Sponsored Content

Review realme 5s – Kamera Canggih, Baterai Tahan Lama, dan Performa Mumpuni. Mau Apa Lagi?

Review realme 5s Header

Gadgetren – Semakin mengukuhkan posisinya di pasar smartphone tanah air, realme menghadirkan smartphone yang sangat menarik bernama realme 5s.

Hadir dengan slogan Dare to Leap, realme 5s memboyong berbagai fitur yang biasanya dimiliki oleh smartphone kelas atas. Sebagai vendor yang kini tengah naik daun dan berhasil masuk peringkat lima besar, kehadiran realme 5s menjadi pembuktian bahwa realme memang pantas menduduki posisi tersebut.

Smartphone terbaru besutan realme ini mempunyai desain yang sangat menawan pada bagian belakangnya dengan aksen potongan permata yang akan terlihat mengkilap jika dipandang dari sudut tertentu. Desain tersebut membuat realme 5s tampak seperti smartphone kelas atas.

Saya sangat suka akan pemilihan desain yang realme hadirkan kali ini. Desainnya tidak terlalu berlebihan seperti beberapa smartphone yang memiliki gradasi warna-warni seperti pelangi, tetapi juga tidak monoton layaknya kebanyakan smartphone pada umumnya.

Hadir dalam pilihan Crystal Red & Crystal Blue, realme 5s terlihat sangat trendi ketika digenggam sehingga akan sangat cocok untuk kaula muda. Smartphone ini pun punya bodi yang tetap ramping dan tidak berat walaupun memiliki segala spesifikasi yang ada di dalamnya.

Review realme 5s Kelengkapan

Pada bagian belakang realme 5s terdapat sensor sidik jari yang letaknya sangat pas dengan posisi telunjuk jari saya bersandar. Di samping sensor tersebut terdapat Quad Camera yang terjejer secara vertikal yang merupakan keunggulan utama dari smartphone ini.

Quad Camera tersebut hadir dalam konfigurasi lensa utama 48MP, lensa Ultra Wide-Angle 8MP dengan sudut penglihatan hingga 119 derajat, lensa Portrait 2MP, dan lensa Macro 2MP yang mampu tetap fokus terhadap obyek hingga jarak 4cm.

Kombinasi tersebut membuat realme 5s lebih serba guna dalam hal fotografi. Tidak hanya bisa memotret dengan gambar tajam berkat lensa utama yang punya resolusi besar, realme 5s mampu mengambil foto obyek sangat kecil seperti miniatur dengan tetap jelas hingga mengambil foto pemandangan dengan area yang luas.

Review realme 5s Quad Camera

Hadirnya Quad Camera ini tentu merupakan peningkatan yang perlu disambut dengan sangat baik mengingat kini semakin banyak orang menggunakan smartphone untuk mengabadikan momen penting di kehidupannya.

Tidak ketinggalan juga, realme pun menghadirkan berbagai fitur fotografi andalannya seperti Chroma Boost yang akan membuat warna dari hasil foto menjadi lebih menarik serta Super Nightscape 2.0 yang memungkinkan kamu tetap dapat menghasilkan foto yang sangat jelas di malam hari atau kondisi minim cahaya.

Tentu saja, realme 5s juga dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh pada kamera belakang maupun depan. Nantinya latar foto akan dibuat samar-samar sehingga obyek atau subyek menjadi lebih terfokus sehingga memberikan kesan dramatis.

Penasaran bagaimana hasil foto dari kamera realme 5s? Berikut ini beberapa contoh yang saya ambil sendiri. (Sentuh setiap foto untuk melihat resolusi aslinya)

realme 5s Kamera Belakang Kanvas AutoAuto

realme 5s Kamera Belakang Kanvas 48MPUltra 48MP

Mode Ultra 48MP akan menghasilkan foto dengan resolusi dua kali lipat dari mode Auto. Sekilas memang tidak terlihat perbedaannya, namun jika dilakukan pembesaran atau zoom, maka baru terlihat kalau foto dari mode Ultra 48MP masih memiliki detail yang jelas. Dengan begitu, foto dapat dengan mudah di-crop tanpa khawatir kehilangan kualitasnya.

