnya, Mi Note 10 Pro tampil biasa saja tanpa sesuatu yang berbeda. Ponselnya menggunakan material kaca baik untuk bagian depan dan bagian belakang ponsel dengan aluminium untuk rangkanya.

Ponselnya terasa cukup tebal dan berat di tangan dengan ketebalan 9,67mm dan berat 208g. Untungnya ketika saya gunakan sehari-hari, ponselnya masih nyaman untuk saya pegang dengan satu tangan dalam waktu yang lama. Sudut ponsel yang cukup melengkung membantu membuat ponselnya lebih nyaman digenggam.

Pada bagian depannya, terdapat kamera selfie dengan model tetesan embun yang sedikit membelah layar bagian atas. Di bagian sisinya terdapat tombol volume, tombol power, speaker, mikrofon, slot kartu SIM, USB-C, jack headphone, dan menariknya IR Blaster.

Di bagian belakang ponselnya selain terdapat 5 kamera, terdapat 4 lampu flash di samping kamera yang mana 2 di antaranya adalah lampu flash dan 2 lainnya adalah lampu soft light. Logo Xiaomi sendiri di letakkan pada bagian bawah ponselnya.

Xiaomi Mi Note 10 Pro - 02

Layar di Mi Note 10 Pro tampil melengkung dan bahkan bisa dibilang sangat melengkung. Bagi kamu yang suka dengan layar lengkung ini akan menjadi nilai plus namun bagi yang lain yang lebih senang layar lebih datar akan terasa kurang nyaman.

Ukuran layarnya cukup besar yaitu 6,47″ dengan resolusi 2340×1080 piksel dan mendukung HDR 10. Agar mata lebih nyaman ketika melihat layarnya di kegelapan, layarnya sudah tersertifikasi oleh TÜV Rheinland. Dan, untuk melindungi layarnya digunakan Corning Gorilla Glass 5. Tampilan layar sudah cukup terang ketika digunakan di bawah terik matahari pada siang hari.

Menariknya, di bagian dalam layar Mi Note 10 Pro terdapat pemindai sidik jari optikal. Selama penggunaan, pemindai sidik jarinya cukup cepat dalam mendeteksi sidik jari saya. Namun begitu sedari awal sudah diperingatkan oleh ponselnya untuk tidak menggunakan pelindung layar jika ingin pemindai sidik jarinya bekerja dengan sempurna

Xiaomi Mi Note 10 Pro - 03

Selama digunakan untuk aktivitas sehari-hari saya, Mi Note 10 Pro sudah cukup lancar performanya. Namun beda cerita ketika saya menggunakan ponselnya untuk berfoto-foto. Berkali-kali saya menemukan aplikasi kamera bawaannya tidak responsif setelah saya memfoto. Aplikasi kameranya terlihat normal tapi saya tidak bisa memencet tombol foto untuk beberapa waktu.

Tidak responsifnya aplikasi kamera di Mi Note 10 Pro mungkin dikarenakan antara performa kamera dengan chipset yang digunakan tidak sebanding sehingga pemrosesan foto menjadi lambat. Ini sangat terasa ketika berganti-ganti mode kamera atau memfoto berkali-kali dalam waktu cepat sehingga beberapa kali saya kehilangan momen yang pas.

Ada kemungkinan ini dapat diperbaiki oleh Xiaomi melalui pembaruan aplikasi kamera atau firmware ponsel. Untuk saat ini jika ingin menggunakan aplikasi kamera bawaan terutama menggunakan mode 108MP harus bersabar tiap menjepret kameranya.

Ketika digunakan dalam bermain game-game terbaru, Mi Note 10 Pro sebetulnya sudah cukup lancar namun jika ingin memainkan berbagai game dengan halus dengan setelan grafis tinggi, ponsel ini bukan jawabannya.

Pada Mi Not 10 Pro hanya tersedia sebuah speaker mono. Jika hanya digunakan untuk memainkan musik, kualitas suara speaker sudah ok. Namun jika digunakan bermain game speaker-nya sering tidak sengaja tertutup tangan sehingga suaranya jadi memendam.

