ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

realme Umumkan Inovasi Resolusi Kamera 108MP, Apa Saja Fitur-Fiturnya?

Alessio-Bradde-selaku-realme-Camera-Development-Team

Gadgetren – realme secara global telah resmi memperkenalkan jajaran inovasi terbarunya yang menghadirkan resolusi kamera 108MP dalam lini realme 8 yang bakal diluncurkan dalam waktu dekat.

Dalam acara peluncurannya lewat kanal YouTube, Alessio Bradde selaku realme Camera Development Team menjelaskan bahwa inovasi kamera 108MP membawa peningkatan dari segi hardware dan software melalui fitur-fitur yang telah dikembangkan.

“Kami juga menguji performa kamera di luar kantor. Dengan ini kami mempersembahkan resolusi kamera baru 108MP untuk realme 8 Pro. Kamera mengusung lensa dari Samsung ISOCELL HM2 yang dikolaborasikan dengan resolusi 12000 x 9000 piksel dengan ukuran sensor 1/1.52 inci,” ujarnya.

Alessio melanjutkan bahwa lensa dari Samsung itu dapat mengaktifkan teknologi Nona-binning atau 9-in-1 piksel binning. Teknologi Nona-binning akan membuat kamera utama realme 8 Pro secara bawaan menghasilkan foto beresolusi 12MP dengan komposisi yang optimal, baik di malam maupun siang hari, dengan tetap mempertahankan akurasi warna.

9-in-1-Piksel-Binning-realme-Kamera-108MP

Terdapat pula fitur Smart-ISO yang akan secara otomatis mengoptimalkan kualitas gambar dan juga sekaligus mengurasi noise dalam waktu yang sama. Pada kondisi yang gelap, pengaturan ISO pun akan menurun untuk menghasilkan gambar yang jernih, bahkan ketika adanya pembesaran optik.

Fitur lainnya yang diberikan dalam inovasi baru kamera 108MP realme bernama teknologi in-sensor zoom dimana Alessio memperlihatkan pengujian kamera realme 8 Pro dengan pengaturan mode 108MP, satu kali pembesaran, in-sensor zoom dinonaktifkan dibandingkan dengan mode normal, tiga kali pembesaran, dan in-sensor zoom diaktifkan.

Hasilnya pengujian kamera realme 8 Pro dengan mode normal, tiga kali pembesaran, dan in-sensor zoom diaktifkan lebih tajam dibandingkan dengan mode 108MP in-sensor zoom tidak diaktifkan. Selain itu, dalam kesempatan tersebut Alessio juga memamerkan kehadiran mode filter baru untuk kamera 108MP yakni New Starry Mode generasi kedua dengan pemrosesan gambar yang telah meningkat.

realme-camera-inovasi-108MP-Ringkasan

New Starry Mode juga menawarkan fitur Starry Time Lapse yang diklaim Alessio merupakan pertama kali untuk sebuah perangkat handphone Android. Fitur Starry Time Lapse akan mengumpulkan 15 foto yang kemudian bisa digabungkan dalam bentuk video time lapse pada 30fps.

Satu fitur yang unik dan sedikit berbeda ialah Tilt-shift Photography yang mana akan menampilkan hasil efek foto yang menarik layaknya miniatur atau mainan misalnya pemandangan kerumunan gedung bertingkat maupun orang beserta lalu lintas mobil di jalan raya.

Fitur fotografi Tilt-shift bekerja melalui proses pengambilan foto yang kemudian pengguna harus mengonversi ke dalam parameter efek bokeh yang bisa diatur sesuka hati. Berikutnya, piksel efek bokeh akan melakukan pemetaan dan akan membuat lapisan-lapisan berdasarkan gambar aslinya.

Terakhir, filter efek Portrait terbaru yang meliputi Neon Portrait dimana akan menonjolkan yang sekaligus memburamkan pencahayaan di latar subyek, Dynamic Bokeh Portrait akan menampilkan efek bokeh lebih hidup, dan AI Color Portrait akan memperlihatkan warna hanya pada subyek saja sementara latarnya menjadi hitam putih.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar