Berita Gadget Smartphone

Bukan Snapdragon 865, Samsung Galaxy Fold2 Kabarnya Masih Akan Gunakan Chipset Saat Ini

Samsung Galaxy Fold 2 Header

Gadgetren – Meski belum lama meluncurkan Samsung Galaxy Fold, Samsung kini tengah menyiapkan penerusnya. Bahkan spesifikasi perangkat yang akan mengusung nama Samsung Galaxy Fold2 ini sudah bocor di internet.

Mengutip keterangan yang disampaikan oleh GSMArena, smartphone yang bakal mengusung seri SM-F700F ini dilaporkan akan membawa SoC flagship Qualcomm Snapdragon 855 di dalamnya.

Snapdragon 855 sendiri merupakan SoC yang sama dengan SoC yang digunakan oleh seri sebelumnya. SoC ini sudah menggunakan CPU Kryo 485 dan GPU Adreno yang digabung dengan proses litografi 10 nm.

Meskipun sebenarnya sudah sangat mumpuni, tapi keputusan ini menimbulkan rasa penasaran yang kuat. Mengapa Galaxy Fold2 masih menggunakan SoC ini? Padahal biasanya Samsung selalu menyematkan SoC terbaru ke dalam smartphone flagship mereka.

Seperti yang kita tahu bersama, Qualcomm padahal sudah meluncurkan SoC flagship baru yang diberi nama Snapdragon 865. SoC ini diperkenalkan bulan Desember 2019 lalu dengan beberapa peningkatan dibandingkan Snapdragon 855.

Kemungkinan besar hal ini terkait dengan lini masa pengembangan seperti yang dispekulasikan oleh GSMArena dimana Galaxy Fold 2 kemungkinan telah mulai dikembangkan jauh lebih awal sebelum Snapdragon 865 dikembangkan.

Sementara di sisi lain, terdapat juga fakta bahwa Snapdragon 865 tidak memiliki modem internal sehingga akan membutuhkan desain yang lebih kompleks. Hal ini lah yang kemungkinan menjadi batu sandungan bagi Samsung untuk proyek ambisiusnya tersebut.

Selain sektor jeroannya, Galaxy Fold 2 juga dikabarkan bakal membawa kamera depan berbentuk punch hole yang disematkan di bagian tengah. Kameranya ini disebut-sebut bakal menawarkan kamera beresolusi 10 MP.

Melihat tren sebelumnya, Samsung kemungkinan akan menggunakan sensor kamera yang sama dengan kamera yang digunakan Samsung Galaxy Note 10 Series untuk smartphone lipat ini.

Sampai sekarang ini belum ada keterangan kapan smartphone lipat berbentuk kulit kerang ini akan diluncurkan. Namun besar kemungkinan smartphone ini bakal diluncurkan pada acara Galaxy UNPACKED yang akan diselenggarakan tanggal 11 Februari 2020 mendatang.

Hal ini dikarenakan Samsung biasa meluncurkan smartphone flagship buatannya seperti Samsung Galaxy S series dalam acara tersebut yang mana tahun ini akan menjadi tahun Samsung Galaxy S11 atau Galaxy S20.

Tinggalkan Komentar