Spesifikasi Inti

Chipset : Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm)
Sistem Operasi: Android 9.0 / MIUI 11
Layar:
6.47″ 3D Curved AMOLED dengan resolusi layar 2340 x 1080 piksel
Kamera: kamera utama 108MP, kamera portrait 12MP, kamera ultra wide-angle 20 MP, kamera telephoto 5MP, kamera makro 2MP
Kamera Depan: 32MP
Memori: 8GB
Penyimpanan Internal: 256GB
Baterai: 5.260mAh dengan 30W charging
Sensor: sensor cahaya, akselerometer, giroskop, kompas, sensor laser-focus, NFC
Berat: 208g

Tidak disediakan slot microSD di Mi Note 10 Pro. Namun melihat kapasitas penyimpanan internal yang disediakan sangat besar untuk jaman sekarang yaitu 256GB, seharusnya ini sudah cukup lega untuk kebanyakan orang. Jika kamu berencana menggunakan ponsel ini untuk menyimpan banyak file berukuran besar mungkin akan kesulitan nantinya.

Baterai di Mi Note 10 Pro cukup tahan lama, saya bisa mendapatkan screen on time sekitar 6 jam dengan penggunaan standar sehari-hari saya dari daya baterai 100% ke 14%. Dites menggunakan aplikasi PC Mark dengan tingkat kecerahan layar di 50% dan baterai di level 100%, Mi Note 10 Pro mendapatkan skor 14 jam 1 menit hingga pengetesan berakhir di level baterai 18%.

Untuk pengisian daya baterainya membutuhkan waktu 1 jam 31 menit dari level baterai 13% ke 100%. Ini sudah cukup cepat melihat kapasitas baterainya yang cukup besar yaitu 5.260mAh.

Xiaomi Mi Note 10 Pro - MIUI

Seperti ponsel Xiaomi lainnya, Mi Note 10 Pro menggunakan antarmuka MIUI buatan Xiaomi. Ketika ponsel ini diulas, MIUI terbaru yang digunakan pada ponselnya adalah MIUI versi 11.0.1.0 dan masih berbasis sistem operasi Android 9 Pie. Di saat sudah semakin banyak ponsel yang menggunakan Android 10, agak mengecewakan Mi Note 10 Pro masih menggunakan Android 9.

Antarmuka MIUI yang digunakan di Mi Note 10 Pro mungkin disenangi oleh sebagian orang, namun saya pribadi termasuk salah satu yang tidak menyukai gaya Xiaomi dalam menyusun antarmuka ponsel mereka terutama dengan tidak adanya App Drawer. Ditambah lagi banyak iklan bertebaran di aplikasi bawaan Mi Note 10 Pro.

Untungnya di Android perkara mengubah antarmuka pada ponsel itu adalah hal yang mudah dengan cukup menggunakan antarmuka buatan pihak ketiga walau tidak semerta-merta mengubah seluruh tampilan antarmuka ponsel.

Xiaomi Mi Note 10 Pro - 04

Dari sisi kamera, Mi Note 10 Pro bisa dibilang adalah ponsel yang menggunakan kamera 108MP pertama di dunia. Ditambah dengan 4 kamera belakang lainnya yang memiliki fungsi berbeda-beda dan 4 lampu flash, ponsel ini seakan menunjukkan bahwa dirinya adalah sebuah cameraphone yang mumpuni.

Kamera 108MP di Mi Note 10 Pro mampu menghasilkan foto dengan baik di berbagai situasi. Namun begitu secara bawaan aplikasi kamera akan menghasilkan gambar beresolusi 27MP yang mana adalah hasil penggabungan beberapa piksel. Jika ingin menghasilkan foto murni 108MP, tersedia mode yang dapat dengan mudah diaktifkan pada aplikasi kameranya.

