Review Smartphone Sponsored Content

Review realme 5: Smartphone Quad Camera dengan Baterai Tahan Lama

review realme 5 header

Tak hanya realme 5 Pro, realme juga membawa smartphone dengan 4 kamera belakang lainnya ke Indonesia yang bernama realme 5.

Dibandingkan dengan realme 5 Pro, smartphone yang satu ini mempunyai harga lebih terjangkau. Menariknya, realme 5 ini hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mampu bertahan lama.

Dari sektor hardware lainnya, realme 5 telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 665 Octa-Core yang bertenaga dan hemat konsumsi daya baterai berkat teknologi proses 11nm.

Dengan spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkannya ini, apakah realme 5 dapat bersaing dengan perangkat kelas menengah terjangkau lainnya?

Desain

realme 5 tampilan belakang

realme 5 ini hadir dengan bodi belakang berdesain potongan berlian yang akan berkilau ketika terkena pantulan cahaya. Selain itu, bodi belakangnya tidak licin ketika digenggam dengan menggunakan satu tangan.

Namun debu dan noda sidik jari mudah menempel pada bagian belakangnya sehingga saya sarankan sebaiknya langsung menggunakan casing tambahan yang telah disediakan dalam paket penjualannya.

Beralih ke bagian depannya, realme 5 ini mempunyai layar penuh dengan poni berbentuk tetesan air di bagian atasnya. Selain untuk menyimpan kamera, poni ini juga digunakan untuk meminimalisir bezel atasnya.

Menuju bagian bawahnya, terdapat port jack audio 3,5mm, port microUSB, dan lubang speaker. Sementara slot kartu SIM dan tombol volume terdapat di bagian kirinya. Terakhir, tombol power disematkan pada bagian kanannya.

Layar

realme 5 4

Smartphone yang satu ini dibekali dengan layar 6,5 inci beresolusi HD+ (1600 x 720 piksel) dan beraspek rasio 20:9 yang memenuhi bagian depannya lengkap dengan poni berbentuk tetesan embun.

Dengan layar seluas ini, bermain game maupun menonton video menjadi terasa lebih leluasa. Teknologi IPS yang hadir pada perangkat ini memungkinkan penggunanya masih dapat melihat konten pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Selain itu, realme juga menyematkan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3+ pada realme 5 untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar. Fitur Night Shield juga telah dihadirkan pada smartphone ini yang dapat mengurangi radiasi sinar biru terhadap mata.

Kamera

realme 5 kamera belakang

realme 5 ini dilengkapi dengan 4 kamera belakang yang mempunyai konfigurasi kamera utama 12MP (apertur f/1.8), kamera ultra-wide 8MP (apertur f/2.2), kamera sekunder 2MP (apertur f/2.4), dan kamera ultra makro 2MP (apertur f/2.4).

Kombinasi kamera utama dan sekunder belakangnya mampu menghasilkan foto berefek bokeh (latar buram) secara instan dan rapi. Sementara kamera ultra-wide belakangnya mampu menghasilkan foto dengan area yang luas mencapai 119 derajat.

Dengan area yang luas ini memungkinkan kamu dapat memotret pemandangan, area perkotaan, dan banyak orang di dalamnya tanpa harus mengaktifkan mode Panorama terlebih dahulu. Selanjutnya, kamera ultra makronya mampu memotret dari jarak dekat hingga 4 cm.

Dua fitur andalan, seperti Chroma Boost dan Nightscape, pun telah disematkan pada aplikasi kamera bawaan realme 5. Fitur Chroma Boost mampu meningkatkan kecerahan dan warna pada hasil foto sehingga menarik ketika dilihat banyak orang.

Sementara Nightscape mampu menghasilkan foto yang lebih terang dan minim noise pada malam hari dibandingkan dengan hasil dari Mode Auto. Nightscape sendiri memanfaatkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan multi-frame untuk mengurangi noise, meningkatkan highlight, dan dynamic range pada foto yang diambil.

Beralih ke bagian depannya, terdapat kamera 13MP dengan apertur f/2.0 dan dukungan AI Beauty yang dapat menghasilkan foto selfie dengan wajah yang mulus.

Berikut ini merupakan hasil foto menggunakan kamera belakang dan kamera depan dari realme 5 (klik foto untuk melihatnya dalam resolusi asli).

Kamera belakang

Auto

realme5-bianglala-chromaboostChroma Boost

realme5-canvas-normalAuto

realme5-canvas-chromaboostChroma Boost

realme5-buah-normalAuto

Chroma Boost

realme5-kucing

realme5-komidiputar-normalAuto

realme5-komidiputar-wideangleUltra-wide

realme5-ontanganting-normalAuto

realme5-ontanganting-wideangleUltra-wide

realme5-balaikota-normalAuto

realme5-balaikota-wideangleUltra-wide

realme5-mobil-normalAuto

realme5-mobil-macroUltra Makro

Auto

Ultra Makro

realme5-bangunanz-normalAuto

realme5-bangunanz-makroUltra Makro

realme5-gdsudirman-normalAuto

realme5-gedungBNIz-NightscapeNightscape

realme5-gedungBNIz-normalAuto

realme5-gedungBNIz-NightscapeNightscape

realme5-AllSeason-normalAuto

realme5-AllSeason-NightscapeNightscape

Kamera depan

realme5-Selfie-NormalSelfie Normal

realme5-Selfie-BokehSelfie Beauty + Bokeh

Performa

realme 5 performa

Dapur pacu realme 5 dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 665 Octa-Core 2.0GHz dengan teknologi proses 11nm yang memiliki performa bertenaga, namun hemat dalam mengonsumsi daya baterai.

Dalam mengimbangi performanya, realme 5 ini hadir dengan 3 varian yang terdiri dari RAM 3 GB + storage internal 32 GB, RAM 3 GB + storage internal 64 GB, dan RAM 4 GB + storage internal 128 GB.

Untuk unit yang saya gunakan memiliki kombinasi RAM 3 GB dan storage internal 32 GB. Untuk mencoba ketangguhannya, saya pun menjalankan beragam aktivitas sehari-hari mulai dari email, chatting, telepon, SMS, berjejaring sosial, mengedit dokumen, hingga bermain game.

Hasilnya, realme 5 masih mampu menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut secara multitasking dengan lancar. Sementara pada pengujian yang lebih berat, saya memainkan beberapa game populer seperti Arena of Valor, Mobile Legends, Final Fantasy XV Pocket Edition, Free Fire, dan PUBG Mobile.

skor antutu realme 5

Hampir semua game dapat dijalankan secara lancar pada pengaturan grafis tinggi, kecuali Final Fantasy XV Pocket Edition yang berjalan lancar pada pengaturan grafis menengah. Sementara Arena of Valor, PUBG Mobile, dan Free Fire dapat berjalan dengan lancar menggunakan opsi frame rate tinggi.

Sayangnya opsi frame rate tinggi tidak muncul pada game Mobile Legends. Sementara Final Fantasy XV Pocket Edition dapat dijalankan dengan lancar pada frame rate yang standar. Namun khusus Final Fantasy XV Pocket Edition disarankan untuk dijalankan pada grafis yang paling bawah agar pergerakannya lebih optimal.

Selanjutnya, saya pun melakukan benchmark pada realme 5 dengan menggunakan AnTuTu Benchmark v7.2.3 dan Geekbench 4. Hasilnya, produk ini mampu mendapatkan skor AnTuTu yang mencapai 138.918 poin.

Sedangkan pada pengujian Geekbench, realme 5 berhasil mendapatkan skor 1.533 poin untuk Single-Core dan 5.463 poin untuk Multi-Core. Hasil pengujian ini membuktikan bahwa performa realme 5 mampu bersaing dengan smartphone kelas menengah terjangkau lainnya.

Baterai

realme 5 port

Baterai 5.000mAh dipercaya menjadi sumber energi kehidupan smartphone yang satu ini. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, pihak realme mengklaim bahwa realme 5 mampu bertahan seharian dalam pemakaian normal.

Untuk membuktikan klaim tersebut, saya pun menjalankan aplikasi PCMark for Android dengan tingkat kecerahan 50% dan kondisi baterai dari 100%. Mode Work 2.0 Battery digunakan pada aplikasi ini untuk mensimulasikan aktivitas pengguna sehari-hari.

Hasilnya, realme 5 Pro ini berhasil dapat bertahan selama 17 jam 40 menit. Tentu saja ini memperlihatkan bahwa daya tahan baterai yang dimiliki oleh realme 5 ini sangat lama. Selanjutnya, saya pun telah melakukan pengujian dengan penggunaan sehari-hari pada tingkat kecerahan 50% dan kondisi baterai dimulai dari 100%.

realme 5 benchmark fix

Pengujian ini sendiri dilakukan dengan menjalankan aplikasi SMS, telepon, chat, jejaring sosial, menonton video sesekali, mengedit dokumen, memutar musik sesekali, memainkan game sesekali, dan membuka email.