realme 5s Kamera Belakang Kucing AutoAuto

realme 5s Kamera Belakang Celengan BokehPortrait

Dari foto di atas dapat terlihat kalau realme 5s menghasilkan foto yang bagus karena mampu menangkap detail dari obyek dan memiliki reproduksi warna yang cukup akurat dibandingkan aslinya. Selain itu, efek bokeh yang diberikan pun sudah terlihat rapi tanpa ada yang bocor ke obyek yang menjadi fokus utama.

realme 5s Kamera Belakang Robot AutoAuto

realme 5s Kamera Belakang Robot Chroma BoostChroma Boost

realme 5s Kamera Belakang Buah Wide AutoUltra Wide-Angle

realme 5s Kamera Belakang Buah Wide ChromaUltra Wide-Angle + Chroma Boost

Fitur Chroma Boost meningkatkan kontras dan ketajaman warna yang saya rasa enak dilihat dan tidak terlalu berlebihan sehingga hasilnya akan terlihat lebih menarik tanpa perlu disunting lagi. Chroma Boost ini sangat membantu sekali dalam mengembalikan warna yang sedikit pudar akibat menggunakan lensa Ultra Wide-Angle.

realme 5s Kamera Belakang Figur Makro ChromaUltra Macro

realme 5s Kamera Belakang Bunga Makro ChromaUltra Macro + Chroma Boost

Pada pencahayaan optimal, lensa makro dapat menangkap detail dan warna yang sangat baik dari figur yang ukurannya hanya sebesar ibu jari saja, walaupun ada sedikit distorsi di latarnya. Untuk pencahayaan yang kurang optimal seperti pada gambar ke-2, alangkah baiknya untuk mengaktifkan juga Chroma Boost.

realme 5s Kamera Belakang Pajangan AutoAuto

https://gadgetren.com/wp-content/uploads/2019/11/realme-5s-Kamera-Belakang-Pajangan-Auto-scaled.jpgUltra Wide-Angle

realme 5s Kamera Belakang Buah AutoAuto

realme 5s Kamera Belakang Buah Wide AutoUltra Wide-Angle

Dari foto-foto di atas, terlihat bahwa lensa Ultra Wide-Angle yang dimiliki oleh realme 5s dapat menghasilkan foto dengan area yang lebih luas tanpa adanya distorsi di samping kiri dan kanannya.

realme 5s Kamera Belakang Malam Jalan AutoAuto

realme 5s Kamera Belakang Malam Jalan Night ScapeNightscape

realme 5s Kamera Belakang Malam Town AutoAuto

realme 5s Kamera Belakang Malam Town NightscapeNightscape

Nightscape merupakan salah satu fitur yang saya kagumi dari realme 5s ini. Berkat teknologi Pixel Binning yang menggabungkan empat piksel menjadi satu, fitur ini dapat mengisolasi pendaran cahaya dari lampu dan menghilangkan noise yang ada.

Untuk bisa menghasilkan foto yang optimal ketika menggunakan Nightscape ini, saya harus menunggu sekitar 5 detik tanpa bergerak hingga foto benar-benar selesai diambil. Sedikit lama memang, namun hasilnya sangat memuaskan.

realme 5s Kamera Depan AutoAuto

realme 5s Kamera Depan BokehPortrait

Bagi kamu para pecinta selfie, realme 5s dilengkapi dengan kamera depan 13MP yang menghasilkan selfie cukup baik untuk diunggah ke jejaring media sosial. Hasil foto terlihat jelas dan nampak natural.

Fotografi bukan satu-satunya segmen yang dijagokan oleh realme 5s. Dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh, smartphone ini mempunyai daya tahan yang terbilang sangat lama dibandingkan para kompetitornya.

Saat diuji menggunakan aplikasi PCMark for Android pada tingkat kecerahan layar 50%, realme 5s mampu menyala selama 16 jam 14 menit. Angka tersebut jauh mengalahkan kebanyakan smartphone keluaran 2019 lainnya yang rata-rata hanya bertahan sekitar 12 jam saja.