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Indoor - 04

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Indoor - 03

Mode 108MP di aplikasi kamera Mi Note 10 Pro dapat menghasilkan gambar beresolusi 108MP yang murni namun dengan kelemahan ukuran file-nya menjadi lebih besar. Memang ada perbedaan antara mode 108MP dengan mode 27MP seperti ketajaman foto namun tidak signifikan sehingga menurut saya untuk mayoritas pengguna ponselnya mode Auto sudah cukup.

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Canvas108MP

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Canvas 108MP27MP

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Canvas 108MP Crop108MP Crop

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Canvas Crop27MP Crop

Kamera wide-angle-nya beresolusi 20MP dengan cakupan sudut 117°. Walaupun kualitasnya tidak dapat disamakan dengan kamera utama ponselnya, gambar yang dihasilkan oleh kamera wide-angle sudah cukup baik.

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Indoor - 05 Wideangle

Ada 2 kamera telephoto di Mi Note 10 Pro, satu kamera dengan zoom optik hingga 2x yang juga berfungsi sebagai kamera portrait dan satu kamera khusus telephoto dengan zoom optik 5x, zoom hybrid hingga 10x, zoom digital hingga 50x, dan dukungan OIS.

Gambar yang dihasilkan oleh kamera telephoto ini terlihat bagus dan cukup tajam. Subjek foto yang berada di kejauhan dapat terlihat lebih jelas dengan kamera telephoto di Mi Note 10 Pro.

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Zoom 01 - 1xZoom 1x

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Zoom 01 - 2xZoom 2x

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Zoom 01 - 5xZoom 5x

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Zoom Crop 1xZoom 1x Crop

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Zoom Crop 2xZoom 2x Crop

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Zoom Crop 5xZoom 5x Crop

Mode Portrait di Mi Note 10 Pro berhasil membuat batas yang halus antara subjek foto dengan latar. Ketika dicoba memfoto seekor kucing, batas antara bulu kucing dan latar terproses dengan rapih sehingga menghasilkan foto portrait yang bagus.

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Potrait 01

Kamera makro-nya mampu menangkap detail pada subjek foto dengan jarak yang sangat dekat. Namun karena resolusi kameranya hanya 2MP, mungkin beberapa detail pada tekstur foto tidak dapat tertangkap dengan baik.

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Macro 02

Hasil foto oleh kamera Mi Note 10 Pro pada malam hari sudah bagus bahkan di mode Auto. Tersedia mode Night Mode tersendiri di aplikasi kameranya untuk menghasilkan foto malam hari yang lebih terang, namun saya pribadi lebih menyukai foto malam hari dengan mode Auto untuk ponsel ini.

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Outdoor Malam - 01

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Outdoor Malam - 05

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Outdoor Malam - 02Auto

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Outdoor Malam - 02 Night ModeNight Mode

Beralih ke kamera depannya, dengan resolusi 32MP dan menggunakan teknologi 4-in-1 super pixel, proses menghasilkan selfie sangat cepat dan kualitasnya bagus. Untuk mode portrait selfie hasilnya tidak sehalus dengan mode portrait dengan kamera belakang.

Xiaomi Mi Note 10 Pro - SelfieAuto

Xiaomi Mi Note 10 Pro - Selfie PortraitPortrait

Dari segala kelebihannya, menurut saya ada dua keunggulan utama Xiaomi Mi Note 10 Pro yaitu kameranya yang handal dan baterainya yang besar serta tahan lama.

Ditambah dengan harganya yang ekonomis jika dibandingkan dengan ponsel kelas flagship yang ada, Mi Note 10 Pro bisa menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mementingkan baterai atau kamera pada ponsel.

Namun begitu, performa ponselnya tidak sebanding dengan kameranya sehingga menyebabkan proses foto-foto menjadi lebih lambat. Dan jika kamu lebih berminat bermain game dibanding foto-foto mungkin akan kecewa dengan apa yang ditawarkan oleh Mi Note 10 Pro.

Tinggalkan Komentar