Hasilnya, realme 5 mampu bertahan selama 24 jam 25 menit dengan Screen on Time mencapai 10 jam 37 menit. Hal ini membuktikan bahwa daya tahan baterai realme 5 memang sangat lama sehingga kita hanya perlu melakukan sekali cas setiap harinya.

Untuk pengisian daya baterainya tidak berjalan terlalu cepat karena saya sendiri berhasil mendapatkan waktu 3 jam 43 menit ketika mengisi daya baterainya dari kondisi 2% hingga 100%.

Fingerprint dan Face Unlock

realme 5 fingerprint

Sebagai smartphone masa kini, realme 5 telah dibekali dengan sensor fingerprint di bagian belakangnya. Pada saat saya menggunakannya, sensor ini mampu mendeteksi sidik jari saya dengan cepat.

Pada realme 5, saya diizinkan untuk mendaftarkan hingga 5 sidik jari berbeda pada sensor fingerprint. Tak lupa, fitur Face Unlock juga telah dihadirkan pada smartphone yang satu. Pada kondisi cahaya yang cukup, fitur ini mampu mengenali wajah saya dengan cepat. Namun ketika kondisinya minim cahaya maka kemampuan deteksinya menjadi sedikit melambat.

Fitur Face Unlock sendiri hanya mengizinkan satu wajah saja yang bisa didaftarkan untuk dikenali. Selain untuk membuka kunci layar smartphone, sensor fingerprint dan Face Unlock dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang dikunci oleh fitur bawaan ColorOS 6.0.

ColorOS 6.0

realme 5 ColorOS 6

realme 5 sudah dibekali dengan ColorOS 6.0 yang merupakan sistem operasi modifikasi dari Android 9.0 Pie. Tampilan antarmukanya terlihat sederhana dan bersih sehingga nyaman ketika dipandang, terutama ikon, latar belakang, dan transisi yang dibuat semenarik mungkin.

Dari banyaknya fitur yang hadir di ColorOS 6.0 ini, saya sering menggunakan App-Split multitasking, screenshot dengan 3 jari, Clone Apps, dan Game Space. App-Split multitasking ini memungkinkan saya untuk dapat membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu menekan tombol Recent selama beberapa detik. Hadirnya fitur ini memudahkan saya untuk mengetik dokumen sekaligus melihat informasi di internet.

Selanjutnya, Clone Apps membantu saya untuk bisa memasukkan dua akun media sosial dalam satu smartphone. Dengan menggunakan Clone Apps, kamu dapat menggandakan aplikasi pada realme 5.

Namun perlu dicatat, tidak semua aplikasi telah didukung oleh fitur Clone Apps. Sementara itu, saya juga dimudahkan untuk melakukan screenshot hanya dengan menyapu atau swipe dari bagian atas ke bawah layar menggunakan 3 jari yang dirapatkan.

Terakhir, Game Space merupakan salah satu fitur menarik dari ColorOS 6.0 karena dapat mengaktifkan fitur Hyperboost 2.0 untuk peningkatan performa ketika game sedang dijalankan. Apabila game atau aplikasi belum masuk ke Game Space, maka kita dapat memasukkannya secara manual.

Kesimpulan

realme 5 1

Setelah menggunakannya selama beberapa minggu, saya merasa puas dengan realme 5. Terutama dengan hadirnya daya tahan baterai yang sangat lama, 4 kamera belakang, dan performa yang bertenaga dari chipset Qualcomm Snapdragon 665.

Empat kamera dari smartphone ini mengizinkan saya untuk berkreasi dalam menghasilkan foto. Sementara itu, sensor fingerprint dari perangkat ini dapat dengan cepat merespon sidik jari saya.

Berkat keunggulan daya tahan baterai dan 4 kamera belakang, cukup wajar apabila realme 5 mendapatkan julukan Quad Camera PowerHero. Dengan kata lain, realme 5 bisa menjadi smartphone pilihan di kisaran Rp 2 jutaan.

*Disclosure : Artikel ini merupakan hasil kerja sama dengan realme

Tinggalkan Komentar