Jika melihat dari pengujian yang sudah tim Gadgetren lakukan selama ini, hanya ada dua smartphone yang mengalahkan daya tahan smartphone ini, yakni realme 5 dan ASUS ZenFone 6. Tentu saja ini merupakan pencapaian yang perlu diacungi jempol.

Review realme 5s Tes Baterai

Soal pengisian daya baterai, realme membekali charger 5V/2A pada paket penjualannya yang dihubungkan ke smartphone melalui port microUSB. Walaupun punya kapasitas baterai yang besar, namun ternyata saya hanya perlu menunggu sekitar 3 jam agar baterainya terisi dari 19% hingga kembali penuh.

Yang tidak kalah menariknya, baterai realme 5s hanya terkuras 20% saja ketika saya coba bermain PUBG Mobile selama 2 jam. Maka dari itu, sangat mungkin sekali jika smartphone ini dapat digunakan bermain game lebih dari 8 jam secara nonstop.

Dengan begitu saya dapat puas bermain game di perjalanan tanpa perlu khawatir kehabisan baterai di tengah kesibukan. Apalagi performa yang dihadirkan oleh realme 5s juga terbilang bertenaga berkat chipset Qualcomm Snapdragon 665 Quad-Core yang telah diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 11nm.

Bersamaan dengan itu juga ada RAM 4GB dan penyimpanan internal 128GB untuk memenuhi kebutuhan aplikasi masa kini. Ditambah lagi, realme juga menyediakan slot microSD di samping dua buah slot nano-SIM.

Review realme 5s Gaming

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, realme 5s dapat menjalankan game-game populer seperti PUBG Mobile hingga Call of Duty Mobile dengan cukup lancar pada pengaturan grafis Medium. Jarang sekali muncul stutter atau lag ketika saya bermain game tersebut.

Bagi kamu yang lebih senang bermain Mobile Legends, maka saya jamin akan puas dengan smartphone ini. Kenapa? Alasannya karena realme 5s mampu menjalankan Mobile Legends di pengaturan grafis High dengan mode HFR. Hal ini tentu saja tidak hanya membuat gambar lebih tajam melainkan juga gerakan animasi dari karakter menjadi lebih mulus.

Oleh karena itu, saya tidak pernah tidak mengalami kendala sama sekali ketika menggunakan realme 5s untuk menjalankan aplikasi keseharian seperti berbalas pesan WhatsApp sambil menonton video YouTube.

Review realme 5s Skor Benchmark AnTuTu Geekbench

Kemampuannya yang mumpuni tersebut dibuktikan lagi dengan raihan skor AnTuTu yang mencapai 167.819 poin, mengalahkan Samsung Galaxy A30s sebesar 20 ribu poin. Untuk aplikasi Geekbench 4, realme 5 berhasil mendapatkan skor 1.529 untuk Single-Core dan 5.476 untuk Multi-Core.

Performanya yang andal tersebut tentu tidak lepas juga dari sistem operasi ColorOS 6 yang terasa responsif saat menavigasikan smartphone. Ditambah lagi ada fitur Game Space yang dapat meningkatkan performa smartphone ini saat menjalankan aplikasi permainan.

Review realme 5s Desain

Untuk menyempurnakan pengalaman penggunanya dalam mengonsumsi konten multimedia atau lainnya, realme memberikan layar yang besar dengan bentang 6,5 inci (1600 x 720 piksel) dengan rasio screen-to-body mencapai 89% berkat desain Mini-Drop yang dimilikinya.

Dengan layar seluas itu, menonton video YouTube atau bermain game menjadi terasa lebih imersif. Layar tersebut pun menghasilkan reproduksi warna yang cukup baik dan masih dapat dilihat dengan jelas ketika dilihat di bawah terik matahari.

Setelah menggunakan realme 5s secara langsung, saya bisa mengatakan kalau smartphone ini patut dipertimbangkan bagi kamu yang menginginkan smartphone yang andal untuk memenuhi hasrat fotografi mobile kamu.

Sebagai bonusnya, realme 5s juga punya baterai tahan lama dan performa mumpuni yang pastinya akan sangat membantu sekali dalam aktivitas sehari-hari pada umumnya.

* Disclosure: Artikel ini merupakan hasil kerja sama dengan realme

Tinggalkan Komentar